BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA
Borussia Dortmund
0
Juventus
3

Liga Champions
Full Time
2015-03-19 02:45 WIB

Review: Tevez Bawa Juve Singkirkan Dortmund

19-03-2015 04:49 |

Carlos Tevez. (c) AFP Carlos Tevez. (c) AFP

Bola.netBola.net - Borussia Dortmund menjamu Juventus dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Laga ini digelar di Signal Iduna Park pada Kamis (19/03). Sebagai catatan, pertandingan leg pertama dimenangkan Juventus dengan skor 2-1.


Juventus yang hanya butuh hasil imbang ternyata bisa menang 3-0 dalam pertandingan ini. Carlos Tevez menjadi bintang dengan mencetak dua gol serta memberi satu assist kepada Alvaro Morata.

Tak perlu menunggu lama, Juventus sudah mendapatkan gol pembuka pada menit ke-3. Mendapat bola di luar kotak penalti, Tevez menemukan ruang tembak dan melepas tendangan indah dari jarak 20 meter yang bersarang di pojok atas gawang Roman Weidenfeller.

Juventus bermain dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dengan jarak antar pemain yang rapat. Jika serangan mereka gagal, semua pemain segera menutup dan berkonsentrasi pada pertahanan.

Taktik itu sukses menangkal serangan balik Dortmund yang dikenal mematikan. Para pemain cepat seperti Henrikh Mkhitaryan, Aubameyang dan Marco Reus tidak diberi ruang untuk mengeluarkan kelebihan mereka dalam beradu sprint.

Allegri dipaksa melakukan pergantian taktis saat Paul Pogba cedera hamstring pada menit ke-27. Pogba digantikan oleh Andrea Barzagli sehingga Juve bertransformasi dari 4-4-2 menjadi 3-5-2.

Dortmund tak menunjukkan kreativitas di depan pertahanan Juve meski lebih unggul dalam penguasaan bola. Sebaliknya, Juve terlihat berbahaya saat melakukan serangan ke jantung pertahanan Dortmund. Babak pertama pun diakhiri dengan keunggulan 1-0 Juve.

Memasuki babak kedua, Juventus bermain semakin nyaman dengan keunggulan yang mereka miliki. Serangan-serangan Juve semakin gencar. Dua kali Alvaro Morata sudah tinggal berhadapan dengan Weidenfeller tapi gagal membuat gol.

Tak mampu menembus rapatnya pertahanan Juve, Dortmund mulai mencoba menembak dari jarak jauh. Kevin Kampl dan Blaszczykowski sempat melepas tendangan yang masih belum tepat sasaran.

Juve justru berhasil menambah keunggulan mereka pada menit ke-70. Tevez berhasil lolos dari jebakan offside dan mengirim umpan kepada Morata yang berdiri bebas di depan gawang yang sudah kosong. Dengan mudah, Morata melepas tendangan tap in yang membawa Juve unggul 2-0.

Carlos Tevez kembali menegaskan dirinya sebagai bintang dalam laga ini. Berawal dari serangan balik, Tevez mendapat lolos ke kotak penalti Dortmund. Tanpa kesalahan, Tevez melepas tendangan yang membawa Bianconeri unggul semakin jauh.

Skor 3-0 pun bertahan hingga akhir pertandingan usai. Dengan demikian, Juventus yang lolos ke babak perempat final Liga Champions dengan keunggulan agregat 5-1 atas Borussia Dortmund.

Statistik Borussia Dortmund - Juventus

Penguasaan bola: 56% - 44%

Shot (on goal): 9 (2) - 11 (6)

Corner: 5 - 4

Pelanggaran: 7 - 10

Kartu kuning: 1 - 0

Kartu merah: 0 - 0

Susunan pemain Borussia Dortmund: Weidenfeller; Sokratis, Subotic, Hummels, Schmelzer (Kirch, 46'); Bender (Ramos, 63'), Gundogan; Kampl, Mkhitaryan (Blaszczykowski, 63'), Reus; Aubameyang.

 

Susunan pemain Juventus: Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra; Vidal, Marchisio, Pogba (Barzagli, 27"0; Pereyra; Morata (Matri, 78'), Tevez (Pepe, 81'). 

KOMENTAR

Timnas Indonesia U-22 Hajar Thailand 2-0 di SEA Games 2019