Rapor Pemain Liverpool di Final Liga Champions: Siapa yang Lengah Mengawal Vinicius?

Gia Yuda Pradana | 29 Mei 2022, 08:37
Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Vinicius Junior vs Trent Alexander-Arnold (c) AP Photo
Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Vinicius Junior vs Trent Alexander-Arnold (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool dipaksa bertekuk lutut di final Liga Champions 2021-2022. The Reds ditaklukkan Real Madrid 0-1 dan gagal menjadi juara.


Final Liga Champions 2021-2022 digelar di Stade de France, Paris, Prancis, Minggu 29 Mei 2022. Pertandingan ini dimenangi Real Madrid dengan skor 1-0.

Gol tunggal penentu kemenangan Real Madrid dicetak oleh Vinicius Junior. Gol itu tercipta pada menit 59.

Liverpool sejatinya tidak benar-benar bermain buruk. Di segi penguasaan bola dan jumlah tembakan, mereka unggul. Namun, The Reds harus tersungkur.

Seperti apakah performa para pemain Liverpool di final tadi? Simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Kiper: Alisson Becker - 5

Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Alisson Becker (c) AP Photo

Tak seperti biasanya, kiper Liverpool ini terlihat kurang tenang. Di pertandingan selevel final Liga Champions, itu bisa berakibat fatal.

Alisson sempat 'takluk' di pengujung babak pertama. Gawangnya dibobol oleh Karim Benzema, tapi kemudian 'diselamatkan' oleh VAR.

Madrid hanya punya dua shots on target di laga ini. Namun, salah satunya lepas dari pengawasan Alisson, dan itu justru menjadi gol penentu kemenangan Madrid.

2 dari 5 halaman

Belakang

Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Virgil van Dijk (c) AP Photo

Trent Alexander-Arnold - 4

Tak terlalu kerepotan bertahan di babak pertama. Di babak kedua, dia lebih aktif menyerang. Namun, satu kelengahan dalam mengawasi pergerakan Vinicius berakibat fatal, berujung pada gol penentu kemenangan lawan.

Ibrahima Konate - 8

Bertahan dengan sangat baik. Di awal-awal, dia bahkan membuat Vinicius mati kutu. Dia juga tampil konsisten sepanjang laga.

Virgil van Dijk - 7

Nyaris tak ada kesalahan. Dia juga beberapa kali keluar dari lini pertahanan untuk menutup gerakan Karim Benzema. Namun, dia gagal menghentikan Federico Valverde yanh mengirim assist ke Vinicius.

Andrew Robertson - 7

Solid di belakang dan aktif men-support Luis Diaz saat menyerang. Dia bahkan tampil lebih aktif lagi saat Liverpool berusaha mencari gol balasan.

3 dari 5 halaman

Tengah

Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Casemiro diapit Sadio Mane dan Thiago (c) AP Photo

Fabinho - 7

Tampil apik dalam pertarungan dengan lini tengah Madrid. Beruntung, 'operannya' ke Benzema yang berbuah gol di babak pertama dianulir dengan VAR.

Thiago - 6

Sempat diragukan kondisi fisiknya, dia akhirnya memang tak mampu tampil optimal di laga ini. Meski begitu, dia mencatatkan akurasi operan tertinggi di skuad Liverpool, yakni 94,6% (dari 74 operan).

Jordan Henderson - 5

Dibandingkan dua gelandang Liverpool lainnya, jumlah operannya merupakan yang terendah (66). Fabinho (85 operan) dan Thiago (74 operan) lebih aktif dalam mengalirkan bola. Dia akhirnya dikorbankan ketika Liverpool mencari gol penyama kedudukan.

4 dari 5 halaman

Depan

Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Thibaut Courtois gagalkan peluang Mohamed Salah (c) AP Photo

Mohamed Salah - 6

Sebanyak 6 shots on target dia catatkan, tapi tak satupun yang bersarang di gawang Madrid. Di final 2018, Sergio Ramos menjadi mimpi buruknya. Kali ini, mimpi buruknya bernama Thibaut Courtois.

Sadio Mane - 5

Sebuah tembakan dilepaskan dari ujung kotak penalti di menit 20, tapi upayanya itu bisa bisa ditepis oleh Courtois. Itu juga tercatat sebagai satu-satunya shot on target Mane di laga ini.

Luis Diaz - 5

Mencatatkan 3 dribel sukses, tapi hanya satu tembakan dan satu key pass. Satu tembakannya pun melenceng, sedangkan key pass-nya gagal menjadi assist. Dia adalah pemain Liverpool pertama yang digantikan di laga ini pada menit 65.

5 dari 5 halaman

Pemain Pengganti

Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Jurgen Klopp (c) AP Photo

Diogo Jota (untuk Luis Diaz menit 65) - 6

Di segi ofensif, masih lebih baik daripada Diaz. Dua shots dan satu shot on target dia catatkan.

Naby Keita (untuk Jordan Henderson menit 77) - 5

Punya satu peluang di menit 80, tapi tembakannya melenceng jauh dari sasaran.

Roberto Firmino (untuk Thiago menit 77) - 7

Masuk lapangan, dia langsung membuat serangan Liverpool jadi lebih hidup. Madrid dibuatnya kerepotan. Jurgen Klopp mungkin terlambat memasukkannya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR