BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Rekor Pertemuan Shakhtar Donetsk vs Real Madrid: Los Blancos Masih Mendominasi, tapi Perlu Hati-hati

01-12-2020 12:41 | Gia Yuda Pradana

Real Madrid dipermalukan Shakhtar Donetsk pada matchday 1 (c) AP Photo Real Madrid dipermalukan Shakhtar Donetsk pada matchday 1 (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid akan kembali berhadapan dengan wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk, Rabu (2/12/2020) dini hari. Kali ini, duel kedua tim bakal berlangsung di kandang lawan, National Sports Complex Olympiyskiy.

Pertandingan tersebut merupakan matchday kelima Grup B Liga Champions 2020/21. Laga ini merupakan pertemuan keempat kedua tim.

Sepanjang sejarah, Real Madrid memang tercatat baru tiga kali bertemu Shakhtar Donetsk. Rekor keseluruhannya adalah
Los Galacticos menang dua kali, dan kalah sekali.

Dua kemenangan diraih Real Madrid pada babak penyisihan Grup A Liga Champions 2015/16. Ketika itu, Los Galacticos yang dilatih Rafa Benitez menang 4-0 di Spanyol, dan 4-3 di Ukraina.

Sementara hasil minor didapat Real Madrid dalam pertandingan pembuka Grup B Liga Champions 2020/21. Pasukan Zinedine Zidane itu takluk 2-3 di kandang sendiri.

1 dari 3 halaman

Pertemuan Pertama

Pertemuan pertama antara Real Madrid dan Shakhtar Donetsk terjadi pada matchday kesatu Grup A Liga Champions 2015/16, 15 September 2015. Ketika itu, Los Galacticos tampil perkasa di kandangnya.

Bermain di Santiago Bernabeu, Real Madrid benar-benar mendominasi dari sisi peluang. Mereka mampu melepaskan delapan tembakan ke arah gawang dari 12 percobaan, sementara Shakhtar Donetsk hanya melakukan empat tembakan dan tak satu pun tepat sasaran.

Namun meski mendominasi, Real Madrid harus menunggu hingga menit ke-30 untuk memecahkan kebuntuan. Adalah Karim Benzema yang membuka keran gol Los Galacticos.

Disusul hattrick Cristiano Ronaldo pada menit ke-56, 64, dan 82. Real Madrid pun menang dengan empat gol tanpa balas.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Kedua

Bentrok kedua antara Real Madrid dan Shakhtar Donetsk terjadi pada partai sisa Grup A Liga Champions 2015/16, 25 November 2015. Duelnya berlangsung di National Sports Complex Olympiyskiy.

Namun meski bermain di kandang sendiri, tim tuan rumah belum bisa mengalahkan Los Galacticos. Shakhtar Donetsk justru dipermalukan tamunya 3-4

Gol-gol kemenangan Real Madrid tercipta via Cristiano Ronaldo (18', 70'), Luka Modric (50'), dan Daniel Carvajal (52'). Sementara gol tim tuan rumah dicetak oleh Alex Teixeira (77' pen, 88'), dan Dentinho (83').

Dua kemenangan atas Shakhtar Donetsk pada babak penyisihan Grup A mengantarkan Real Madrid ke babak 16 besar Liga Champions 2015/16 dengan status juara grup. Mereka mengantongi 16 poin, hasil dari lima kali menang dan satu kali imbang.

3 dari 3 halaman

Pertemuan Ketiga

Duel ketiga antara Real Madrid dan Shakhtar Donetsk terjadi pada matchday pertama Grup B Liga Champions 2020/21. Pertandingan ini juga merupakan pertemuan terakhir kedua tim.

Pada laga ini, Shakhtar Donetsk secara mengejutkan berhasil mengalahkan Real Madrid 3-2 di Spanyol. Tim tamu bahkan unggul 3-0 di babak pertama lewat Tete (29'), bunuh diri Raphael Varane (33'), dan Manor Solomon (42').

Usai turun minum, Real Madrid kemudian menipiskan selisih skor. Dua gol Los Galacticos dicetak oleh Luka Modric (54'), dan Vinicius Junior (59').

Bila melihat head to head kedua tim, Real Madrid masih mendominasi. Namun, pasukan Zinedine Zidane itu tetap perlu berhati-hati karena tim lawan pasti ingin menang lagi, dan laga dini hari nanti sangat menentukan perjalanan kedua tim di Liga Champions 2020/21.

Jika Real Madrid berhasil meraih kemenangan pada laga ini, maka mereka dapat mengamankan posisi di babak 16 besar. Sementara bila Shakhtar Donetsk yang menang, maka mereka akan terus menempel Los Galacticos.

Saat ini, Real Madrid menduduki posisi kedua klasemen Grup B dengan perolehan tujuh poin. Mereka unggul tiga angka dari Shakhtar Donetsk yang berada di posisi ketiga.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR