Kisah Carles Puyol: Belajar Dari Maldini Untuk Jadi Bek Tangguh

Serafin Unus Pasi | 11 Maret 2019, 23:24
Carles Puyol saat diwawancarai Bolanet dalam kegiatan UEFA Champions League Trophy Tour Presented by Heineken (c) Bola.net/Vitalis Yogi Trisna
Carles Puyol saat diwawancarai Bolanet dalam kegiatan UEFA Champions League Trophy Tour Presented by Heineken (c) Bola.net/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - - Sebuah kisah dibagikan Carles Puyol. Mantan bek Barcelona itu mengakui bahwa ia banyak belajar dari bek legendaris AC Milan, Paolo Maldini untuk menjadi salah satu bek terbaik di dunia.

Semasa masih aktif bermain, Puyol dikenal sebagai salah satu bek terbaik di dunia. Ia sudah membuktikan kualitasnya dengan membawa Barcelona dan Timnas Spanyol memenangkan sejumlah gelar bergengsi seperti Liga Champions dan Piala Dunia.

Meski dikenal sebagai bek tengah yang tangguh, tidak banyak yang tahu bahwa Puyol mengawali karirnya tidak sebagai seorang bek. Ia sempat bermain sebagai seorang striker, bek kanan dan gelandang bertahan sebelum akhirnya memantapkan dirinya di posisi bek tengah.

Puyol membeberkan bahwa pergeseran posisinya itu merupakan instruksi dari para manajernya di masa lalu. "Saya hanya mengikuti instruksi dari manajer untuk bermain di posisi yang berbeda-beda. Saya hanya berusaha beradaptasi saja," ujar Puyol dalam wawancara eksklusif bersama Bolanet dalam kegiatan UEFA Champions League Trophy Tour Presented by Heineken.

Baca kisah lengkap Puyol bagaimana ia akhirnya menjadi sosok bek tengah yang tangguh untuk Barcelona di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Tidak Mudah

Puyol mengisahkan bahwa ketika ia sudah memiliki posisi yang paten sebagai seorang bek tengah, bukan berarti ia akan mudah bermain untuk tim utama Barcelona.

Ia menyebut bahwa ia sempat beberapa kali tergusur dari tim utama Barcelona karena kalah bersaing dengan para gelandang Barcelona yang kerap turun hingga ke garis pertahanan timnya.

"Saya akhirnya bermain sebagai bek tengah dan hal itu tidak mudah dilakukan di Barcelona, karena di Barcelona banyak pemain gelandang yang turun hingga ke pertahanan. Kami harus benar-benar fokus."

2 dari 3 halaman

Belajar dari Maldini

Puyol juga bercerita bahwa ia harus bekerja ekstra keras untuk mengamankan satu tempat di tim utama Barcelona.

Ia mengaku banyak mengamati belajar banyak dari bek-bek papan atas dunia, salah satunya adalah legenda AC Milan, Paolo Maldini.

"Saya banyak belajar dari rekan setim. Saya juga melihat bagaimana pemain lain dalam bermain. Salah satunya Paolo Maldini, saya banyak belajar dari dia." tandas mantan kapten Barcelona tersebut.

3 dari 3 halaman

Jumpa Fans

Bagi Bolaneters yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya dan ingin bertemu dengan Carles Puyol secara langsung, kalian bisa mengunjungi Lotte Shopping Avenue pada hari Selasa (12/3) besok karena Puyol akan mengadakan sesi Fans Meet yang meruapakan rangkaian acara dari UEFA Champions League Trophy Tour Presented by Heineken.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR