Maaf ya Liverpool, Hanya Manchester United yang Bisa Treble Winners di Inggris!

Asad Arifin | 29 Mei 2022, 07:47
Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Mohamed Salah (c) AP Photo
Final Liga Champions 2022 Liverpool vs Real Madrid: Mohamed Salah (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool gagal menjadi juara Liga Champions musim 2021/2022. Catatan ini membuat Liverpool gagal meraih 'treble winner' dan membuat kesuksesan yang didapat Manchester United pada 1999 belum tersentuh.


Treble winner yang dimaksud di sini adalah juara liga domestik (Premier League), kompetisi domestik mayor (Piala FA), dan kompetisi mayor Eropa (Liga Champions).

Liverpool punya musim yang luar biasa pada 2021/2022. Di pertengahan musim, The Reds punya peluang meraih empat gelar atau 'quadruple winners'. Target ambisius itu tampak realistis jika melihat performa mereka.

Apalagi, Liverpool mampu kemudian mampu meraih gelar Carabao Cup pada Februari 2022. The Reds menang lewat babak adu penalti melawan Chelsea. Setelah itu, lagi-lagi melawan Chelsea di final, Liverpool menjadi juara FA Cup pada awal Mei 2022.

Setelah punya dua trofi, Carabao Cup dan FA Cup, Liverpool punya tiga laga untuk menentukan gelar juara Premier League dan Liga Champions. Skenario yang indah, tetapi gagal. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Mimpi Quadruple Winners Buyar Dalam Satu Pekan!

Reaksi pemain-pemain Liverpool di Final Liga Champions 2022 kontra Real Madrid (c) AP Photo

Liverpool seperti mendapat angin segar dalam perebutan juara Premier League 2021/2022 saat Manchester City imbang lawan West Ham pada pekan ke-22. Pada pekan yang sama, Liverpool menang 2-1 atas Southampton dan jarak poin menjadi satu poin!

Penentuan gelar juara Premier League terjadi pada pekan terakhir. Liverpool berharap 'bantuan' dari Aston Villa untuk mengalahkan Man City. Tapi, skenario ini gagal terwujud. Man City menang 3-2 walau tertinggal dua gol lebih dulu.

Pada 22 Juni 2022, mimpi Liverpool untuk menjadi juara Premier League berakhir. Tujuh hari berselang, The Reds memainkan laga penentu gelar lain. Kali ini pada final Liga Champions yang dimainkan di Stade de France.

Liverpool lagi-lagi gagal menjadi juara. Liverpool kalah dengan skor 1-0 dari Real Madrid. The Reds yang melepas 24 shots sepanjang laga kebobolan dari gol Vinicius pada menit ke-59. Tidak ada quadruple atau treble. Dua gelar domestik saja yang diraih.

2 dari 3 halaman

Hanya Manchester United!

Sir Alex Ferguson (c) Bolanet

Kegagalan Liverpool di Premier League dan Liga Champions mungkin akan disambut senyum oleh Manchester United. Sebab, status mereka sebagai satu-satunya tim Inggris yang mampu meraih treble wingger masih terjaga. United belum tertandingi klub lain.

Setan Merah meraih treble pada 1999 silam. Kisah sukses tim besutan Sir Alex Ferguson dimulai dengan memenangkan Premier League, lalu disusul mengalahkan Newcastle United di final FA Cup. Setelah itu, ada comeback bersejarah melawan Bayern Munchen di Liga Champions.

Musim 2020/2021 lalu, Man City juga coba mengoyak status treble Manchester United. Tapi, Man City gagal menjadi juara Liga Champions. Pasukan Pep Guardiola hanya mampu mendapatkan gelar Premier League dan Carabao Cup.

Bahkan, andai juara Liga Champions, Man City juga tidak bisa disebut treble. Sebab, mereka gagal menjadi juara Piala FA sebagai kompetisi domestik mayor. Simak konsep treble yang berlaku di Inggris selengkapnya di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Konsep Treble Winners di Inggris

Treble winners adalah gelar yang diberikan kepada tim yang memenangkan tiga trofi mayor dalam satu musim.

Biasanya sebuah klub terutama klub di Eropa dinyatakan menyandang gelar treble winners jika mereka memenangkan trofi liga domestik, kompetisi domestik utama dan juga kompetisi Eropa dalam satu musim.

Untuk kompetisi Eropa, biasanya yang dipakai ukuran adalah trofi Liga Champions. Sementara bagi sebuah negara yang memiliki lebih dari satu kompetisi domestik, maka kompetisi yang lebih tinggi menjadi patokan (Misal FA Cup dan Carabao Cup, FA Cup yang dihitung).

Konsep yang beredar di kalangan fans adalah jika tim memenangkan Liga domestik, kompetisi domestik tertinggi dan juga Liga Champions maka tim itu disebut memenangkan treble winners (Mayor atau The Trebles), sementara bagi tim yang memenangkan tiga trofi namun jika salah satu trofi misalnya Liga Europa atau Carabo Cup, maka mereka dinyatakan memenangkan treble winners minor (a Treble).

Ada juga konsep mengenai treble winners domestic, yaitu tim yang memenangkan tiga trofi domestik dalam satu musim. Contohnya di Inggris, jika sebuah klub memenangkan EPL, FA Cup dan Carabao Cup maka mereka dinyatakan meraih trele winners domestic.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR