BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lawan Napoli, Harapan Barcelona Ada di Pundak Ter Stegen

25-07-2020 06:15 | Richard Andreas

Marc-Andre ter Stegen (c) LaLiga Marc-Andre ter Stegen (c) LaLiga

Bola.net - Bukan hanya Lionel Messi yang akan menentukan nasib Barcelona di Liga Champions nanti. Di belakang, ada Marc-Andre Ter Stegen yang juga memegang peran krusial.

Benar, Messi boleh jadi lebih sering dipuji karena kontribusinya berdampak langsung pada kemenangan Barca. Namun, sebenarnya ada Ter Stegen yang berulang kali menyelamatkan Barca dari kekalahan, hanya jarang diperhatikan.

Pertahanan Barca merupakan salah satu titik lemah mereka musim ini. Tidak ada yang bisa tampil konsisten selain Gerard Pique. Lawan Napoli nanti, titik lemah ini bisa jadi awal kehancuran Barca.

Untungnya masih ada Ter Stegen, yang masih tampil tangguh dengan deretan penyelamatannya. Selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Tembok di Eropa

Performa Ter Stegen di Liga Champions telah membantu Barca bertahan di kompetisi tersebut. Dia tampil luar biasa saat melawan Borussia Dortmund di Signal Iduna Park.

Ter Stegen menghentikan dua peluang matang Marco Reus, dan menepis penalti di babak kedua. Lalu, pada laga kedua Barca di fase grup, Ter Stegen tampil tangguh untuk menghentikan aksi Lautaro Martinez.

Lautaro memang bisa mencetak gol pertama, tapi Ter Stegen menghentikan peluang matang kedua striker Inter Milan itu. Barca pun akhirnya memenangi pertandingan ini.

Lalu, saat menyambangi Slavia Praha, Ter Stegen lagi-lagi tampil impresif pada kemenangan 2-1 Barca. Dia membuat tiga penyelamatan gemilang.

2 dari 3 halaman

Pemimpin di Lapangan

Usai mengalahkan Slavia Praha, Ter Stegen menunjukkan kualitas lainnya sebagai pemimpin tim. "Saya percaya kami perlu bicara soal beberapa hal," katanya.

Saat itu situasi internal Barca memang tidak sehat, ada konflik yang memengaruhi performa para pemain di lapangan. Terbukti, Barca hanya bisa bermain imbang 0-0 dengan Slavia di Camp Nou, ini pun berkat penyelamatan Ter Stegen.

Ter Stegen telah tampil di 6 pertandingan Liga Champions musim ini, dengan 4 kebobolan, dan 2 clean sheets. Total dia sudah bermain 58 kali di Eropa bersama Barca, kebobolan 50 kali, dan 26 clean sheets.

3 dari 3 halaman

Dua penyelamatan penting di San Paolo

Napoli sudah tahu betul bahwa mereka harus menghadapi tembok tangguh terakhir pertahanan Barca. Pada duel leg pertama lalu, seharusnya Napoli bisa menang andai bukan Ter Stegen yang mereka hadapi.

Kiper Jerman ini membuat dua penyelamatan krusial. Pertama menghalau sepakan Insigne, lalu mengalahkan Callejon dalam duel satu lawan satu.

Ter Stegen sudah membuktikan diri sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Jika Barca ini melangkah jauh di kompetisi ini, mereka tidak bisa hanya mengandalkan Messi, beban tim pun ada di pundak Ter Stegen.

Sumber: Sport

KOMENTAR