BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengingat Selebrasi 'Sukhasana' Milik Erling Haaland, Apa Sih Maknanya?

10-04-2020 03:37 | Yaumil Azis

Pemain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland (c) AP Photo Pemain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland (c) AP Photo

Bola.net - Beberapa waktu lalu, Erling Braut Haaland sempat menarik perhatian publik dengan selebrasinya yang khas. Ia menirut pose 'sukhasana' yang kerap terlihat dalam olahraga yoga.

Tentu saja, Haaland tidak menarik perhatian publik hanya dengan selebrasinya saja. Pemain asal Norwegia tersebut juga membuat penikmat sepakbola terpukau dengan ketajamannya dalam urusan mencetak gol.

Haaland meledak saat memperkuat RB Salzburg. Bagaimana tida, penyerang berumur 19 tahun tersebut membukukan total 28 gol dari 22 pertandingan di semua kompetisi bersama Salzburg.

Publik mengira kalau Haaland hanya mampu bersinar di pentas yang jarang diperhatikan oleh banyak orang. Tapi nyatanya tidak. Saat naik kelas ke Bundesliga, Haaland berhasil mencetak sembilan gol dari delapan laga saja.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Sempat Memicu Kontroversi

Karena performanya itu, Haaland pun secara otomatis jadi andalan Dortmund di lini depan kala berhadapan dengan PSG dalam duel babak 16 besar Liga Champions. Haaland berhasil mencetak dua gol di leg pertama.

Kedua gol tersebut membuat Dortmund keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1. Dan pada laga itu, ia mempopulerkan selebrasi bergaya 'sukhasana' itu.

Sebelum leg kedua, Haaland membuat kontroversi. Gambar dirinya sedang berfoto di ruang ganti dengan tulisan 'Paris, kota saya, bukan anda' berseliweran di media sosial dan membuat pemain PSG berang.

PSG pun berhasil keluar sebagai pemenang di pertemuan kedua dan dinyatakan lolos ke babak perempa final. Dan momen itu digunakan oleh Neymar dkk untuk mengejek pose 'sukhasana' milik Haaland.

Sontak pemain PSG menjadi target kritikan dari berbagai kalangan penikmat sepak bola. Terlebih setelah gambar yang memicu kontroversi itu terbukti palsu dan sudah melewati proses edit oleh tangan yang tak bertanggungjawab.

2 dari 2 halaman

Mengapa Haaland Melakukan Selebrasi Itu?

Namun ada satu hal yang membuat publik bertanya-tanya: Apa sih maksud dari selebrasi Haaland dan mengapa ia melakukannya?

Halaand pun menjelaskan alasannya menggunakan pose tersebut saat bertemu Esporte Interativo belum lama ini. Jadi, selebrasi itu dilakukan atas kesukaan Halaand melakukan meditasi.

"Saya sangat menikmati meditasi. Itu terasa menenangkan dan membuat saya mendapatkan ketenangan," ujar Haaland, anak dari Alf Inge Haaland yang pernah berseteru hebat dengan legenda Manchester United, Roy Keane.

Tentu saja, Halaand bukan satu-satunya pemain yang pernah melakukan pose tersebut. Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, juga sempat menggunakannya namun dengan versi 'pohon manusia'.

(Goal International)

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland