BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Profil dan Prediksi Grup B Liga Champions 2021/22

07-09-2021 14:40 | Serafin Unus Pasi

Liverpool 2021/22 (c) AP Photo
Liverpool 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Musim baru 2021/22 untuk liga di benua Eropa sudah dimulai, dan sejumlah matchday awal sudah menampilkan banyak keseruan. Saat ini sebentar lagi, kompetisi terbaik dan paling bergengsi sejagat Eropa, Liga Champions akan segera dimulai dalam hitungan jari saja.

Seluruh klub Eropa sudah mulai membenahi skuad serta memberikan amunisi mereka dengan mendatangkan pemain dan mengubah skema permainan mereka.

Drawing untuk fase grup sudah dilakukan. Beberapa grup terlihat mempertemukan banyak tim besar, tetapi bagi grup b keempat klub yang mengisi grup tersebut keempatnya merupakan raksasa terbaik Eropa.

Dalam grup B tersebut diisi oleh, Liverpool sang perwakilan Inggris, Atletico Madrid dari Spanyol, AC Milan sebagai perwakilan Italia, dan Porto sebagai perwakilan Portugal. Keempat tim tersebut seperti tidak mendapatkan satu pertandingan yang bisa menarik nafas mereka dengan lega, karena jelas keempatnya menginginkan posisi teratas klasemen.

Meskipun Liverpool tidak begitu aktif dalam hal transfer dan mendatangkan pemain, tetapi saat ini Virgil van Dijk sedang dalam kondisi sehat yang dimana siap menjadi mimpi buruk grup B. Dilain pihak AC milan juga sedang diisi oleh - pemain hebat., salah satunya Olivier Giroud. Atletico Madrid dan Porto sendiri sampai saat ini belum mengalami kekalahan pada lanjutan Liga Spanyol dan Italia.

1 dari 5 halaman

Tim Unggulan: Liverpool

Skuat Liverpool merayakan gol Diogo Jota ke gawang Burnley pada pertandingan pekan ke-2 EPL 2021/22, Sabtu (21/8/2021) (c) AP Photo
Skuat Liverpool merayakan gol Diogo Jota ke gawang Burnley pada pertandingan pekan ke-2 EPL 2021/22, Sabtu (21/8/2021) (c) AP Photo

The Reds musim lalu yang mampu menuju quarter final tanpa seorang Virgil, musim ini jelas akan memberikan tambahan serta kemudahan tersendiri dari The Reds.

Mengingat saat mereka mengangkat trofi kuping panjang tersebut pada 2018/19 lalu dengan keadaan Virgil yang sehat. Kali ini mereka dipastikan bisa lolos sebagai juara grup meskipun tidak akan mudah.

Mereka tetap perlu mewaspadai permainan Atletico yang cenderung bertahan, permainan baru AC Milan dengan kehadiran Giroud, dan kejutan dari raksasa Portugal, yakni Porto. The Reds memang memiliki potensi besar sebagai juara grup, tetapi hal tersebut mereka bisa dapat jika mereka konsisten dan mampu menjaga kesehatan bek utama mereka Virgil van Dijk.

2 dari 5 halaman

Tim Kuda Hitam: Porto

Porto di Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo
Porto di Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo

Porto yang dipimpin oleh Pepe, akan kembali menjadi kejutan di Liga Champions musim ini. Pasalnya, musim lalu tim underrated ini mampu menumbangkan Cristiano Ronaldo yang sedang kuat bersama si Nyonya Tua.

kekalahannya bersama Chelsea sendiri tidak begitu jauh yang terpaut dengan agregat 2-1 saja. Jelas hal ini bukan hal menarik bagi tim sekelas AC Milan, Liverpool, dan Atletico Madrid untuk bertemu Dragões pada grup mereka.

Meskipun diiming-iming sebagai tim kuat, kali ini mereka belum bisa menampilkan kiper utama mereka yang masih mengalami cedera, tetapi hal itu tidak begitu berdampak mengingat dalam lanjutan matchday yang dijalani, Porto belum mengalami satu kekalahan dengan statistik tiga kemenangan dan satu kali seri saja.

Kerasnya pertahanan yang dimiliki Pepe meskipun sudah berumur 38 akan menjadi mimpi buruk bagi, Giroud, Suarez, dan Salah untuk mendekati gawang Porto. Selain itu striker mereka, Toni Martinez juga sedang haus dalam mencetak gol yang terbukti mampu mencetak tiga gol dari empat pertandingan terakhir yang ia lakoni.

