BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Menurut Statistik, Messi Bisa Jadi Pemenang Ballon d'Or dan Ronaldo Tak Masuk 3 Besar

23-07-2020 09:26 | Aga Deta

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bola.net - Majalah France Football secara resmi mengumumkan bahwa penghargaan Ballon d'Or tahun 2020 ditiadakan. Pembatalan itu diakibatkan pandemi virus corona yang masih belum mereda.

France Football, organisasi media yang memberikan penghargaan tersebut, mengumumkan pembatalan pada Senin (20/7/2020) malam WIB.

Alasan pembatalan penghargaan Ballon d'Or itu ialah ketidakseimbangan kompetisi. Ada beberapa kompetisi di Eropa yang tidak tuntas akibat pandemi virus corona.

“Tidak akan ada edisi pada tahun 2020 karena setelah pertimbangan matang, semua persyaratan tidak terpenuhi," kata Farre, dikutip dari The Sun.

Pembatalan Ballon d'Or 2020 itu menjadi kabar buruk bagi bintang Barcelona, Lionel Messi. Dia melaju di jalur yang benar merebut gelar bergengsi itu untuk kali ketujuh, atau menjauhi Cristiano Ronaldo yang mengoleksi lima gelar.

Berdasarkan rating pertandingan dari WhoScored, Messi berada di puncak urutan pemain dengan performa terbaik di lima laga terbesar Eopopa. Adapun Ronaldo bahkan tak masuk urutan tiga besar.

Berikut ini urutan rating performa pemain dari lima liga besar Eropa dari WhoScored, seperti dilansir The Sun.

1 dari 7 halaman

1. Lionel Messi (8,71)

Lionel Messi memimpin dalam kategori jumlah gol dan assist di La Liga musim ini. Di atas itu, ia memecahkan rekor Xavi dalam jumlah assist dalam satu musim.

Bintang asal Argentina itu juga menjadi pemain pertama dalam sejarah La Liga yang mencetak minimal 20 gol dan 20 assist dalam satu musim.

Jadi, tidak mengherankan jika Messi menempati urutan pertama dalam perburuan Ballon d'Or 2020, yang sayangnya dibatalkan.

2 dari 7 halaman

2. Kylian Mbappe (8,14)

Pada Liga 1 2020 yang berlangsung lebih singkat karena pandemi virus corona, Mbappe sekali lagi tampil mengesankan. Pemain Prancis itu mencetak 25 gol hanya dalam 20 pertandingan Ligue 1 musim ini.

Mbappe sebelumnya santer dikaitkan dengan kepindahan ke Real Madrid sebelum pandemi corona melanda. Namun, ia tampaknya akan tetap bertahan di PSG.

3 dari 7 halaman

3. Robert Lewandowski (8,13)

Bintang Bayern Munchen, Robert Lewandowski, merupakan salah favorit juara untuk Ballon d'Or 2020. Alasannya, dia menikmati musim yang gemilang bersama Bayern Munchen di Bundesliga musim ini.

Dia kembali menggenggam trofi Bundesliga, dengan menyumbangkan 34 gol hanya dalam 31 laga musim ini.

Lewandowski tak pernah memenangi Ballon d'Or. Sayangnya, mungkin ia akan sulit mendapat kans lebih bagus dibanding saat ini.

4 dari 7 halaman

4. Cristiano Ronaldo (7,91)

Meskipun sudah memenangi lima trofi Ballon d'Or, Ronaldo masih tertinggal satu trofi dibandingkan Lionel Messi. Namun, berdasarkan rating, dia hanya berada di posisi keempat.

Ronaldo tercatat menciptakan 30 gol dalam 30 pertandingan Serie A bersama Juventus, yang tinggal menunggu waktu untuk merengkuh scudetto.

Musim ini, Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak minimal 30 gol dalam satu musim di tiga dari lima liga besar di Eropa. Dia juga mengukir catatan gol impresif itu bersama Manchester United (Premier League) dan Real Madrid (La Liga).

5 dari 7 halaman

5. Kevin De Bruyne (7,88)

Meskipun Manchester City gagal menjuarai Premier League, De Bruyne tetap gemilang seperti biasanya. Pemain asal Belgia itu berada di jalur yang benar untuk memecahkan rekor assist di Premier League. Dia hanya terpaut satu assist dari Thierry Henry yang membukukan 20 assist bersama Arsenal.

De Bruyne masih punya tugas berat, karena harus menjalani leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Real Madrid.

6 dari 7 halaman

6. Angel Di Maria (7,75)

Dengan torehan 14 assist musim ini, Angel Di Maria membuktikan dirinya masih mampu bersaing di level elite sepak bola dunia.

Dengan rating rata-rata 7,75 per pertandingan, maka bukan hal aneh bagi pemain PSG itu dilibatkan dalam pembahasan Ballon d'Or tahun ini.

7 dari 7 halaman

7. Dimitri Payet (7,73)

Meskipun sudah berusia 33 tahun, Payer masih bertaji bersaing di kancah sepak bola Eropa. Pemain Marseille itu menyumbangkan sembilan gol dan empat assist hanya dalam 22 laga Ligue 1 musim ini.

Sumber: The Sun

Disadur dari: Bola.com/Penulis Yus Mei Sawitri

Published: 23 Juli 2020

KOMENTAR