BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Memori Indah Guardiola dari Final Liga Champions Terakhirnya Bersama Barcelona

29-05-2021 09:39 | Gia Yuda Pradana

Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo
Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City dan Chelsea akan bertarung di Estadio do Dragao dalam partai final Liga Champions 2020/21, Minggu (30/5/2021). Manajer Manchester City, Josep Guardiola, bicara tentang final terakhirnya bersama Barcelona pada tahun 2011 silam.

Ini adalah final Liga Champions pertama bagi Manchester City. Namun, tidak demikian halnya dengan Guardiola.

Guardiola sudah pernah dua kali menjuarai Liga Champions sebagai pelatih, yakni bersama Barcelona. Dia melakukannya pada musim 2008/09 dan 2010/11.

1 dari 2 halaman

Barcelona 3-1 Manchester United

Lionel Messi (c) Bola.net
Lionel Messi (c) Bola.net

Final Liga Champions 2011 mempertemukan Barcelona besutan Guardiola dengan Manchester United racikan Sir Alex Ferguson. Final itu digelar di Wembley. Barcelona menang 3-1 lewat gol-gol Pedro, Lionel Messi, dan David Villa. Satu gol Manchester United dicetak oleh Wayne Roonney.

Seperti dilansir UEFA.com, Guardiola mengatakan: "Tentu saja kami memiliki memori indah dari final itu."

"Itu sudah sepuluh tahun lalu. Itu sudah sangat lama."

"Di final itu, kami benar-benar menunjukkan hasil kerja kami selama empat tahun di Barcelona," imbuh manajer Manchester City tersebut.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta Final Liga Champions Manchester City vs Chelsea

Josep Guardiola - Thomas Tuchel (c) AP Photo
Josep Guardiola - Thomas Tuchel (c) AP Photo

Road to final Manchester City: Juara Grup C (M5 S1 K0, gol 13-1), agregat 4-0 vs Borussia Monchengladbach, 4-2 vs Borussia Dortmund, 4-1 vs PSG.

Road to final Chelsea: Juara Grup E (M4 S2 K0, gol 14-2), agregat 3-0 vs Atletico Madrid, 2-1 vs Porto, 3-1 Real Madrid.

Manchester City dan Chelsea sudah bertemu tiga kali di kompetisi domestik musim ini. Manchester City menang sekali, dan Chelsea menang dua kali.

Pada pekan ke-17 Premier League musim ini, Manchester City menang 3-1 di kandang Chelsea. Pasukan Josep Guardiola menang lewat gol-gol Ilkay Gundogan, Phil Foden, dan Kevin De Bruyne. Waktu itu, Chelsea masih ditangani Frank Lampard.

Setelah itu, mereka bertemu di semifinal FA Cup. Kali ini, Chelsea sudah ganti dilatih oleh Thomas Tuchel. Main di Wembley, Chelsea menang 1-0 lewat gol tunggal Hakim Ziyech.

Terakhir, Manchester City menjamu Chelsea pada pekan ke-35 Premier League. Tuchel lagi-lagi mengalahkan Guardiola. Chelsea besutannya menang 2-1. Sempat tertinggal oleh gol Raheem Sterling, Chelsea membalikkan keadaan lewat gol-gol Hakim Ziyech dan Marcos Alonso.

Sumber: UEFA.com

KOMENTAR