BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Statistik Courtois saat Bertemu Manchester City: Real Madrid Patut Was-was

03-08-2020 22:30 | Yaumil Azis

Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. (c) AP Photo Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. (c) AP Photo

Bola.net - Liga Champions akan kembali bergulir mulai akhir pekan ini dan langsung menyajikan pertandingan seru. Dua raksasa Eropa, Manchester City dan Real Madrid, akan bertemu guna menuntaskan duel yang tertunda.

Seperti yang diketahui, Manchester City dan Real Madrid telah melakoni laga leg pertama babak 16 besar pada bulan Februari lalu. Sayangnya duel tersebut harus ditunda untuk sementara karena pandemi virus Corona.

Pada hari Sabtu (8/8/2020) nanti, keduanya akan berhadapan sekali lagi di stadion yang berbeda, yakni Etihad Stadium. Dan perlu diketahui bahwa Manchester City sedang unggul secara agregat saat ini.

Ya, klub berjuluk the Citizens tersebut sukses memenangkan leg pertama yang digelar di Santiago Bernabeu dengan skor tipis 2-1. Dua golnya dipersembahkan Gabriel Jesus dan Kevin De Bruyne, sementara gol Real Madrid dicetak Isco.

Kekalahan tersebut tidak membuat kesempatan Real Madrid untuk melaju ke babak perempat final pupus seketika. Klub asuhan Zinedine Zidane itu bisa lolos jika mampu mencetak dua gol dan tidak kebobolan.

Untuk itu, mereka harus memastikan bola tidak bersarang di gawangnya. Masalahnya, ada statistik yang cukup mengerikan dari sang kiper, Thibaut Courtois, saat berhadapan dengan Manchester City.

Sebagai informasi, ini bukan kali kedua Courtois bertemu tim besutan Josep Guardiola tersebut. Pria berkebangsaan Belgia itu sudah cukup sering berhadapan dengan the Citizens saat memperkuat Chelsea selama tujuh musim.

Marca menyajikan statistik menarik nan mengerikan dari Courtois waktu bertemu Manchester City. Informasi yang lebih lengkap bisa Bolaneters simak dengan melakukan scroll ke bawah, ya.

1 dari 3 halaman

Tidak Pernah Clean Sheet

Setelah sempat mengecewakan pada musim lalu, Courtois berhasil bangkit dan memperbaiki performanya di Madrid musim ini. Ia sudah mengantongi 21 clean sheet di semua kompetisi dan masih bisa bertambah, atau juga tidak.

Pasalnya, rasio clean sheet per pertandingan yang dimiliki Courtois saat bertemu Manchester City sangatlah buruk. Ia sudah kebobolan 11 gol dalam sembilan pertemuan dan selalu memungut bola dari gawang minimal sekali per pertandingan.

Penampilan terburuk Courtois saat bertemu the Citizens terjadi pada bulan April 2016. Kala itu, Chelsea menjamu Manchester City di Stamford Bridge dan tumbang dengan skor telak 0-3.

Ketiga gol yang bersarang di gawang Chelsea dicetak oleh satu penyerang, Sergio Aguero. Kartu merah yang didapatkan pada menit ke-78 pun melengkapi performa buruk Courtois dalam pertandingan tersebut.

2 dari 3 halaman

Penampilan Terbaik Courtois

Memang benar, Courtois tidak pernah mencatatkan sekalipun clean sheet saat bertemu Manchester City. Namun itu bukan berarti tim yang ia bela tak mampu meraih kemenangan.

Chelsea dan Manchester City saling bertatap muka di ajang FA Cup, beberapa pekan sebelum Courtois bermain buruk. The Blues berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor yang lebih telak, 5-1.

Kelima gol Chelsea diciptakan oleh Diego Costa, Willian, Gary Cahill, Eden Hazard dan Bertrand Traore secara bergantian. Sementara gol semata wayang yang bersarang di gawang Courtois dicetak David Faupala.

3 dari 3 halaman

Clean Sheet di Liga Champions

Sisi terangnya, penampilan Courtois secara keseluruhan di pentas Liga Champions tidak selalu buruk. Selama membela Real Madrid, pria berumur 28 tahun tersebut mencatatkan tiga clean sheet dalam delapan pertandingan.

Raihan apik juga ia raih saat membela dua klub sebelumnya, Chelsea dan Atletico Madrid. Secara total, Courtois berhasil mendapatkan total 10 clean sheet bersama kedua klub tersebut.

Menarik untuk disimak apakah Courtois mampu menjaga gawang Real Madrid saat bertemu Manchester City. Atau mungkin, ia akan terselamatkan oleh gol-gol dari barisan penyerang Los Merengues.

(Marca)

KOMENTAR