BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Porto vs Manchester City: Catatan Guardiola Lebih Baik Ketimbang Conceicao

01-12-2020 10:37 | Gia Yuda Pradana

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo Pelatih Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

Bola.net - Laga antara FC Porto dan Manchester City pada pekan kelima Grup C Liga Champions, Rabu (02/12) dini hari WIB bukan hanya akan menjadi palagan bagi pemain kedua tim tersebut. Pertandingan yang akan dihelat di Stadion Dragao ini juga akan menjadi ajang adu siasat bagi pelatih kedua tim tersebut, Sergio Conceicao dan Josep Guardiola.

Dari catatan pertemuan keduanya, Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memiliki keunggulan ketimbang rekannya tersebut. Guardiola menang dalam satu-satunya pertemuannya dengan Conceicao sebelumnya.

Pada laga pekan pertama Grup C Liga Champions antara City dan Porto, strategi Guardiola terbukti lebih baik ketimbang siasat Conceicao. Waktu itu, City menang dengan skor 3-1.

Apa lagi keunggulan-keunggulan Guardiola ketimbang Sergio Conceicao? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Pep Menang Pengalaman

Sergio Conceicao (c) AFP Sergio Conceicao (c) AFP

Guardiola dan Conceicao bisa dikatakan masih berada dalam satu generasi ketika sama-sama menempuh karier sebagai pesepak bola. Guardiola mulai masuk ke kancah sepak bola profesional pada 1991, sementara Conceicao menyusul dua tahun berselang.

Ketika merintis karier sebagai pelatih pun, jarak mereka tak terlalu jauh. Guardiola merintis karier sebagai pelatih pada 2007 ketika menangani Barcelona B. Sementara, dua tahun berselang, Conceicao menjabat sebagai Sporting Director PAOK Salonika.

Namun, soal pengalaman memimpin anak asuhnya dalam pertandingan, pengalaman Guardiola jauh lebih melimpah ketimbang Conceicao. Guardiola sudah memimpin timnya dalam 656 pertandingan, sementara Conceicao 'baru' memimpin timnya dalam 349 laga.

2 dari 2 halaman

Rataan Poin Pep juga Lebih Bagus

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo Pelatih Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

Tak hanya unggul secara kuantitas, Pep pun unggul secara hasil yang didapat. Dari 656 laga yang sudah dijalani, rataan poin Pep adalah 2,36. Artinya, dalam tiap pertandingan, tim yang ia besut meraih 2,36 poin.

Bersama Manchester City, Pep sudah melakoni 248 pertandingan. Di sini rataan poin pelatih asal Spanyol tersebut 2,33.

Sementara itu, dalam 349 laga yang telah dilakoni, rataan poin Conceicao adalah 1,88. Bersama Porto, rataan poin pelatih berusia 46 tahun tersebut adalah 2,28.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR