Pahlawan Kesuksesan Real Madrid Juara Liga Champions: Courtois, Benzema, Vinicius, Siapa Lagi?

Ari Prayoga | 29 Mei 2022, 09:25
Skuad Real Madrid mengangkat trofi Liga Champions 2021/22 di Stade de France, Minggu (29/5/2022) (c) AP Photo
Skuad Real Madrid mengangkat trofi Liga Champions 2021/22 di Stade de France, Minggu (29/5/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid sukses merengkuh trofi juara Liga Champions musim 2021/22 setelah mengalahkan Liverpool 1-0 di partai final, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.


Dalam pertandingan yang digelar di Stade de France, Paris ini, Real Madrid memang kalah dari Liverpool secara dominasi permainan sepanjang 2x45 menit. Namun, Los Blancos bermain jauh lebih efektif.

Real Madrid tercatat hanya mampu melepas empat tembakan, sangat jauh dibanding 24 tembakan milik Liverpool. Namun, Vinicius Junior sukses menuntaskan salah satu tembakan tersebut menjadi gol semata wayang dalam laga ini.

Real Madrid sangat layak menjadi juara Liga Champions musim ini. Pasukan Carlo Ancelotti tampil luar biasa sepanjang musim, terutama setelah memasuki fase knock-out.

Sejumlah nama layak dikedepankan menjadi pahlawan kesuksesan Real Madrid juara Liga Champions musim ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Thibaut Courtois

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois dengan trofi Liga Champions 2021/22 (c) AP Photo

Pahlawan pertama Real Madrid tentu saja adalah Thibaut Courtois. Kiper asal Belgia itu tampil fantastis sepanjang musim dengan melakukan total 59 penyelamatan. Angka ini adalah yang terbanyak sejak data statistik ini dicatat pada musim 2003/04 silam.

Penampilan Courtois semakin luar biasa ketika kompetisi memasuki fase knock-out. Kiper 30 tahun itu tercatat melakukan sedikitnya delapan penyelamatan dalam tiga laga fase knock-out di Liga Champions musim ini.

Tiga laga di mana Courtois bermain fantastis yang dimaksud adalah 8 penyelamatan versus PSG di 16 besar, 8 penyelamatan melawan Manchester City di semifinal, dan 9 penyelamatan lawan Liverpool di final.

2 dari 7 halaman

Karim Benzema

Karim Benzema saat Real Madrid menjadi juara Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Karim Benzema tercatat menciptakan 15 gol dan berperan penting membawa Real Madrid berjaya di Liga Champions musim ini, khususnya di fase knock-out.

Benzema tercatat mencetak total 10 gol dalam tujuh laga di fase knock-out, termasuk dua kali hat-trick melawan PSG dan Chelsea.

3 dari 7 halaman

Vinicius Junior

Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Vinicius Junior (c) AP Photo

Vinicius Junior menjadi pahlawan kemenangan Real Madrid di di partai final dengan mencetak gol semata wayang ke gawang Liverpool. Gol ini melengkapi penampilan luar biasa Vinicius sepanjang musim ini.

Secara keseluruhan, Vinicius tercatat menyumbang empat gol dan enam assist dalam 13 pertandingan Liga Champions yang ia mainka musim ini.

4 dari 7 halaman

Rodrygo

Ekspresi Rodrygo usai membobol gawang Manchester City, Kamis (5/5/2022) (c) AP Photo

Rodrygo hanya diberi kesempatan bermain sejak akhir babak kedua di partai final. Hal ini juga menggambarkan musim Rodrygo yang tercatat tujuh kali turun sebagai pemain pengganti dalam 11 laga yang ia lakoni di Liga Champions musim ini.

Meski demikian, kontribusi Rodrygo terbilang luar biasa. Penyerang sayap asal Brasil itu tercatat menciptakan lima gol dan dua assist, termasuk dua gol beruntunnya di leg kedua semifinal versus Manchester City.

5 dari 7 halaman

Luka Modric

Trio Toni Kroos, Casemiro, dan Luka Modric saat Real Madrid menjadi juara Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Terlepas dari usianya yang sudah tidak muda lagi, Luka Modric tetap menjadi pilar andalan Real Madrid di lini tengah, termasuk di Liga Champions musim in.

Modric tercatat menciptakan empat assist dan tampil luar biasa dalam partai 16 besar versus PSG dan perempat final kontra Chelsea.

6 dari 7 halaman

Casemiro

Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Casemiro diapit Sadio Mane dan Thiago (c) AP Photo

Kesuksesan Real Madrid menjuarai Liga Champions musim ini juga tak lepas dari penampilan konsisten yang ditunjukkan Casemiro sebagai gelandang bertahan.

Casemiro berperan penting merusak skema serangan yang dibangun lawan. Tak cuma itu, ia juga menjadi sosok yang kerap mengawali serangan balik berbahaya yang dilancarkan Real Madrid.

7 dari 7 halaman

Eder Militao

Eder Militao coba meredam Kylian Mbappe pada duel PSG vs Real Madrid di leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Satu lagi pemain yang tampil konsisten sepanjang Liga Champions musim ini adalah Eder Militao. Kontribusinya di lini belakang sungguh luar biasa.

Meski pertahanan Real Madrid juga seringkali terbongkar, akan tetapi Militao mampu tampil kokoh untuk mematikan pergerakan para penyerang lawan, termasuk di laga final versus Liverpool.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR