BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pemain Kunci Real Madrid vs Manchester City: Menanti Tekel Sergio Ramos

26-02-2020 19:00 | Yaumil Azis

Sergio Ramos mencetak satu gol saat Real Madrid berjumpa Deportivo Alaves, Sabtu (30/11/2019) malam WIB. (c) AP Photo Sergio Ramos mencetak satu gol saat Real Madrid berjumpa Deportivo Alaves, Sabtu (30/11/2019) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Jika ada satu pemain yang Manchester City inginkan pada musim ini, mungkin nama Sergio Ramos yang tersebutkan. Jika memiliki bek Real Madrid tersebut, the Citizens bisa jadi mempertahankan gelar Premier League.

Seperti yang diketahui, Manchester City mengalami kendala besar di lini belakang khususnya di jantung pertahanan. Mereka gagal mendapatkan pengganti sepadan untuk sang mantan kapten, Vincent Kompany.

Permasalahan tidak sampai di situ. Saat musim sedang berjalan, mereka mendapatkan pukulan telak dengan cederanya sang bek andalan, Aymeric Laporte. Pria asal Prancis itu mengalami cedera ACL yang membuatnya terpaksa absen berbulan-bulan.

Alhasil, Manchester City kerap mendapatkan kesialan. Mereka seringkali melewatkan kemenangan yang, di atas kertas mampu mereka menangkan. Seandainya ada sosok Sergio Ramos di jantung pertahanan, mungkin nasib City tidak akan seperti sekarang.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Cap Bek 'Kotor' yang Sulit Lepas

Tidak bisa dimungkiri kalau Ramos punya pengaruh yang besar terhadap Real Madrid. Jika tidak demikian, sudah pasti namanya tersingkir dari starting XI atau bahkan dari skuat Los Merengues sejak bertahun-tahun lalu.

Namun kenyataanya tidak. Ia setia terhadap Real Madrid. Dan tidak cuma bertahan, Sergio Ramos juga memberikan kontribusi besar dalam bentuk trofi Liga Champions empat buah.

Aksi Sergio Ramos yang paling dikenang banyak penikmat sepak bola, terkhususnya fans Liverpool, terlihat di musim 2017/18 lalu. Saat itu Real Madrid dihadapkan dengan the Reds yang sedang tampil apik karena hanya menelan satu kekalahan di ajang Premier League.

Bek asal Spanyol itu melakukan sebuah pelanggaran yang menyebabkan penyerang Liverpool, Mohamed Salah, harus mengakhiri pertandingan lebih dulu. Ya, Ramos memaksa Salah undur diri karena mengalami cedera.

Kendati mengundang kontroversi besar-besaran, namun tidak bisa dimungkiri kalau Real Madrid harus berterima kasih atas jasanya. Sebab, daya serang Liverpool langsung menurun hingga Real Madrid pun bisa menang dengan skor 3-1.

2 dari 3 halaman

Statistik Berbicara

Aksi 'kotor' di lini belakang memang tidak sedap dipandang mata. Tapi kalau bicara soal kemenangan, segala cara pastinya akan dilakukan. Seperti yang dikatakan banyak orang, all is fair in love and war. Toh, Sergio Ramos bukan satu-satunya bek yang pernah melakukan aksi 'kotor' seperti itu.

Tapi Ramos tidak serta merta selalu berhubungan dengan momen tersebut. Ada banyak fakta yang bisa menunjukkan kalau dirinya pantas disebut sebagai bek terbaik di dunia. Statistik bakalan berbicara di sini.

Dari Whoscored, diketahui bahwa Sergio Ramos membuat rata-rata 1,5 kali tekel per laga di ajang La Liga sampai saat ini. Tidak sampai di situ, Ramos juga mencatatkan 1,3 kali intersep dan membuat 3,1 clearence per pertandingan.

Mari membandingkan angka-angka ini dengan perolehan bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk. Pria asal Belanda itu mencatatkan 0,8 tekel di ajang Premier League, lalu 1,1 intersep, dan 4,8 clearences per pertandingan.

Dilihat dari statistik ini, kita tidak bisa memungkiri kalau Sergio Ramos pantas disebut lebih baik dari Virgil van Dijk. Publik boleh mengatakan ini dengan berat hati karena Van Dijk nyaris jauh dari aksi 'kotor', setidaknya tidak 'sekotor' Sergio Ramos.

3 dari 3 halaman

Pembuktian Bek Terbaik di Dunia

Banyak orang yang sepakat kalau Sergio Ramos adalah salah satu bek terbaik di dunia saat ini. Bek Juventus, Giorgio Chiellini, pernah mengatakannya saat diwawancarai oleh El Mundo pada tahun 2018 lalu.

"Saya tidak akan pernah memiliki teknik atau daya ledak dari Sergio Ramos. Dia adalah bek terbaik di dunia dan tahu cara bermain yang patut diperhitungkan," ujar Chiellini saat itu.

SPORTbible juga pernah melakukan agenda voting untuk menentukan siapa bek terbaik di dunia pada tahun yang sama. Mereka mengumpulkan 16,767 suara di media sosial Twitter. Hasilnya, Sergio Ramos berada di posisi pertama dengan perolehan 34 persen suara.

Hasil yang diperoleh dari Real Madrid saat bertemu City nanti bisa bergantung pada baiknya performa Ramos. Bisa juga sebagai ajang pembuktian pantas atau tidaknya status bek terbaik di dunia, seperti yang Chiellini katakan, diberi kepada dirinya.

Seperti yang diketahui, Manchester City punya daya serang yang begitu kuat di diri Raheem Sterling, Sergio Aguero, Bernardo Silva, hingga Gabriel Jesus yang seringkali duduk di bangku cadangan.

Jika Sergio Ramos, bersama Raphael Varane, bisa menutup pergerakan mereka, mungkin saja Real Madrid meraih hasil yang dibutuhkan dari laga itu. Jika tidak, maka siap-siap saja mereka tersingkir lebih dini seperti di musim kemarin.

KOMENTAR