BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ragam Skenario yang Membuat Liverpool Bisa Lolos ke 16 Besar Liga Champions

10-12-2019 14:29 | Yaumil Azis

Skuat Liverpool merayakan gol Alex Oxlade-Chamberlain ke gawang Genk (c) AP Photo Skuat Liverpool merayakan gol Alex Oxlade-Chamberlain ke gawang Genk (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool sedang menduduki puncak klasemen Grup E Liga Champions. Namun perjalanan skuat asuhan Jurgen Klopp tersebut bisa dikatakan tertatih-tatih.

Sampai pekan ke-5, mereka belum bisa memastikan satu tempat di babak 16 besar. Mereka baru mengumpulkan 10 angka dan hanya berselisih tiga poin saja dari penghuni posisi ketiga, RB Salzburg.

Sebenarnya mereka bisa saja mengunci kelolosannya pada pertandingan pekan ke-6 yang digelar akhir bulan November lalu. Sayangnya, Liverpool hanya mampu meraih hasil imbang kontra Napoli.

Dengan skuat yang lebih mentereng, dan keuntungan tampil di markas sendiri, tidak bisa dimanfaatkan Mohamed Salah dkk. Malahan mereka sempat tertinggal lebih dulu setelah Dries Mertens sukses menjebol gawang Alisson di babak pertama.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Syarat Kelolosan Liverpool

Harga mahal harus dibayar oleh Liverpool. Mereka bakalan menjalani laga hidup mati kontra RB Salzburg dalam pekan pamungkas fase grup, di mana banyak klub besar Eropa lain yang tinggal berleha-leha.

Jika kalah, maka Liverpool terancam gagal melaju ke babak 16 besar. Lantas apa yang harus dilakukan sang juara bertahan Liga Champions itu jika ingin melaju ke babak berikutnya?

Sejatinya, beban the Reds tidak begitu berat. Mereka hanya perlu menuai hasil imbang jika ingin lolos. Dan jika hal tersebut dilakukan, sementara Napoli menang atas RC Genk, Liverpool akan melaju ke babak 16 besar dengan status runner-up grup dan berpotensi ketemu lawan berat.

2 dari 2 halaman

Bisa Lolos Walau Kalah

Liverpool juga masih bisa lolos kalau menelan kekalahan. Tentunya dengan syarat klub lainnya, Napoli, gagal meraup tiga angka saat bertemu RC Genk. Kemungkinan ini terjadi sangat kecil karena Napoli akan bermain di markasnya sendiri.

Skenario lainnya adalah Liverpool bisa lolos dengan kekalahan. Asalkan, mereka mampu mencetak empat gol saat menghadapi Salzburg. Jika demikian, maka Liverpool unggul head-to-head dari RB Salzburg.

Ada skenario lain yang memungkinkan Liverpool gagal lolos, yakni jika mereka kalah dari Salzburg dan Napoli meraih hasil seri atas Genk. Ketiga tim akan mengoleksi 10 poin dan the Reds akan tersingkir karena kalah head-to-head dari Napoli dan Salzburg.

Apa yang terjadi jika Liverpool tersingkir dari Liga Champions? Mereka akan menjadi juara bertahan pertama yang terdepak dari fase grup setelah Chelsea pada musim 2012/13.

(Sky Sports)

KOMENTAR