BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Milan vs Barcelona 2006, Assist Brilian Ronaldinho dan Laga Terakhir Trio Diavolo

29-04-2020 15:58 | Gia Yuda Pradana

Rui Costa di AC Milan (c) AFP Rui Costa di AC Milan (c) AFP

Bola.net - Semifinal Liga Champions musim 2005/06 berakhir pahit bagi AC Milan. Langkah mereka dikandaskan Barcelona yang dimotori Ronaldinho.

Momen pahit dari 14 tahun lalu itu bukan sesuatu yang ingin dikenang oleh para pendukung Milan.

Pasalnya, selain Milan gagal ke final, ada satu hal menyesakkan lainnya. Duel tersebut juga menandai penampilan terakhir trio striker Andriy Shevchenko, gelandang Rui Costa, dan bek Jaap Stam bersama Il Diavolo di kompetisi ini.

1 dari 3 halaman

Camp Nou, 26 April 2006

Camp Nou (c) AFP Camp Nou (c) AFP

Sebelumnya, Milan menyingkirkan Bayern Munchen di babak 16 besar, dan Lyon di perempat final. Sementara itu, Barcelona melewati hadangan Chelsea dan Benfica.

Mereka pun bertemu di semifinal. Partai lainnya mempertemukan Arsenal dan Villarreal.

Pada leg pertama di San Siro, 18 April 2006, Milan takluk 0-1. Pasukan Carlo Ancelotti dipaksa menyerah oleh tim besutan Frank Rijkaard lewat gol tunggal Ludovic Giuly.

Ganti bertandang ke Camp Nou pada 26 April 2006, Milan tak mampu membalikkan keadaan. Laga berkesudahan imbang 0-0, dan mereka tersingkir dari kejuaraan.

2 dari 3 halaman

Penampilan Terakhir

Ancelotti memasang Shevchenko dan Stam dari menit awal, sedangkan Rui Costa baru masuk menggantikan Gennaro Gattuso di menit 68.

Hasil akhirnya tak sesuai harapan Milan. Laga di Camp Nou itu pun menjadi penampilan terakhir Shevchenko, Rui Costa, dan Stam dengan seragam Milan di kompetisi ini.

3 dari 3 halaman

Assist Ronaldinho Itu

Tersingkirnya Milan tak lepas dari kekalahan mereka di San Siro. Itu pun gara-gara mereka tak sanggup membelenggu Ronaldinho.

Dari assist brilian Ronaldinho lah, Giuly bisa mencetak gol penentu kemenangan Barcelona.

Barcelona lolos ke final. Mereka lantas keluar sebagai juara dengan kemenangan 2-1 atas Arsenal.

KOMENTAR