BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Perdebatan Siapa yang Terbaik di Antara Ronaldo dan Messi Belum Berakhir

03-12-2019 10:38 | Yaumil Azis

 (c) AP Photo (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi baru saja menjadi pemenang Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah. Namun perang klaim siapa yang terbaik antara dirinya dengan bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, masih berlangsung sampai saat ini.

Perdebatan soal siapa yang terbaik antara Messi dan Ronaldo sudah berlangsung cukup lama. Dan semakin hangat begitu Ronaldo memutuskan untuk bergabung dengan klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Kepindahan Ronaldo ke Juventus di tahun 2018 lalu diyakini bakalan mengurangi perdebatan. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Publik belum bisa satu suara dalam menentukan siapa yang terbaik di antara keduanya.

Keduanya sama-sama memiliki lima trofi Ballon d'Or dalam karirnya sebagai pesepakbola profesional, dan trofi keenam diyakini akan mengakhiri perdebatan. Lalu pada hari Selasa (1/12/2019), Messi mendapatkan trofi keenamnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Agen Ronaldo Berbicara

Dalam malam penghargaan yang digelar di Paris, Prancis, Messi mendapatkan suara terbanyak dan menjadi peraih gelar Ballon d'Or 2019. Bek Liverpool, Virgil van Dijk, berada di peringkat kedua.

Ronaldo sendiri menempati peringkat ketiga. Ia tidak terlihat dalam malam penghargaan karena harus menghadiri acara Gala Calcio yang digelar pada hari bersamaan.

Sayangnya, status peraih trofi Ballon d'Or terbanyak dalam sejarah yang sudah dipegang Messi tidak membuat perang klaim pemain terbaik tuntas begitu saja. Agen Ronaldo, Jorge Mendes, membuat perdebatan semakin panjang.

"Cristiano adalah pemain terbaik dalam sejarah, dan anda tahu soal itu!" ujarnya kepada awak media dalam acara Gala Calcio, seperti yang dikutip dari Goal International.

2 dari 2 halaman

Bartomeu Pilih Messi

Sementara itu, Josep Maria Bartomeu selaku presiden klub Barcelona memilih Lionel Messi sebagai pemain terbaik di dunia. Ia juga berharap pemain asal Argentina itu kembali meraih trofi Ballon d'Or di tahun-tahun mendatang.

"Dia adalah pemain terbaik sepanjang masa, dalam sejarah sepak bola. Sudah jelas bagi kami dan Barcelona," ungkap Bartomeu kepada L'Equipe.

"Saya harap itu takkan menjadi Ballon d'Or terakhirnya. Dia masih muda. Dia bisa bermain bertahun-tahun lagi dengan kami," tutupnya.

Lionel Messi sudah menjadi bagian dari Barcelona sejak tahun 2001 dan telah bermain dalam 461 pertandingan di ajang La Liga. Selain itu, ia juga telah mengantongi 428 gol.

(Goal International)

KOMENTAR

Highlights Timnas Indonesia U-22 Taklukkan Thailand di SEA Games 2019