BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester City 0 vs 1 Chelsea: Pedang The Citizens Tumpul Diadang Perisai The Blues

30-05-2021 11:33 | Serafin Unus Pasi

Duel Manchester City vs Chelsea, final Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo
Duel Manchester City vs Chelsea, final Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City harus menelan kekalahan pada laga puncak Liga Champions 2020/2021. Menghadapi Chelsea pada laga yang dihelat di Estadio do Dragao, Portugal, Minggu (30/05) dini hari WIB, City kalah dengan skor 0-1 melalui gol semata wayang Kai Havertz.

Dengan kekalahan ini, City dipastikan gagal mencetak sejarah, pertama kalinya menjadi kampiun pada ajang antarklub paling bergengsi di Eropa ini.

Tak hanya karena gagal mencetak sejarah, kekalahan ini juga menghadirkan kepedihan lain bagi City. Kekalahan ini menjadi kali ketiga secara berturut-turut mereka harus mengakui keunggulan Chelsea, yang diarsiteki Thomas Tuchel tersebut.

Selain kepedihan-kepedihan tersebut, ada sejumlah catatan di balik kekalahan City pada laga kontra Chelsea. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

City Miskin Peluang

City dikenal sebagai tim dengan kemampuan ofensif yang sangat bagus. Tak hanya dalam mencetak gol, skuad besutan Pep Guardiola ini juga ciamik dalam menciptakan peluang.

Sepanjang perjalanan mereka di ajang Liga Champions 2020/2021, mereka memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 23,04, salah satu yang tertinggi.

Namun, pada laga kontra Chelsea, permainan City justru antiklimaks. Menurut laman Infogol, mereka hanya mampu mencetak nilai xG sebesar 0,57. Nilai ini merupakan yang terburuk sepanjang perjalanan City pada musim ini.

Sementara, Chelsea justru lebih apik dalam menciptakan peluang. Pada laga ini, tim asuhan Thomas Tuchel tersebut memiliki nilai xG sebesar 1,25.

2 dari 3 halaman

Finishing City Melempem

Tak cuma soal menciptakan peluang, pada laga ini, Kevin de Bruyne dan kawan-kaan juga melempem dalam menuntaskan peluang. Tercatat, dari tujuh peluang yang mereka miliki, mereka hanya melepas satu tembakan on target.

Satu-satunya tembakan on target ini dilakukan Raheem Sterling pada menit ketujuh. Menurut laman infogol, nilai xG peluang Sterling ini adalah 0,22.

Selain peluang ini, tak ada peluang City yang menyasar gawang Edouard Mendy. Jika tak melenceng, bola diblok para pemain bertahan Chelsea.

3 dari 3 halaman

Perisai Chelsea Tangguh

Pertandingan ini merupakan ajang pameran bagi ketangguhan perisai pertahanan Chelsea. Kendati tak terlalu banyak menghadapi ancaman serangan City, mereka sukses mematahkan sejumlah peluang yang berpotensi membahayakan gawang Mendy.

Dalam pertandingan ini, pemain belakang melakukan empat blok tembakan di kotak penalti mereka. Nilai xG dari empat peluang ini mencapai 0,27. Nyaris separuh dari nilai xG total City pada pertandingan lawan Chelsea.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR