Mengapa Wasit Anulir Gol Karim Benzema?

Asad Arifin | 29 Mei 2022, 03:50
Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Karim Benzema menembak ke gawang Alisson Becker (c) AP Photo
Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Karim Benzema menembak ke gawang Alisson Becker (c) AP Photo

Bola.net - Final Liga Champions 2021/2022 antara Liverpool vs Real Madrid berjalan cukup seru. Salah satu momen unik terjadi pada babak pertama, ketika gol yang dicetak Karim Benzema dianulir karena offside.


Final Liga Champions 2021/2022 dimainkan di Stade de France, Minggu 29 Mei 2022. Laga ini harusnya dimulai pada pukul 02.00 dini hari WIB. Tapi, karena beberapa situasi buruk di luar stadion, laga ditunda hingga 36 menit.

Terlepas dari situasi buruk yang terjadi, laga berjalan cukup seru. Liverpool punya banyak peluang berbahaya. Salah satunya dari sepakan Sadio Mane yang mengenai tiang gawang usai ditepis Courtois.

Madrid tidak punya banyak peluang. Tapi, pada akhir-akhir babak pertama, Madrid mampu mencetak gol dari Karim Benzema. Tapi, gol tersebut dianulir oleh wasit usai mengkonfirmasi lewat VAR. Apa yang terjadi? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Offside atau Tidak?

Situasi dimulai ketika Luka Modric melepas umpan brilian pada Benzema ke kotak penalti Liverpool. Benzema melakukan kontrol dan mampu membuat Alisson kelimpungan. Tapi, Benzema kehilangan momen untuk menendang bola.

Lalu, terjadi kemelut di depan gawang. Fede Valverde coba merebut bola. Terjadi pantulan dengan Konate dan Fabinho. Bola mengarah ke Benzema dan diceploskan ke gawang.

Asisten wasit mengangkat bendera offside. Jika melihat posisi Benzema saat menerima bola, dia memang offside karena ada di belakang Van Dijk sebagai orang kedua terakhir di depan gawang Liverpool.

Tapi, yang jadi perdebatan, bola memantul dari pemain Liverpool. Fabinho adalah orang terakhir yang menyentuh bola, bukan Falverde. Fabinho dinilai tidak sengaja menyentuh bola dan Benzema dinyatakan dalam posisi offside.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Seorang pemain dalam posisi offside pada saat bola dimainkan atau disentuh oleh rekan setimnya hanya dihukum karena terlibat dalam permainan aktif.... Memperoleh keuntungan dengan memainkan bola atau mengganggu lawan bila memiliki:

  • Memantul atau dibelokkan dari tiang gawang, mistar gawang, ofisial pertandingan, atau lawan.
2 dari 2 halaman

Karim Benzema Offside

Final Liga Champions 2022, Liverpool vs Real Madrid (c) AP Photo

Peter Walton, mantan wasit FIFA, memberi keterangan lebih lanjut soal keputusan Clement Turpin yang menganulir gol Benzema. Menurutnya, keputusan yang diambil sudah tepat. Benzema dalam posisi offside:

"Itu mudah. Benzema berada dalam posisi offside. Pelanggaran dilakukan jika bola sengaja dimainkan kembali kepadanya," kata BT Sport.

"Fabinho, bola membelok darinya, dia tidak dengan sengaja memainkan bola kepadanya. Itu hanya dianggap onside jika pemain Liverpool secara sengaja memainkannya," tambah BT Sport.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR