Murka Antonio Conte Terhadap Keputusan VAR yang Rugikan Tottenham

Abdi Rafi Akmal | 27 Oktober 2022, 06:19
Murka Antonio Conte Terhadap Keputusan VAR yang Rugikan Tottenham
Manajer Tottenham, Antonio Conte mendapatkan kartu merah dari wasit utama Danny Makkiele saat melawan Sporting Lisbon pada pekan ke-5 Grup D Liga Champions, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Tottenham Antonio Conte mendapatkan kartu merah saat laga melawan Sporting Lisbon pada pekan ke-5 Grup D Liga Champions 2022/2023, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB. Kartu merah tersebut dikeluarkan di menit ke-90+5.

Kejadiannya bermula saat Harry Kane mencetak gol di menit ke-90+4. Gol tersebut seharusnya memastikan Tottenham menang di kandang sendiri dan akan memastikan diri lanjut ke babak gugur.

Tak lama setelah Kane dan para pemain Tottenham lain selebrasi bersama Conte, wasit utama Danny Makkelie mendapatkan informasi adanya pengecekan VAR terlebih dahulu. Setelah menunggu beberapa saat, VAR memutuskan gol tersebut tidak sah karena Kane sudah offside.

Laga tersebut akhirnya berkesudahan dengan skor 1-1. Kesempatan Tottenham untuk melaju ke babak gugur jadi harus ditunda sampai pertandingan terakhir.

Conte murka dengan keputusan tersebut. Ia melayangkan protes keras terhadap wasit dan kinerja VAR yang dinilainya telah memberi banyak kerusakan di dalam pertandingan. Sampai kemudian, Makkelie memberikan Conte hadiah berupa kartu merah.

1 dari 4 halaman

Penasaran dengan Cara Kerja VAR

Dalam tayangan ulang terlihat garis offside Kane, begitu tipis. Hanya batok lututnya yang melebihi garis saat Emerson Royal menyundul bola umpan silang yang dikirimkan dari sisi sebelah kiri.

“Tentang akhir pertandingan, saya pikir bolanya sudah berada di depan Kane [onside] dan gol itu harusnya diberikan. Saya jadi tidak mengerti cara kerja VAR, terutama soal cara mereka meletakkan garis tersebut,” katanya kepada BT Sport.

“Saya rasa agak sulit untuk mengomentari keputusan tersebut, khususnya keputusan dari VAR. Saya rasa VAR memberikan banyak kerusakan di pertandingan,” sambungnya.

2 dari 4 halaman

Tak Adil

Gelandang Tottenham, Rodrigo Bentancur mencetak gol ke gawang Sporting Lisbon pada pekan ke-5 Grup D Liga Champions 2022/2023, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Gelandang Tottenham, Rodrigo Bentancur mencetak gol ke gawang Sporting Lisbon pada pekan ke-5 Grup D Liga Champions 2022/2023, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Conte merasa keputusan semacam itu tak adil bagi timnya. Sebab menurutnya, jika kejadian serupa terjadi di pertandingan yang lebih besar, pengecekan VAR tidak akan ada, sehingga membiarkan gol tersebut terjadi.

“Saya ingin lihat jika di stadion lain dengan tim besar yang bermain, apakah mereka siap untuk menganulir gol tersebut? Saya benar-benar ingin tahu,’ kata dia.

“Saya melihat ada banyak ketidakadilan. Saya tidak suka situasi seperti ini. Saya tidak melihat hal yang positif,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Soal Kartu Merah

Antonio Conte pada laga Tottenham vs Newcastle di pekan ke-13 Premier League 2022/2023 (c) AP Photo

Antonio Conte pada laga Tottenham vs Newcastle di pekan ke-13 Premier League 2022/2023 (c) AP Photo

Begitu wasit utama memutuskan untuk menganulir gol tersebut, para pemain langsung menghampiri wasit. Conte jadi salah satu orang yang masuk tersebut.

Tindakan Conte membuat Makkelie terpaksa melayangkan kartu merah kepadanya karena manajer seharusnya tidak boleh memasuki lapangan ketika laga belum berakhir.

“Semua orang langsung masuk ke lapangan begitu wasit membuat keputusan dengan menganulir gol tersebut. Dia lalu datang kepada saya untuk memberikan karut merah. Saya rasa itu karena saya orang paling populer yang masuk ke lapangan,” ucapnya sambil berkelakar.

Sumber: BT Sport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR