BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester City 2-0 PSG: Pertahanan, Kunci Sukses The Citizen

05-05-2021 13:21 | Gia Yuda Pradana

Manchester City lolos ke final Liga Champions 2020/2021 (c) AP Photo Manchester City lolos ke final Liga Champions 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City sukses meraih satu tiket ke final Liga Champions 2020/2021. The Citizen sukses melewati adangan PSG di babak semifinal. Dari dua leg pertemuan mereka, City menang agregat 4-1.

Lolosnya City ke final dipastikan dalam laga leg kedua mereka yang dihelat di Etihad Stadium Manchester, Rabu (05/05) dini hari WIB. Pada laga tersebut, City meraih kemenangan dua gol tanpa balas melalui gol-gol Riyad Mahrez.

Pada laga ini, City sukses membenahi kekurangan-kekurangan mereka pada pertemuan leg pertama lalu. Pembenahan-pembenahan, terutama di sektor pertahanan, menjadi kunci skuad besutan Pep Guardiola ini untuk memupus asa PSG.

Apa saja kunci sukses The Citizen pada laga kontra PSG? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Benteng Kukuh The Citizen

Ruben Dias menerima penghargaan pemain terbaik dalam laga Manchester City vs PSG (c) UEFA Ruben Dias menerima penghargaan pemain terbaik dalam laga Manchester City vs PSG (c) UEFA

Kunci utama di balik sukses City pada laga ini tak lain adalah kukuhnya lini pertahanan mereka. Kokohnya benteng pertahanan yang dipandegai oleh John Stones dan kawan-kawan ini sukses membuat gelombang serangan PSG tak menemui hasil.

Pada laga ini, PSG memiliki 14 kesempatan melepas tembakan ke gawang City. Namun, dari 14 kesempatan ini, tak ada satu pun yang mengarah ke gawang Ederson.

Sembilan dari peluang ini diblok para penggawa City. Sementara, lima peluang sisanya melenceng dari sasaran.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas Peluang

Riyad Mahrez ketika membobol gawang PSG untuk kedua kalinya di leg II semifinal Liga Champions, Rabu (5/5/2021) dini hari. (c) AP Photo Riyad Mahrez ketika membobol gawang PSG untuk kedua kalinya di leg II semifinal Liga Champions, Rabu (5/5/2021) dini hari. (c) AP Photo

Bukan hanya pertahanan, pada laga ini, City sukses meningkatkan efektivitas permainan. Hal ini berlawanan dengan penampilan mereka pada leg pertama lalu.

Pada leg kedua ini, City kalah soal penguasaan bola dan banyaknya peluang yang dimiliki. Namun, soal kualitas peluang, Kevin de Bruyne dan kawan-kawan menang mutlak.

Laman infogol mencatat, pada laga ini, City memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1,41. Sementara, PSG memiliki nilai xG sebesar 0,86.

Peluang paling berharga PSG dimiliki oleh Marquinhos pada menit ke-16. Nilai xG peluang tersebut sebesar 0,15. Namun, peluang tersebut gagal menjadi gol karena bola hanya membentur tiang gawang.

Sementara itu, peluang paling berharga City dimiliki oleh Riyad Mahrez pada menit ke-63. Berbeda dengan Marquinhos, Mahrez sukses mengkonversi kesempatan tersebut menjadi gol kedua bagi timnya pada laga ini.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR