BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Messi No, Ronaldo Yes, Ini Best XI 2020 Versi L'Equipe

05-01-2021 19:57 | Dimas Ardi Prasetya

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (c) AP Photo Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Media asal Prancis, L'Equipe baru saja mengumumkan Best XI edisi tahun 2020 pilihan mereka, namun di dalamnya tak ada Lionel Messi.

L'Equipe adalah media yang sangat kredibel. Mereka adalah penyelenggara penghargann individual yang sangat bergengsi, Ballon d'Or.

Dalam kesebelasan terbaiknya untuk tahun ini, mereka cuma memilih satu pemain saja dari La Liga. Pemain tersebut adalah bek Real Madrid, Sergio Ramos.

Superstar Barcelona, Messi, tak masuk dalam skuat tersebut. Hal tersebut bisa dimaklumi karena sinar La Pulga sedikit meredup pada sepanjang tahun 2020 kemarin. Ia bahkan tak bisa mengantarkan timnya meraih gelar juara.

Sebaliknya, rival Messi yakni Cristiano Ronaldo masuk dalam skuat ini. CR7 sendiri musim lalu masih bisa mengantarkan Juventus meraih Scudetto.

Skuat kali ini didominasi oleh pemain dari Bayern Munchen. Hal ini tentu tak mengejutkan karena klub Bavaria itu tampil gacor dengan meraih treble.

1 dari 3 halaman

Pilihan di Sektor Kiper dan Bek

Di sektor kiper, posisi ini ditempati oleh Manuel Neuer. Ia kembali ke performa terbaiknya bersama Bayern di sepanjang tahun 2020.

Di lini, Liverpool mengirimkan dua wakilnya. Mereka adalah Virgil van Dijk dan Trent Alexander-Arnold.

Lalu di pos bek kiri, ada nama bek Bayern, Alphonso Davies. Dan seperti disebut sebelumnya, Sergio Ramos juga terpilih masuk skuat ini.

Terkait pemilihan kapten Real Madrid itu, L'Equipe menyoroti 10 gol yang dicetak oleh Ramos di liga pada tahun lalu. "Ia adalah pencetak gol terbanyak di antara para bek dari lima liga teratas [di Eropa]."

2 dari 3 halaman

Pilihan di Lini Tengah

Di lini ini, L'Equipe memilih empat pemain juga. Dua di antaranya berasal dari Bayern Munchen; Thiago Alcantara dan Joshua Kimmich. Namun Thiago kini sudah pindah ke Liverpool.

Mereka berdua mengisi pos gelandang tengah. Di sektor kanan, ada nama bintang Manchester City, Kevin De Bruyne. Ia jadi satu-satunya wakil The Citizen di tim ini.

Lalu di kiri, ada nama Neymar. Pemain asal Brasil itu satu-satunya wakil PSG dan juga Ligue 1.

3 dari 3 halaman

Duo Penyerang

Di lini serang L'Equipe memakai dua penyerang. Ada nama superstar Juventus yakni Cristiano Ronaldo.

Ia merupakan wakil tunggal Juventus dan Serie A. Kemudian yang menjadi tandemnya adalah bomber Bayern Munchen, Robert Lewandowski.

Pemilihan Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski ini memang wajar. Keduanya masuk dua besar pencetak gol terbanyak di sepanjang tahun 2020. Ronaldo mengemas 44 gol sementara Lewandowski 47 gol.

(l'Equipe)

KOMENTAR