BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kata Presiden UEFA: Politik yang Menahan Sepak Bola Kembali, Bukan Virus Corona

05-05-2020 09:43 | Yaumil Azis

UEFA (c) UEFA UEFA (c) UEFA

Bola.net - Presiden UEFA, Aleksandar Ceferin, mengatakan bahwa pentas papan atas sepak bola akan bergulir lagi seperti semula dalam waktu dekat. Penghalangnya bukan lagi virus Corona, melainkan situasi politik di masing-masing negara.

Sejumlah kompetisi sepak bola harus terhenti sementara akibat pandemi virus Corona. Beberapa bahkah berhenti di tengah jalan karena harus mengikuti regulasi setempat.

Ligue 1 dan Eredivisie adalah contoh yang paling nyata. Federasi sepak bola Prancis dan Belanda memberhentikan musim 2019/20 setelah pemerintah masing-masing negara melarang digelarnya pertandingan sampai September.

Namun fans sepak bola masih punya harapan. Empat pentas sepak bola terbesar di Eropa, yakni Premier League, La Liga, Serie A dan Bundesliga, sedang berjuang keras agar sisa musim 2019/20 bisa digelar kembali.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Terhalangi Keputusan Politik

Keempat kompetisi tersebut sedang mempersiapkan protokol pertandingan agar bisa dilangsungkan dalam masa pandemi ini. Semuanya dilakukan agar para pemain serta staf-staf klub yang terlibat bisa bermain tanpa mengkhawatirkan situasi virus Corona.

Inilah yang membuat Ceferin yakin bahwa sepak bola bisa kembali seperti semula. Baginya, satu-satunya penghalang hanyalah politik.

"Dengan semua kebutuhan medis yang terpenuhi dan dari balik pintu tertutup, pertandingan bisa segera kembali. Tapi bukan olahraga yang menentukan, melainkan politik," ujar Ceferin kepada nova.rs.

2 dari 2 halaman

Bisa Melewati Perang dan Epidemik Lainnya

Ceferin memiliki keyakinan besar soal kembalinya sepak bola. Apalagi melihat rekam jejak pada masa lampau, di mana sepak bola bisa melewati masa-masa sulit seperti perang dunia dan kasus epidemik lainnya.

"Sepak bola membuat energi yang positif dan, sampai kembalinya sepak bola, orang-orang takkan berpikir bahwa situasinya akan kembali normal," lanjutnya.

"Sepak bola akan berubah, namun hanya dalam waktu yang pendek. Sepak bola sudah bertahan hidup dari perang dan epidemik di masa lalu."

"Kami akan mendapatkan kembali sepak bola yang lama secepatnya. Kami ingin melihatnya kembali ke lapangan sesegera mungkin, namun semuanya bergantung kepada putusan dari otoritas setempat," pungkasnya.

(Football Italia)

KOMENTAR