BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kuasa Uang di Balik Sukses PSG ke Semifinal Liga Champions

13-08-2020 08:13 | Asad Arifin

PSG sukses membungkam Atalanta di partai perempat final Liga Champions 2019/20, Kamis (13/8/2020) (c) Pool Getty via AP Photo PSG sukses membungkam Atalanta di partai perempat final Liga Champions 2019/20, Kamis (13/8/2020) (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - PSG mengukuhkan diri sebagai klub pertama yang lolos semifinal Liga Champions musim 2019/2020. Harus diakui, sukses PSG meraih prestasi tersebut tidak lepas dari sokongan uang melimpah dari Qatar Sports Investments [QSI].

PSG melangkah ke semifinal usai mengeliminasi Atalanta pada babak perempat final. Kedua tim saling beradu kekuatan pada Kamis (13/8/2020) dini hari WIB di Estadio da Luz, Portugal.

PSG sempat tertinggal hingga menit ke-90. Mario Pasalic membobol gawang Keylor Navas pada menit ke-26. PSG kesulitan membalas gol mantan pemain AC Milan itu hingga menit-menit akhir.

Serangan gigih pasukan Thomas Tuchel akhirnya berbuah gol pada menit 90 dari Marquinhos. Dua menit berselang, giliran pemain pengganti Eric Maxim Choupo-Moting yang mencetak gol. PSG menang 2-1 dan lolos ke semifinal.

1 dari 2 halaman

Kekuatan Uang PSG

Diakui atau tidak sukses PSG menjadi tim super berkat uang dari investor. Semua dimulai pada 2011 lalu, ketika Qatar Sports Investments datang dan mengambil alih saham PSG. Setelah itu, mereka menjadi tim yang sama sekali berbeda.

PSG menjadi penguasa di Ligue 1. Pada 2011, PSG baru punya dua gelar juara Ligue 1. Kini, mereka sudah punya sembilan gelar juara. PSG juara Ligue 1 pada tujuh edisi dari delapan musim terakhir.

Bukan hanya di Ligue 1, PSG juga dominan di pentas domestik lain yakni Coupe de France dan Cuope de la Ligue.

PSG melakukan belanja besar sejak dibeli QSI. Neymar dibeli dengan harga 222 juta euro dari Barcelona. Lalu, ada Kylian Mbappe yang dibeli dari AS Monaco dengan 180 juta euro. Lalu, ada juga Angel Di Maria, Javier Pastore, dan masih banyak pemain mahal lainnya.

ESPN FC melaporkan bawha uang yang dipakai PSG untuk membeli Neymar dan Kylian Mbappe bahkan lebih mahal dengan dana yang dipakai Atalanta untuk membangun sejak 2001 hingga 2020. Timpang sekali bukan?

2 dari 2 halaman

Kylian Mbappe Belum Lahir Saat PSG ke Semifinal Liga Champions

Sejak QSI datang, PSG punya ambisi besar untuk berjaya di ajang Liga Champions. Namun, prestasi terbaik mereka baru mencapai perempat final. Dan, kini PSG memecah rekor dengan lolos ke semifinal untuk pertama kali sejak QSI datang.

Terakhir kali PSG lolos ke babak semifinal Liga Champions, sebelum menjadi 'klub sultan', terjadi pada musim 1994/1995 lalu. Saat itu, PSG diperkuat beberapa pemain kunci seperti George Weah dan David Ginola.

Menariknya, kala itu seorang Kylian Mbappe belum lahir ke dunia. Bomber andalan PSG itu baru lahir pada 20 Desember 1998, tiga tahun setelah David Ginola dan kolega membawa PSG melaju ke semifinal Liga Champions.

Sumber: Squawka, ESPN FC

Ingin tahu jadwal dan highlight pertandingan Liga Europa/Liga Champions lainnya? Klik di sini.

KOMENTAR