Lawan Inter, Xavi Pastikan Barcelona Main dengan Formasi Tiga Bek, Kenapa Sih?

Richard Andreas | 4 Oktober 2022, 14:30
Selebrasi pemain Barcelona setelah menjebol gawang Elche di Camp No, Sabtu, (17/9/2022) malam WIB. (c) AP Photo
Selebrasi pemain Barcelona setelah menjebol gawang Elche di Camp No, Sabtu, (17/9/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona menantang Inter Milan dalam duel matchday 3 Grup C Liga Champions 2022/23, Rabu (5/10/2022). Kedua tim bakal bertanding di Giuseppe Meazza/San Siro, markas Inter.

Pertandingan ini krusial bagi kedua tim. Di atas kertas, Barca mungkin lebih unggul karena punya tim lebih kuat, tapi Inter juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Terlebih, saat ini Barca dan Inter bersaing ketat di klasemen sementara Grup C. Keduanya sama-sama mengoleksi tiga poin hasil dari sekali menang dan sekali kalah.

Artinya, pertandingan kali ini bakal sangat penting untuk menentukan peluang lolos ke fase gugur. Barca harus bermain sempurna untuk menundukkan Inter dan karena itu Xavi menekankan pentingnya formasi tiga bek. Apa maksudnya?

1 dari 3 halaman

Main tiga bek

Bicara di konferensi pers, Xavi menegaskan bahwa Barca harus beradaptasi untuk menjaga peluang mengalahkan Inter. Pertandingan tidak akan mudah meski di atas kertas skuad Barca masih lebih kuat.

Inter dikenal agresif di kandang sendiri, tapi Barca tidak akan terpengaruh. Xavi menjamin bahwa timnya akan bermain seperti biasanya.

"Kami ingin tampil dominan, menguasai bola, dan bermain di area lapangan lawan. Itulah sejarah Barcelona dan saya tidak akan mengubahnya," kata Xavi.

"Saya akan beradaptasi dan menggunakan formasi tiga bek dan lini tengah yang berbeda dari laga sebelumnya, tapi bukan karena lawan kami bermain dengan cara seperti itu."

"Saat ini, kami melakukan analisis mendalam terhadap lawan kami, tapi mentalitas kami adalah untuk menjadi protagonis di pertandingan," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Kondisi Inter

Barca diunggulkan di laga ini sebagian karena kondisi tim lawan memang tidak dalam level terbaiknya. Inter belum menemukan konsistensi sejak awal musim dan sudah beberapa kali menelan hasil mengecewakan.

"Form tidaklah penting. Kami menghadapi banyak pertandingan dalam kondisi kami bukan favorit dan kami berhasil menang," sambung Xavi.

"Inter menggunakan formasi berbeda dari tim-tim lain yang kami hadapi. Permainan skuad Inzaghi sangat dinamis dengan dua striker, gaya bermain yang tidak lagi digunakan di Spanyol."

"Mereka adalah lawan sulit, kami harus membuktikan diri bahwa kami adalah Barcelona," tandasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR