BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Klopp vs Guardiola, Siapa yang Terbaik di Eropa?

18-10-2019 19:44 | Dimas Ardi Prasetya

Jurgen Klopp dan Josep Guardiola. (c) AP Jurgen Klopp dan Josep Guardiola. (c) AP

Bola.net - Legenda Liverpool John Aldridge menilai Jurgen Klopp lebih baik dibanding Josep Guardiola di pentas Eropa.

Klopp dan Guardiola sudah bersaing sejak cukup lama. Mereka memulai bentrok saat berkarir di Bundesliga.

Saat itu Klopp masih menjadi arsitek Borussia Dortmund. Sementara itu Guardiola menangani Bayern Munchen.

Sejak 2016, keduanya bereuni lagi di pentas Premier League. Klopp bersama Liverpool sementara Gurdiola bersama dengan Manchester City.

1 dari 3 halaman

Jejak Prestasi

Namun demikian, Guardiola unggul dibanding Klopp di liga domestik. City dibawanya jadi kekuatan yang sangat dominan di pentas Premier League, khususnya dalam dua musim terakhir.

Guardiola juga berhasil mengalahkan Klopp di liga pada musim lalu. City jadi juara dengan selisih satu poin atas The Reds.

Namun demikian Aldridge meyakini bahwa Klopp lebih baik dari Guardiola. Setidaknya di pentas eropa.

Aldridge mengatakan hal itu terbukti dengan jejak prestasi Klopp membawa Liverpool jadi juara Liga Champions musim lalu. Di musim sebelumnya ia juga berhasil menuntun mereka ke final meski kalah dari Real Madrid.

2 dari 3 halaman

Terbaik

Ditarik lebih ke belakang lagi, Klopp bahkan bisa membawa Liverpool masuk final Liga Europa. Meskipun, saat itu The Reds akhirnya kalah dari Sevilla.

"Jurgen telah tampil dengan sangat baik. Ia berurusan dengan semua masalah di pra-musim, ia kehilangan penjaga gawang pilihan pertamanya selama dua bulan, dan kami berada di puncak liga dengan jarak yang baik. Itu konyol, itu manajemen klub yang luar biasa," pujinya dalam wawancara dengan Goal International.

“Di pentas Eropa, ia yang terbaik dalam bisnis ini, bagi saya. Ia punya, tiga final Eropa? Pep Guardiola bahkan belum pernah masuk semi final dalam periode itu, apalagi ke final!"

3 dari 3 halaman

Beruntung

Aldridge menambahkan, Guardiola bisa berprestasi karena sangat beruntung di City. Pasalnya sang pemilik klub kaya raya.

Jadi ia bisa membeli pemain manapun yang mereka inginkan dengan mudah. Di sisi lain, Klopp datang di Liverpool saat kondisi finansial mereka tak begitu bagus.

“Guardiola adalah pelatih yang hebat, tetapi ia sangat beruntung karena fakta bahwa ia memasuki pertandingan Monopoli di mana ia bisa menghabiskan berapa pun yang ia inginkan dan membawa para pemain mau tak mau. Klopp harus melakukannya dengan cara yang lebih sulit," ujarnya.

"Ia menghabiskan uang, tetapi jauh lebih sedikit dari City dan pemain yang jauh lebih sedikit juga," sambung Aldridge.

John Aldridge juga mengatakan ia sekarang berani memimpikan Liverpool akan jadi juara Premier League mengalahkan Manchester City. Ia juga ingin Jurgen Klopp sekaligus mengalahkan Josep Guardiola lagi di perburuan trofi Liga Champions.

(goal international)

KOMENTAR