BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Profil dan Prediksi Liga Champions 2020/2021 Grup C

02-10-2020 18:33 | Serafin Unus Pasi

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, memberikan instruksi kepada timnya. (c) AP Photo Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, memberikan instruksi kepada timnya. (c) AP Photo

Bola.net - Hasil drawing Liga Champions musim 2020/2021 tampaknya cukup menguntungkan untuk kubu Manchester City. Berada di Grup C bersama Porto, Olympiakos, dan Marseille, peluang untuk lolos ke babak selanjutnya cukup besar untuk tim asuhan Pep Guardiola ini.

Manchester City yang dihuni banyak pemain top Eropa, akan menjalani laga di Liga Champions 2020/2021 dengan kepercayaan yang tinggi. Apalagi, hasrat sang manajer, Pep Guardiola yang begitu besar ingin menghadirkan trofi kuping besar untuk publik Etihad Stadium.

Namun, persaingan di Grup C bukan tanpa perlawanan. Porto yang berhasil menjadi kampiun di Liga Premier Portugal 2019/2020 lalu, tentu tidak ingin menjadi bulan-bulan untuk raksasa Premier League tersebut.

Hal serupa pun akan diikuti oleh klub asal Yunani, Olympiakos yang diyakini akan tampil habis-habisan di fase grup. Karena, tim asuhan Pedro Martins sudah bersusah payah untuk mencapai titik tersebut. Tim yang berjuluk Erythrolefki, berhasil lolos ke fase grup setelah mengalahkan Omonia Nikosia di babak play-off.

Berbeda dengan Olympiakos, Marseille justru mendapatkan tiket langsung ke fase grup. Tentu torehan tersebut tak lepas dari sihir sang manajer, Andre Villas-Boas.

Sejak kedatangannya, ia berhasil menyulap Marseille menjadi tim yang mengejutkan dengan finish di posisi kedua klasemen Liga Prancis musim 2019/2020 lalu, sehingga mereka berhak mendapatkan satu tiket untuk bersaing di Liga Champions musim 2020/2021.

Berikut adalah empat kontestan Grup C Liga Champions 2020/2021:

  • FC Porto
  • Manchester City
  • Olympiakos
  • Marseille

Simak ulasan kami mengenai grup C dan prediksi siapa yang akan menembus babak 16 besar di sini:

1 dari 3 halaman

Tim Unggulan

Manchester City merayakan golnya ke gawang Norwich City. (c) PoolAP Photo Manchester City merayakan golnya ke gawang Norwich City. (c) PoolAP Photo

Manchester City akan menjadi tim unggulan di Grup C Liga Champions 2020/2021. Kaya akan pengalaman di kompetisi Benua Biru itu, City diyakini akan tampil seperti pada musim-musim sebelumnya yang selalu lolos dari fase grup.

Selain itu, skuad Manchester City yang dalam pun menjadi faktor pendukung lainnya. Dihuni banyak pemain top Eropa, City akan tampil dominan dibanding tiga kontestan lainnya. Apalagi, The Citizens baru saja mendatangkan bek asal Portugal, Ruben Dias yang akan membantu pertahanan City menjadi lebih kokoh.

Melihat City yang akan tampil dominan, Porto tentunya tidak akan diam saja dan akan menjadi pesaing utama Manchester City di Grup C. Berbekal skuad seadanya, tim asuhan Sergio Conceicao akan menebar ancaman di setiap laga Grup C.

Terbukti, di musim ini Porto sudah mencatatkan perolehan impresif di Liga Premier Portugal. Dari dua laga awal yang sudah dijalani, tim yang berjuluk Azuis e Brancos ini berhasil sapu bersih dua laga awal dengan hanya kebobolan satu gol. Alhasil, Porto berhak memuncaki klasemen sementara Liga Premier Portugal.

2 dari 3 halaman

Kuda Hitam

Pemain PSG dan Marseille saling berseteru dalam laga lanjutan Ligue 1, Senin (14/9/2020) dinihari tadi. (c) AP Photo Pemain PSG dan Marseille saling berseteru dalam laga lanjutan Ligue 1, Senin (14/9/2020) dinihari tadi. (c) AP Photo

Olympiakos kembali berkompetisi di Liga Champions, setelah mengalahkan Omonia Nikosia di babak play-off. Tim asuhan Pedro Martins berhasil melibas Omonia dengan dua gol tanpa balas.

Berbekal juara Liga Premier Yunani musim lalu, bukan tak mungkin Olympiakos dapat menjadi ancaman di Grup C. Selain itu, ketajaman Youssef El Arabi sebagai bomber Olympiakos pun perlu diperhitungkan kontestan lainnya.

Tak hanya El Arabi saja, masih ada nama lainnya seperti Mathieu Valbuena dan Konstantinos Fortounis yang kerap kali menjadi pemain berbahaya bagi lawan.

Marseille sebagai tim kejutan di Liga Prancis musim lalu pun ingin unjuk kehebatannya di Liga Champions. Diyakini, tim asuhan Andre Villas-Boas akan berjuang sekuat tenaga agar tidak hanya menjadi juru kunci di Grup C.

Dihuni banyak pemain berpengalaman seperti Steve Mandanda, Dimitri Payet, Kevin Strootman, dan Florian Thauvin maka Marseille akan menjadi momok di Grup C.

3 dari 3 halaman

Prediksi Grup C

Skuad Olympiakos merayakan gol Youssef El-Arabi (kiri) ke gawang Arsenal pada duel leg kedua 32 besar Liga Europa 2019/20. (c) AP Photo Skuad Olympiakos merayakan gol Youssef El-Arabi (kiri) ke gawang Arsenal pada duel leg kedua 32 besar Liga Europa 2019/20. (c) AP Photo

Manchester City akan menjadi tim yang paling diunggulkan untuk lolos dari Grup C. Dibekali dengan skuad yang dalam serta jam terbang yang banyak di Liga Champions, membuat tim asuhan Pep Guardiola ini akan melangkah mudah di Grup C.

Apalagi, City sangat ingin merajai Liga Champions setelah sebelumnya harus dipermalukan wakil dari Prancis, Olympique Lyon dengan skor yang cukup telak 1-3.

Lalu, ada Porto yang pernah menjuarai trofi kuping besar ini di era kepelatihan Jose Mourinho. Dengan modal baik itu, tampaknya Porto akan finish di posisi kedua.

Kemudian, untuk Olympiakos sepertinya akan sulit untuk bersaing mendapatkan tiket ke babak selanjutnya. Mengingat, klub asal Yunani tersebut memang selalu gagal lolos ke babak selanjutnya dalam lima tahun terakhir.

Tetapi, nasib baik akan menimpa Marseille. Pasalnya, tim asuhan Villas Boas sedang berada dalam kepercayaan yang tinggi setelah sebelumnya berhasil finish di posisi kedua klasemen Liga Prancis musim 2019/2020 lalu.

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR