RB Leipzig Mantapkan Diri Jadi Pendamping Real Madrid Usai Buat Shaktar Donetsk Babak Belur

Abdi Rafi Akmal | 3 November 2022, 02:42
RB Leipzig Mantapkan Diri Jadi Pendamping Real Madrid Usai Buat Shaktar Donetsk Babak Belur
Aksi yang terjadi saat Shaktar Donetsk vs RB Leipzig pada pekan ke-6 Grup F Liga Champions 2022/2023, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Satu lagi wakil dari Grup F yang lolos ke babak gugur Liga Champions 2022/2023 sudah ditentukan. Selain Real Madrid yang jadi juara grup, RB Leipzig turut mengikuti sebagai runner-up.

Kepastian itu diperoleh setelah Leipzig menang pada laga pamungkas menghadapi Shaktar Donetsk, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB. Donetsk yang tampil di laga kandang di Stadion Polish Army, Polandia, babak belur dihajar Leipzig dengan skor 0-4.

Christopher Nkunku membuka pesta gol Leipzig di menit ke-10. Tiga gol lainnya diciptakan di babak kedua oleh tiga pemain berbeda. Mereka adalah Andre Silva (50’), Dominik Szoboszlai (63’), dan bunuh diri Valeriy Bondar (68’).

Tambahan tiga poin ini memantapkan posisi Leipzig di peringkat ke-2 klasemen akhir Grup F dengan torehan 12 poin. Sedangkan Donetsk yang baru mengumpulkan enam poin harus puas menuju play-off Liga Europa.

1 dari 4 halaman

Pernah Kalah

RB Leipzig vs Shakhtar Donetsk, Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo

RB Leipzig vs Shakhtar Donetsk, Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo

Kemenangan Leipzig ini membalaskan dendam mereka pada pertemuan pertama. Ketika itu Leipzig yang bermain di kandang sendiri justru dipermalukan 1-4 oleh Donetsk.

Padahal saat itu kubu tuan rumah tampil dengan kekuatan penuh. Susunan sebelas pertamanya kurang lebih seperti di pertemuan kedua.

Namun sosok yang menjadi pembeda di laga tersebut adalah Mykhaylo Mudryk. Pemain berusia 21 tahun yang diincar klub-klub top Eropa ini mencetak satu gol dan dua assist.

2 dari 4 halaman

Sempat Punya Kans

Oleksandr Zubkov mencetak gol dalam laga Liga Champions 2022/2023 Real Madrid vs Shakhtar Donetsk, Kamis (6/10/2022) (c) AP Photo

Oleksandr Zubkov mencetak gol dalam laga Liga Champions 2022/2023 Real Madrid vs Shakhtar Donetsk, Kamis (6/10/2022) (c) AP Photo

Sebelum laga, Donetsk sebenarnya punya kans untuk lolos. Situasinya, Donetsk mengumpulkan enam poin, sedangkan Leipzig sembilan poin. Untuk mengejar defisit poin tersebut, Donetsk wajib menang.

Jika saja hal tersebut terjadi, poin kedua tim memang akan sama. Tetapi Donetsk diuntungkan dengan keunggulan head-to-head. Donetsk pun seharusnya bisa finis di atas Leipzig.

Namun, skor akhir pada pertemuan kedua memupus harapan tersebut. Sehingga Donetsk harus puas hanya melaju ke play-off Liga Europa.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Shaktar Donetsk (4-1-4-1): Anatolii Trubin; Yukhym Konoplia, Valerii Bondar, Mykola Matviyenko, Bogdan Mykhailichenko; Taras Stepanenko; Mykhailo Mudryk, Artem Bondarenko, Heorhii Sudakov, Ivan Petryak; Lassina Traore.
Pelatih: Igor Jovicevic

RB Leipzig (4-2-3-1): Janis Blaswich; Mohamed Simakan, Willi Orban, Josko Gvardiol, David Raum; Xaver Schlager, Kevin Kampl; Dominik Szoboszlai, Christopher Nkunku, Timo Werner; Andre Silva.
Pelatih: Marco Rose

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR