Starting XI Liverpool di Final Liga Champions 2018, di Mana Mereka Sekarang?

Dimas Ardi Prasetya | 28 Mei 2022, 06:30
Loris Karius (c) AFP
Loris Karius (c) AFP

Bola.net - Raksasa Premier League Liverpool dipaksa menelan pil pahit pada final Liga Champions edisi tahun 2018 silam melawan Real Madrid.


Itu adalah final pertama Liverpool sejak tahun 2007 di Liga Champions. Itu juga pertama kalinya Jurgen Klopp membawa The Reds melangkah ke final kompetisi paling elit di Eropa tersebut.

Madrid awalnya tak berani meladeni permainan Liverpool. Namun setelah cederanya Mohamed Salah tim asuhan Zinedine Zidane itu mulai berani tampil lebih ofensif.

Karim Benzema membuat Madrid unggul lebih dahulu pada menit ke-51 berkat blunder Loris Karius. Namun Sadio Mane mampu menyamakan skor pada menit ke-55.

Namun pada menit ke-63, Madrid kembali unggul berkat gol Gareth Bale. Pemain asal Wales itu kemudian mencetak gol lagi pada menit ke-83. El Real akhirnya menang dengan skor 3-1 atas Liverpool.

Kini sudah empat tahun final tersebut berlalu. Apa kabarnya starting XI Liverpool yang bermain di NSC Olimpiysky Stadium di Kiev tersebut? Simak informasinya berikut ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Kiper

Loris Karius sempat menggeser Simon Mignolet. Namun setelah melakukan dua blunder di final Liga Champions 2018 tersebut, kiper asal Jerman itu kena mental.

Ia langsung tersingkir dari skuat Liverpool. Apalagi Jurgen Klopp mendatangkan Alisson Becker.

Karius sempat dipinjamkan ke Besikta dan Union Berlin. Namun performanya tak pernah pulih. Sekarang ia masih bertahan di Liverpool tapi tak pernah masuk skuat.

Selama menganggur, Karius sendiri lebih banyak menempa tubuhnya. Sekarang ia jadi jauh lebih kekar, mirip Terminator.

2 dari 5 halaman

Lini pertahanan

Bek Kanan - Trent Alexander-Arnold

Pos bek kanan saat itu ditempati oleh Trent Alexander-Arnold. Sekarang bek 23 tahun itu masih setia mengawal sisi kanan pertahanan Liverpool. Ia juga sudah mengoleksi semua trofi juara yang bisa ia raih di level klub.

Bek Tengah - Virgil van Dijk

Virgil van Dijk jadi salah satu pilar Liverpool saat itu. Sampai sekarang bek asal Belanda tersebut masih mengawal pertahanan The Reds. Ia sempat mengalami cedera di final Piala FA lalu tapi sudah dinyatakan fit untuk bermain melawan Real Madrid.

Bek Tengah - Dejan Lovren

Saat itu partner Virgil van Dijk adalah Dejan Lovren. Bek asal Kroasia tersebut cabut dari Liverpool pada tahun 2020 lalu dan pindah ke klub Zenit St Petersburg. Sampai sekarang ia masih bertahan di klub Rusia tersebut.

Bek Kiri - Andrew Robertson

Liverpool saat itu sudah mengandalkan Andrew Robertson. Sampai saat ini bek asal Skotlandia itu masih terus bertahan di Anfield. Posisinya tak tergoyahkan meski The Reds mendatangkan Kostas Tsimikas.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Gelandang Tengah - Jordan Henderson

Jordan Henderson adalah kapten Liverpool. Ia juga merupakan salah satu pemain penting di lini tengah. Sekarang ia tentu saja masih di bertahan di skuat The Reds. Agustus lalu ia teken kontrak baru yang akan membuatnya bertahan di Anfield sampai tahun 2025.

Gelandang Tengah - James Milner

James Milner adalah deputi Jordan Henderson di skuat Liverpool. Dalam dua musim terakhir ia mulai jarang jadi starter karena sudah menua. Kontraknya akan habis pada musim panas ini tapi ada kabar Jurgen Klopp ingin mempertahankannya semusim lagi.

Gelandang Tengah - Georginio Wijnaldum

Georginio Wijnaldum termasuk salah satu pemain yang sangat bisa diandalkan di lini tengah Liverpool. Apalagi ia sosok pemain serba bisa. Sayang The Reds tak memperpanjang kontraknya hingga ia akhirnya cabut secara gratis ke PSG pada 2021 lalu.

4 dari 5 halaman

Lini Serang

Winger Kanan - Mohamed Salah

Mohamed Salah masih terus membela Liverpool sampai saat ini. Ia masih rutin mencetak banyak gol dan baru saja mendapat penghargaan sepatu emas lagi di Premier League. Kontraknya tersisa setahun lagi namun Salah menyatakan ia ingin terus bertahan di Anfield.

Penyerang Tengah - Roberto Firmino

Roberto Firmino masih setia membela Liverpool meski performanya menurun. Sekarang ia kerap tampil bergantian dengan Diogo Jota. Kontraknya juga akan berakhir pada musim panas 2023 mendatang tapi Firmino sudah menegaskan ia ingin bertahan lebih lama di Anfield.

Winger Kiri - Sadio Mane

Sadio Mane sempat mengalami penurunan performa. Tapi pada musim 2021-22 ini ia kembali menemukan performa terbaiknya bersama Liverpool. Kontraknya juga berakhir pada tahun 2023 dan ia santer disebut bisa cabut ke Bayern Munchen pada musim panas 2022 nanti.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR