BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Starting XI Pemain asal Amerika Selatan Paling Mahal: Dari Alisson Hingga Messi

05-03-2021 11:57 | Aga Deta

Lionel Messi (c) AP Photo Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Selama bertahun-tahun, Amerika Selatan kerap melahirkan banyak pesepak bola berkualitas. Tidak mengherankan kalau mereka tersebar di liga-liga top Eropa.

Sepak bola Amerika Selatan tidak selalu identik dengan Brasil. Pemain-pemain asal Argentina, Kolombia dan Uruguay, dan beberapa negara lainnya, juga produktif menghasilkan aktor-aktor lapangan hijau berkualitas.

Terkenal karena bakat mereka, pemain Amerika Selatan sering cukup fleksibel untuk bermain di berbagai posisi di lapangan. Mereka membangun reputasi di negaranya untuk kemudian menyeberang ke Benua Eropa untuk menjadi seorang superstar.

Mari kita lihat Starting XI pemain-pemain asal Amerika Selatan yang paling berharga di dunia saat ini. Formasi yang digunakan 4-2-3-1.

1 dari 11 halaman

Kiper: Alisson Becker (80 Juta Euro)

Alisson Becker. (c) AP Photo Alisson Becker. (c) AP Photo

Alisson Becker adalah salah satu penjaga gawang paling berharga di dunia saat ini. Pemain Brasil berusia 28 tahun itu memainkan peran kunci dalam membantu Liverpool memenangkan gelar Liga Champions dan Premier League dua musim secara beruntun.

Namun, musim ini, Alisson tampil tidak seperti biasanya. Liverpool tertatih-tatih di persaingan papan atas Liga Inggris. Alisson beberapa kali membuat blunder fatal yang merugikan timnya.

Lepas dari itu, tak ada orang yang meragukan kualitasnya. Tinggal menunggu waktu saja bagi mantan kiper AS Roma itu kembali ke level terbaik.

2 dari 11 halaman

Bek Tengah: Marquinhos (70 Juta Euro)

Marquinhos (c) AFP Marquinhos (c) AFP

Marquinhos telah menjadi salah satu pemain paling berharga buat PSG sejak bergabung dengan raksasa Prancis pada musim panas 2013.

Masih berusia 26 tahun, bek tengah Brasil ini telah membuat lebih dari 300 penampilan untuk klub Prancis itu. Ia memenangkan 24 trofi. Ia jantung pertahanan PSG.

Musim lalu, ia mencetak tiga gol Liga Champions dan hampir memenangkan gelar kompetisi satu ini kali pertama buat PSG. Kekalahan dari Bayern Munchen di final membuat juara Prancis itu harus puas dengan treble domestik sebagai penghibur lara.

3 dari 11 halaman

Bek Tengah: Jose Maria Gimenez (65 Juta Euro)

Jose Gimenez (c) AFP Jose Gimenez (c) AFP

Jose Maria Gimenez menjadi pemain kunci bagi Atletico Madrid sejak tiba di klub tersebut pada musim 2013-2014.

Bek tengah Uruguay telah membuat lebih dari 200 penampilan untuk Rojiblancos, memenangkan empat gelar di banyak kompetisi.

Musim ini, pemain berusia 26 tahun itu hanya membuat 17 penampilan di seluruh kompetisi, dengan cedera otot yang membuatnya absen dari pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Chelsea.

4 dari 11 halaman

Bek Kanan: Emerson Royal (20 Juta Euro)

Emerson Royal telah menjadi loyalis Real Betis sejak tiba di klub La Liga pada musim panas 2018.

Pemain Brasil berusia 22 tahun itu telah mencetak lima gol dan memberikan delapan assist dalam 65 penampilan untuk Betis di semua kompetisi. Dia adalah salah satu bek sayap terbaik di La Liga musim lalu meski timnya finis di papan bawah klasemen kompetisi.

5 dari 11 halaman

Bek Kiri: Renan Lodi (20 Juta Euro)

Renan Lodi telah menjadi pemain kunci bagi Atletico Madrid sejak tiba dari klub Serie A Brasil, Athletico Paranaense pada musim panas 2019.

Pemain berusia 22 tahun itu telah mencetak satu gol dan memberikan lima assist dalam lebih dari 60 penampilan untuk Rojiblancos di semua kompetisi. Kecakapan menyerang bek kiri juga membuatnya menjadi pemain reguler untuk Timnas Brasil.

6 dari 11 halaman

Gelandang Tengah: Federico Valverde (70 Juta Euro)

Federico Valverde (c) AP Photo Federico Valverde (c) AP Photo

Setelah tiba di Real Madrid pada musim panas 2018, Federico Valverde telah berkembang menjadi pemain reguler di tim Zinedine Zidane.

Pemain Uruguay berusia 22 tahun itu telah mencetak tiga gol untuk Merengues musim ini, dengan salah satu golnya datang saat juara bertahan La Liga itu menang 3-1 atas rival El Clasico, Barcelona.

Valverde mendapat banyak keuntungan dari bermain di bawah Zidane, dengan mengatakan dalam hal ini:

"Zidane berbicara kepadamu seperti seorang teman. Kamu harus menerima setiap kata yang dia ucapkan karena dia adalah legenda sepak bola dunia."

7 dari 11 halaman

Gelandang Bertahan: Casemiro (70 Juta Euro)

Gelandang Real Madrid, Casemiro (c) AP Photo Gelandang Real Madrid, Casemiro (c) AP Photo

Seperti rekan setimnya di Real Madrid, Valverde, Casemiro juga memiliki valuasi € 70 juta.

Meskipun bermain di peran lini tengah yang lebih dalam dibandingkan dengan Valverde, Casemiro telah menjalani musim yang produktif. Ia mencetak lima gol di La Liga.

Menjadi pemain Real Madrid sejak 2012-2013, pemain Brasil berusia 28 tahun itu telah membuat lebih dari 250 penampilan di semua kompetisi untuk Merengues. Total sang jangkar mencetak 29 gol dan 20 assist.

Selama periode ini, Casemiro telah memenangkan 12 gelar, yang terdiri dari empat kemenangan di Liga Champions dan dua trofi La Liga.

8 dari 11 halaman

Gelandang Serang: Paulo Dybala (70 Juta Euro)

Pemain Juventus, Paulo Dybala. (c) AP Photo Pemain Juventus, Paulo Dybala. (c) AP Photo

Meskipun Paulo Dybala sebagian besar bermain di sepertiga penyerang sebagai penyerang kedua atau di sektor sayap, ia juga maksimal jika ditempatkan sebagai gelandang serang.

Pemain Argentina berusia 27 tahun itu menjalani musim yang penuh cedera musim ini. Juventus pun terlihat kesulitan di papan atas Serie A.

Sekarang di musim keenamnya bersama raksasa Italia, Dybala hanya mencetak tiga gol dalam 16 pertandingan di semua kompetisi. Ia dirumorkan bakal angkat kaki dari Turin.

Namun, pelatih kepala Juventus, Andrea Pirlo baru-baru ini menepis rumor keluarnya Dybala. "Juara seperti dia selalu penting dalam tim yang kuat. Saya melatih semua pemain. Dybala adalah salah satunya. Perilakunya bagus. Tak perlu pusing soal masa depannya."

9 dari 11 halaman

Penyerang Sayap Kiri: Neymar (128 Juta Euro)

Superstar PSG, Neymar. (c) AP Photo Superstar PSG, Neymar. (c) AP Photo

Bernilai € 128 juta, Neymar adalah pemain Amerika Selatan paling berharga.

Pemain Brasil berusia 29 musim lalu kerap diganggu cedera, namun di pengujung musim ia jadi aktor penting bagi PSG saat lolos ke final Liga Champions.

penyerang bintang PSG itu telah mencetak 13 gol dalam 18 pertandingan di semua kompetisi sekaligus menyuplai enam assist juga.

Neymar telah mencetak 83 gol mengesankan dalam 103 pertandingan untuk PSG, memberikan 47 assist yang mengejutkan dan memenangkan 10 trofi juga.

Mengomentari cedera terbaru sang pemain, pelatih kepala PSG Mauricio Pochettino berujar:

"Karena permainannya, Neymar sering menjadi subjek tekel yang terlalu kuat. Mungkin wasit harus menerapkan akal sehat dan lebih melindunginya. Neymar menikmati bola di kakinya dan dia seperti itu ketika dia bermain sepak bola, itu bukan provokasi. .Dia juga seperti ini dalam latihan. Apa yang dilakukan Neymar bukanlah provokasi, dia hanya mencintai sepak bola yang indah."

10 dari 11 halaman

Penyerang Sayap Kanan: Lionel Messi (80 Juta Euro)

Kapten Barcelona Lionel Messi. (c) AP Photo Kapten Barcelona Lionel Messi. (c) AP Photo

Kapten Barcelona Lionel Messi adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada di persaingan elite sepak bola dunia.

Pemain asal Argentina itu, salah satu dari sisa-sisa pemain satu klub yang sebenarnya, menjalani musim yang tak mulus. Meski demikian, ia masih mencetak 21 gol di semua kompetisi, sekaligus memecahkan sejumlah rekor di sepanjang laga.

Namun, dengan kemungkinan Barcelona tidak akan memenangkan trofi untuk musim kedua berturut-turut, sepertinya Messi tidak akan bertahan di klub setelah musim panas.

11 dari 11 halaman

Striker: Roberto Firmino (72 Juta Euro)

Striker Liverpool, Roberto Firmino. (c) AP Photo Striker Liverpool, Roberto Firmino. (c) AP Photo

Roberto Firmino bukanlah penyerang tengah klasik yang mencetak selusin gol.

Sebaliknya, pemain Brasil itu cenderung turun jauh dan menciptakan peluang bagi rekan-rekan penyerang, sesuatu yang sering terlihat saat ia bermain dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane di Liverpool.

Meski demikian, pemain Brasil berusia 29 tahun itu telah mencetak 84 gol dan membantu 67 dalam 279 pertandingan di semua kompetisi, membantu The Reds memenangkan gelar Liga Champions dan Liga Inggris di musim beruntun.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp sangat menghormati Firmino.

"Saya tidak perlu mengatakan sepatah kata pun tentang Bobby Firmino dan betapa pentingnya dia bagi kami. Jadi saya tidak membuang waktu dengan itu. (Orang-orang yang) tidak bersama kami, saya tidak peduli jika mereka tahu tentang dia. Bobby berada di begitu banyak permainan sebagai pembeda, mungkin tanpa mencetak gol, tetapi dengan mencetak gol juga di pertandingan lain. Saya akan merasa sangat malu jika saya harus menyebutkan sekarang seberapa berkualitasnya Bobby Firmino."

Sumber: Sportskeeda
Disadur dari: Bola.com/Penulis Ario Yosia
Published: 5 Maret 2020

KOMENTAR