Ramai-ramai Memuji Thibaut Courtois: Tanpanya, Real Madrid Hanya Butiran Debu

Serafin Unus Pasi | 29 Mei 2022, 05:25
Ekspresi Thibaut Courtois usai membawa Real Madrid Juara UCL 2021/22 (c) UEFA
Ekspresi Thibaut Courtois usai membawa Real Madrid Juara UCL 2021/22 (c) UEFA

Bola.net - Real Madrid berhasil keluar sebagai juara Liga Champions 2021/22. Sosok Thibaut Courtois bisa dikatakan jadi pahlawan kemenangan Real Madrid di laga ini.


Berhadapan dengan Liverpool di Stade de France, Real Madrid sebenarnya cukup kewalahan dibuat oleh wakil Inggris itu. Mereka mendapatkan tekanan yang sangat besar semenjak laga awal digulirkan.

Pada laga ini, Vinicius Junior mencetak gol kemenangan El Real. Namun Courtois bisa dikatakan sebagai pahlawan sesungguhnya dari kemenangan Real Madrid ini.

Sang kiper berhasil menggagalkan sembilan peluang emas Liverpool di laga ini. Sehingga gawang Madrid tetap perawan dan mereka berhasil menjadi juara.

Performa apik Courtois mendapatkan banyak apresiasi. Sang kiper banjir pujian atas performa apiknya.

Berikut adalah puja-puji untuk Courtois.

1 dari 6 halaman

Pemain Terbaik

UEFA resmi menobatkan Courtois sebagai pemain terbaik di Final Liga Champions 2021/22.

Panel teknis UEFA menilai tidak ada pemain yang berkontribusi lebih besar ketimbang Courtois sepanjang 90 menit laga berjalan di Stade de France.

"Dia [Courtois] membuat penyelamatan krusial terutama di babak pertama saat Liverpool sedang berada di performa terbaik. Ia juga membuat penyelamatan spektakuler untuk menggagalkan peluang Salah di akhir laga," bunyi pernyataan UEFA.

2 dari 6 halaman

Pujian Sami Khedira

Mantan gelandang Real Madrid, Sami Khedira juga memberikan pujian kepada Courtois.

Ia yakin Liverpool bakal juara andai Real Madrid tidak menurunkan Courtois sejak awal laga.

"Liverpool harus diakui bermain dengan lebih baik hari ini, namun Courtois adalah pembedanya. Efektivitasnya di bawah mistar gawang benar-benar menjadi pembeda,"

3 dari 6 halaman

Gendong Madrid Juara

Legenda Liverpool, Luis Garcia juga turut memberikan apresiasi kepada Courtois.

Ia percaya sang kiper layak menjadi pahlawan Los Blancos karena tanpanya Madrid tidak akan memenangkan laga ini.

"Real Madrid sangat profesional dan lini pertahanan mereka sangat tenang dikomandoi oleh Courtois yang fantastis. Sehingga mereka memenangkan trofi ke-14 mereka hari ini,"

4 dari 6 halaman

Momok Bagi Liverpool

Legenda Real Madrid, Fernando Hierro juga mengakui bahwa Courtois jadi pembeda di laga ini. Ia menilai Real Madrid tampil impresif sejak awal laga, namun mereka gagal juara karena Courtois.

"Liverpool bermain dengan sangat bagus hari ini. Namun langkah mereka terhenti karena performa yang luar biasa dari Courtois,"

"Real Madrid selalu bisa membuat perbedaan di laga seperti ini. Namun bagi saya, Courtois adalah pemain terbaik mereka," ujarnya.

5 dari 6 halaman

Tidak Dihargai

Sementara Courtois sendiri sangat bangga bisa memenangkan trofi UCL pertamanya. Ia menyebut bahwa trofi ini pembuktiannya setelah ia diremehkan saat masih bermain di Inggris.

"Saya butuh memenangkan sebuah partai final untuk karir saya. Saya membutuhkan kemenangan ini agar orang-orang bisa lebih menghormati saya, karena saat di Inggris saya tidak mendapatkan rasa hormat yang cukup,"

"Saya pribadi sangat senang dan bangga dengan performa yang ditunjukkan tim kami hari ini," ujarnya.

6 dari 6 halaman

Trofi ke-14

Real Madrid semakin mengukuhkan status mereka sebagai juara Eropa dengan trofi UCL musim ini.

Mereka saat ini mengoleksi 14 trofi UCL, sementara tim kedua dengan trofi terbanyak, AC Milan hanya mengoleksi tujuh trofi saja.

(UEFA)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR