BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Nominasi UEFA Men's of The Year 2020/21: Tiga Besar Dihuni Gelandang

20-08-2021 00:27 | Yaumil Azis

Gelandang Timnas Italia Jorginho. (c) AP Photo
Gelandang Timnas Italia Jorginho. (c) AP Photo

Bola.net - UEFA mengumumkan nominasi pemenang UEFA Men's of the Year untuk periode 2020/21 pada Kamis (19/8/2021) kemarin. Untuk pertama kalinya, semua posisi pada tiga besar dihuni oleh pemain yang berposisi sebagai gelandang.

Pemenang akan ditentukan dari penghuni tiga besar ini. Pengumumannya sendiri dilakukan pada momen di mana undian fase grup Liga Champions dilakukan, yakni pada hari Kamis (26/8/2021) pekan depan.

Proses seleksi berlangsung cukup ketat. UEFA menunjuk banyak juri yang terdiri atas 24 pelatih dari tim yang terlibat dalam ajang Euro 2020, 80 pelatih klub yang mengikuti fase grup Liga Champions 2020/21 (32) dan Liga Europa (48).

UEFA juga memilih 55 jurnalis sebagai juri dalam penghargaan ini. Setiap juri diberikan kebebasan untuk memilih tiga nama, di mana penghuni posisi pertama menerima lima poin, kedua menerima tiga poin, dan yang ketiga satu poin. Pelatih tidak diperkenankan memilih pemain dari timnya sendiri.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Tiga Besar

Setelah melalui proses penghitungan suara, terpilihlah tiga nama yang akan bersaing memperebutkan penghargaan UEFA Men's Player of the Year. Mereka adalah Kevin de Bruyne, Jorginho, dan N'Golo Kante.

De Bruyne masuk dalam tiga besar karena berhasil membawa Manchester City juara Premier League musim lalu. Ia juga punya kontribusi besar dalam kesuksesan the Citizens melaju hingga ke babak final Liga Champions.

Sementara itu, prestasi Jorginho masih lebih baik. Bukan cuma membantu Chelsea mengalahkan Manchester City di final Liga Champions, ia juga membawa Timnas Italia keluar sebagai juara dalam ajang Euro 2020 kemarin.

N'Golo Kante merupakan rekan Jorginho di lini tengah Chelsea. Ia tampil cemerlang dalam dua leg babak semifinal saat the Blues bertemu Real Madrid serta laga final hingga menerima penghargaan Player of the Match di setiap pertandingannya.

2 dari 2 halaman

Sisa 10 Besar

4. Lionel Messi (Barcelona - sekarang PSG - & Argentina) - 148 poin

5. Robert Lewandowski (Bayern Munchen & Polandia) - 140 poin

6. Gianluigi Donarumma (AC Milan - sekarang PSG - & Italia) - 49 poin

7. Kylian Mbappe (PSG & Prancis) - 31 poin

8. Raheem Sterling (Manchester City & Inggris) - 18 poin

9. Cristiano Ronaldo (Juventus & Portugal) - 16 poin

10. Erling Braut Haaland (Borussia Dortmund & Norwegia) - 15 poin

(UEFA.com)

KOMENTAR