BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester City vs Marseille: Catatan Guardiola Lebih Mentereng Ketimbang Villas-Boas

08-12-2020 18:41 | Serafin Unus Pasi

Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City akan menghadapi Marseille pada laga pamungkas mereka di Grup C Liga Champions musim 2020/2021. Pertandingan ini bakal dihelat di Etihad Stadium, Kamis (10/12) dini hari WIB.

Pertemuan ini tak hanya akan menjadi ajang pertarungan para pemain kedua tim. Palagan ini sekaligus bakal menjadi ajang adu taktik dan strategi bagi pelatih kedua tim, Pep Guardiola di Manchester City dan Andre Villas-Boas.

Dua pelatih muda ini kerap disebut sebagai sosok pelatih-pelatih avant garde. Mereka tak ragu bereksperimen dan melahirkan taktik permainan yang mengharu biru kancah sepak bola dunia.

Sepanjang karier mereka, Guardiola dan Villas-Boas juga memiliki rekam jejak yang mentereng. Bagaimana perbandingan rekam jejak kedua pelatih tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Pengalaman Guardiola Lebih Banyak

Guardiola memasuki dunia kepelatihan pada tahun 2007 lalu. Sejauh ini, ia sudah 658 kali memimpin anak asuhnya dalam pertandingan.

Sementara itu, Villas-Boas memang sudah masuk ke staf kepelatihan British Virgin Island mulai tahun 2000. Namun, waktu itu, ia hanya menjabat sebagai direktur teknik. Setelahnya, pria asal Portugal tersebut menjadi pemandu bakat bagi FC Porto, Chelsea, dan Inter Milan.

Villas-Boas baru menangani langsung tim pada musim 2009/2010. Tim pertama yang ditanganinya adalah Coimbra.

Sejauh ini, Villas-Boas telah 409 kali memimpin anak asuhnya dalam pertandingan.

2 dari 3 halaman

Raihan Guardiola Lebih Ciamik

Sepanjang karier mereka, kedua pelatih memiliki rataan poin per pertandingan yang tergolong tinggi. Namun, sekali lagi, dalam urusan ini, Guardiola lebih baik ketimbang Villas-Boas.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Guardiola memiliki rataan poin per pertandingan sebesar 2,36. Di Manchester City, rataan poin per pertandingan pria 49 tahun tersebut 2,32.

Sementara, meski lebih rendah, rataan raihan poin per pertandingan Villas-Boas tak terpaut jauh. Pelatih berusia 43 tahun tersebut memiliki rataan poin per pertandingan sebesar 2,01. Sementara, bersama Marseille, rataan poin per pertandingannya adalah 1,88.

3 dari 3 halaman

Trofi Guardiola Lebih Melimpah

Tak hanya unggul soal pengalaman dan rataan poin per pertandingan, Guardiola pun unggul soal raihan trofi. Sejauh ini, pelatih asal Spanyol tersebut sudah mengoleksi 31 trofi, termasuk trofi juara La Liga, juara Bundesliga, juara Premier League, dan juara Liga Champions.

Sementara, sejauh ini, Villas-Boas 'baru' mengumpulkan tujuh piala di lemari trofinya. Di antara Piala tersebut ada Piala Liga Europa, yang diraihnya bersama FC Porto.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR