Seluruh Kompetisi UEFA Gelar Minute of Silence untuk Kerusuhan Kanjuruhan

Abdi Rafi Akmal | 5 Oktober 2022, 00:01
Logo (c) UEFA
Logo (c) UEFA

Bola.net - Momen berkabung atas kejadian yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) malam WIB semakin meluas. UEFA secara spesifik akan menghelat minute of silence di seluruh pertandingan kompetisi antarklub di Eropa.

UEFA dalam keterangan resminya menyampaikan duka yang mendalam terhadap insiden tragis tersebut. Kepolisian mencatat ada 125 orang yang meninggal dunia.

“UEFA hari ini mengumumkan bahwa mengheningkan cipta akan diadakan sebelum kick-off untuk mengenang para korban peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia,” tulis di keterangan resmi tersebut.

Para korban meninggal dunia ini akibat kerusuhan dengan aparat keamanan di dalam stadion. Penanganan aparat berupa pelemparan gas air mata ke arah tribun disinyalir jadi faktor terbesar yang membuat korban meninggal dunia sangat banyak.

1 dari 3 halaman

Seluruh Pertandingan di Pekan Ini

Liga Champions (c) AP Photo

Liga Champions (c) AP Photo

Momen mengheningkan cipta itu nantinya mencakup seluruh laga Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Europa Conference League yang digelar di pekan ini.

Laga-laga Liga Champions yang digelar pada Selasa (4/10/2022) malam WIB sampai Rabu (5/10/2022) dini hari WIB akan menyediakan satu menit sebelum sepak mula untuk mengheningkan cipta.

Selain itu, UEFA juga akan memberlakukan hal yang sama pada pertandingan play-off Piala Dunia Wanita dari zona Eropa.

2 dari 3 halaman

Ikuti Jejak Kompetisi Lain

Logo La Liga (c) La Liga

Logo La Liga (c) La Liga

Apa yang dilakukan UEFA ini mengikuti jejak kompetisi-kompetisi Eropa lainnya. Mereka telah melaksanakan minute of silence pada Minggu (3/10/2022) WIB kemarin.

Di antaranya, sisa pertandingan La Liga pekan ke-7 menghelatnya. Laga-laga sisa di pekan ke-8 Eredivisie turut berkabung dengan momen kelam di sepak bola Indonesia.

Dalam Derby Manchester Minggu (2/10/2022) malam WIB, kedua tim juga ikut berkabung. Caranya, seluruh pemain di lapangan mengenakan pita hitam.

3 dari 3 halaman

Ucapan dari Belahan Dunia

Premier League (c) EPL

Premier League (c) EPL

Selepas kerusuhan tersebut, berbagai insan sepak bola di belahan dunia mengucapkan duka cita atas apa yang terjadi pada pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan pekan ke-11 Liga 1 2022/2023.

Klub-klub besar di Inggris mengucapkan belasungkawa dan duka cita melalui akun ofisial resmi. Tidak ketinggalan pula sejumlah pesepakbola yang merumput di Eropa juga mengucapkan duka cita melalui akun Twitter pribadi.

Sumber: UEFA

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR