BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sepak Bola, Lebih Baik Tanpa Penonton daripada Tidak Ada?

21-04-2020 09:00 | Richard Andreas

Duel Juventus vs Inter Milan di Serie A 2019/20 digelar tanpa penonton untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona. (c) AP Photo Duel Juventus vs Inter Milan di Serie A 2019/20 digelar tanpa penonton untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona. (c) AP Photo

Bola.net - Sepak bola mungkin akan tampak benar-benar berbeda ketika kembali dilanjutkan usai pandemi virus corona mereda nanti. Pertandingan tanpa penonton mungkin bakal jadi keputusan terbaik, meski sebenarnya hal itu juga membawa sejumlah masalah.

Hal ini disampaikan langsung oleh presiden UEFA, Alekasander Ceferin. Dia yakin memainkan sepak bola tanpa penonton bisa membantu fans merasa 'normal' lagi. Pertandingan tanpa penonton masih lebih baik daripada tidak ada pertandingan sama sekali.

Sepak bola memang memasuki masa-masa sulit beberapa bulan terakhir, dan belum pasti kapan bisa kembali seperti sedia kala. Pandemi virus corona telah memaksa sepak bola berhenti, liga-liga top Eropa pun harus mengalah.

Kini, setelah sekitar satu bulan berlalu, beberapa liga mulai mencari cara untuk segera kembali bergulir. Misalnya La Liga yang mengizinkan klub untuk menggelar latihan bersama asalkan tetap mematuhi instruksi jaga jarak.

Sebagai presiden sepak bola Eropa, Ceferin tahu sepak bola bakal berbeda ketika kembali nanti. Apa maksudnya? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Harus Berkompromi

Tidak ada solusi terbaik pada masa-masa sulit, hanya yang tidak terlalu buruk, Ceferin tahu itu. Dia tahu memainkan pertandingan tanpa penonton juga membawa sejumlah masalah, khususnya bagi klub.

Namun, dia tahu kompromi itu harus dibuat jika sepak bola memang mau dilanjutkan. Harus ada yang mengalah, kali ini tanpa penonton adalah keputusan tepat demi banyak orang.

"Prioritasnya adalah kesehatan fans, para pemain, dan pelatih. Saya pria optimis, saya yakin ada beberapa opsi yang bisa membuat kami memulai turnamen lagi dan menuntaskannya," ujar Ceferin kepada Corriere della Sera via Goal internasional.

"Kami mungkin harus memainkan pertandingan tanpa penonton, yang paling penting adalah tetap memainkan pertandingan itu."

2 dari 2 halaman

Jadi Penghibur

Terlebih, Ceferin yakin pertandingan tanpa penonton tetap bisa jadi pelipur lara bagi masyarakat setelah pandemi berakhir nanti. Meski hanya menonton tim kesayangan mereka dari televisi, setidaknya itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

"Di tengah masa-masa sulit ini, sepak bola bakal membawa kegembiraan dan sedikit sensasi normal, bahkan jika hanya dimainkan di televisi," sambung Ceferin.

"Awalnya, ya [menolak laga tanpa penonton], tapi lebih baik bermain tanpa penonton daripada tidak sama sekali."

"Sepak bola akan mengembalikan emosi dan sukacita pada fans yang benar-benar membutuhkannya," tandasnya.

Sumber: Goal

KOMENTAR