BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kontroversial, Bartomeu Memasukkan Barcelona ke Liga Super Eropa

28-10-2020 09:03 | Yaumil Azis

Josep Maria Bartomeu (c) AFP Josep Maria Bartomeu (c) AFP

Bola.net - Josep Maria Bartomeu turun dari singgasana kepresidenan Barcelona sembari mengumumkan kabar yang kontroversial. Ia mengatakan kalau klub raksasa Spanyol tersebut sudah menerima tawaran untuk mengikuti Liga Super Eropa.

Seperti yang diketahui, Bartomeu menyatakan mundur dari jabatannya selaku presiden Barcelona pada Rabu (28/10/2020) dinihari tadi. Beberapa jam sebelum mereka bertemu dengan Juventus di fase grup Liga Champions.

Kabar ini mengejutkan, sebab proses mosi tidak percaya belum sepenuhnya rampung meski sudah ada lebih dari 20 ribu tanda tangan yang terkumpul. Seharusnya, Josep Maria Bartomeu baru bisa diturunkan pada bulan November nanti.

Namun pada akhirnya, Bartomeu tetap meninggalkan kursi kepresidenan Barcelona. Ia memberikan pengumuman soal ini bersamaan dengan keputusan bahwa Barcelona telah menerima tawaran berpartisipasi di Liga Super Eropa.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pengumuman Bartomeu

Liga Super Eropa sendiri belum benar-benar resmi bakalan digelar. Namun menurut laporan Sky News, diketahui bahwa sudah ada saham sebesar 4,6 juta pounds yang didaftarkan ke Wall Street untuk melangsungkan kompetisi tersebut.

"Kami menerima masuk ke Liga Super Eropa. Penerimaan ini harus diratifikasi oleh majelis berikutnya. Kami pun menerima format baru dari Piala Dunia Antarklub," ujar Bartomeu dalam pengumuman pengunduran dirinya, dikutip dari Goal.

"Liga Super Eropa bakal terlaksana jadi klub bisa menjadi salah satu anggotanya," tandas Bartomeu.

Kendati demikian, Barcelona belum sepenuhnya ikut serta dalam ajang itu. Mereka masih membutuhkan persetujuan dari anggota klub sebelum dipastikan berpartisipasi dalam ajang Liga Super Eropa.

2 dari 2 halaman

Kontroversi Liga Super Eropa

Kompetisi ini rencananya akan menggantikan Liga Champions dan diyakini bakalan digelar pada tahun 2022 mendatang. Pesertanya pun terbatas, di mana hanya ada 16 atau 18 klub yang bisa turut serta.

Sejauh ini, sudah ada lima klub dari Premier League yang ikut serta dalam ajang ini. Liverpool, Arsenal, Manchester United, Manchester City, dan Tottenham adalah klub-klub tersebut.

Liga Super Eropa ini ditentang oleh banyak kalangan, salah satunya Jamie Carragher yang merupakan legenda Liverpool. Mantan pemain the Reds lainnya, Stan Collymore, juga tidak sepakat dengan kehadiran kompetisi ini.

"Jika ada klub Inggris yang ikut Liga Super Eropa, maka mereka seharusnya tidak diperbolehkan kembali, dikucilkan dan fans sesungguhnya dari klub tersebut harus berdiri guna mengutuk klub mereka," tulis Collymore di media sosial.

(Goal International)

KOMENTAR