3 dari 5 halaman

Calon Pemain Bintang: Olivier Giroud

Penyerang Milan, Olivier Giroud merayakan gol ke gawang Cagliari, Senin (30/8/2021) (c) AP Photo
Penyerang Milan, Olivier Giroud merayakan gol ke gawang Cagliari, Senin (30/8/2021) (c) AP Photo

Mo Salah jelas akan menjadi bintang lapangan bagi pihak Liverpool, tetapi melihat betapa hebatnya permainan Giroud bersama Rossoneri, setidaknya cukup untuk mendeskripsikan Giroud akan lebih bersinar ketimbang Salah.

Sejak kepindahannya ke AC Milan, ia memang disebut-sebut sebagai pengganti dari Zlatan yang mulai mengalami cedera di umurnya yang sudah tidak lagi muda. Giroud sendiri sukses menyumbang dua gol dari dua pertandingan bersama Milan pada lanjutan Serie A Italia.

Dua gol tersebut menjadikan dirinya menjadi pemain yang mencetak gol terbanyak bagi rossoneri musim ini. Ia yang akan akan ditemani oleh Brahim Diaz siap menjadi ancaman gawang bagi Liverpool, Atletico Madrid, dan Porto.

4 dari 5 halaman

Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar: Brahim Diaz

Bintang AC Milan, Brahim Diaz merayakan gol ke gawang Sampdoria, Selasa (24/8/2021) (c) ACM
Bintang AC Milan, Brahim Diaz merayakan gol ke gawang Sampdoria, Selasa (24/8/2021) (c) ACM

Brahim Diaz bersama Giroud memang akan mengangkat performa dari rossoneri. Meskipun ia tidak mencetak dua gol dalam dua pertandingan terakhir, Diaz memberikan kontribusi lain dengan mencetak satu gol dan satu assist.

Gelandang masa depan Real Madrid tersebut sangat cocok dengan skema permainan AC Milan dan juga Giroud yang suka menunggu bola yang akan dimanjakan dirinya lewat operan-operan yang sangat akurat dari pemain berusia 22 tahun tersebut.

Selain memberikan assist Brahim juga pandai mencetak gol, terbukti musim lalu ia berhasil mencetak tujuh gol sebagai seorang gelandang dan sayap dari AC Milan. Musim ini Diaz akan lebih produktif mengingat posisi utamanya sebagai gelandang serang sudah tidak diganggu oleh Hakan Calhanoglu yang sudah berlabuh ke Inter Milan.

5 dari 5 halaman

Prediksi

Atletico Madrid merayakan gelar juara La Liga musim 2020/2021 (c) AP Photo
Atletico Madrid merayakan gelar juara La Liga musim 2020/2021 (c) AP Photo

Grup B kali ini akan memberikan kejutan, mengingat grup ini merupakan grup neraka yang diisi klub - klub besar Eropa. Akan banyak kejutan terjadi. Namun sejauh ini Liverpool akan menjadi kandidat kuat yang akan lolos pada fase grup nanti.

Untuk posisi selanjutnya akan diikuti oleh AC Milan yang sedang naik daun, maupun Atletico Madrid sendiri, tetapi AC Milan lebih memiliki potensi mengingat Giroud akan menjadi pilar utama dari rossoneri sebagai mesin gol baru mereka.

Namun tidak menutup kemungkinan bagi Atletico lolos sebagai runner up grup b, mengingat meskipun cederanya Joao Felix, mereka masih memiliki Angel Correa yang tampil gemilang ketimbang Luis Suarez yang berhasil mencetak tiga gol dan satu buah assist dari tiga pertandingan perdana di La Liga.

Sedangkan untuk Porto juga tidak menutup kemungkinan untuk lolos fase grup, mengingat mereka juga merupakan tim yang selalu menjadi tim kuda hitam bagi tim - tim besar, mereka juga bisa menjadi ancaman bagi Liverpool, Atletico Madrid, maupun AC Milan sehingga masih terlalu dini untuk mengecap Porto akan finish pada posisi paling bawah klasemen grup b.

Setidaknya hanya Liverpool sejauh ini yang menjadi kandidat kuat, sedangkan ketiga lainnya akan bertempur sampai titik darah penghabisan mereka untuk menyusul The Reds ke babak selanjutnya.

(Bola.net/Risditya)

KOMENTAR