BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sejarah Tak Bisa Dibantah, Arsenal Memang Layak Masuk Super League

23-04-2021 08:15 | Richard Andreas

Selebrasi skuad Arsenal. (c) AP Photo Selebrasi skuad Arsenal. (c) AP Photo

Bola.net - Meski menolak European Super League (ESL), Mikel Arteta tidak setuju jika Arsenal disebut tidak layak dipertimbangkan masuk liga tandingan tersebut.

Arsenal termasuk ke dalam 12 tim penggagas awal ESL. Artinya, Arsenal dipertimbangkan sebagai salah satu dari 12 klub besar Eropa dengan nilai tinggi dan pemain-pemain top.

Status inilah yang kemudian membuat Arsenal diserang cemooh. Mereka terakhir bermain di Liga Champions tahun 2017 silam, lalu tiba-tiba ingin masuk ke ESL.

Arsenal diklaim tidak layak disandingkan dengan klub-klub top tersebut. Lalu bagaimana respons Arteta soal tudingan ini?

1 dari 2 halaman

Salah satu yang terbaik di dunia!

Arteta memang menolak Super League, tapi jika awalnya Arsenal termasuk salah satu yang diundang, berarti The Gunners memang layak. Menurutnya tidak ada yang bisa menghapus status Arsenal sebagai salah satu klub besar di dunia.

"Bahwa kami adalah salah satu klub terbaik di dunia dan kami tidak bisa lebih bangga dari sekarang untuk mewakili klub ini dan sejarahnya," tegas Arteta di Arsenal.com.

"Kami benar-benar memahami tuntutan dan kesempurnaan yang harus kami kejar."

2 dari 2 halaman

Tidak bisa hapus sejarah

Lagi pula, Arsenal memang pernah mencapai level top pada masanya. Mereka pernah berjaya di Inggris, bahkan jadi satu-satunya tim dengan trofi emas Premier League sampai sekarang.

"Anda tidak bisa membantah sejarah dan sejarah itu terikat pada hasil-hasil di lapangan, terikat pada cara tertentu dalam melakukan sesuatu, terikat pada nilai-nilai tertentu," lanjut Arteta.

"Kami harus bisa merepresentasikan sejarah itu dalam sikap yang tepat. Kami mendapatkan dukungan dan cinta dari seluruh dunia."

"Dan itu bukanlah kebetulan. Kami mendapatkan itu selama bertahun-tahun lewat kerja keras banyak orang dalam sejarah klub sepak bola ini," tandasnya.

Sumber: Arsenal

KOMENTAR