BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kaleidoskop Liga Champions dan Liga Europa 2019: Dominasi Inggris dan Patahnya Supremasi Real Madrid

26-12-2019 07:45 | Ari Prayoga

Liverpool, Juara Liga Champions 2018-19. (c) AP Photo Liverpool, Juara Liga Champions 2018-19. (c) AP Photo

Bola.net - Tahun 2019 nyaris berakhir. Bagi penikmat sepak bola, 2019 berjalan begitu menarik dengan persaingan liga-liga top Eropa, Liga Champions, hingga Liga Europa.

Tahun 2019 menjadi penanda berakhirnya supremasi Real Madrid di pentas Eropa. Klub raksasa Spanyol itu sudah tersingkir di babak 16 besar Liga Champions setelah dikalahkan Ajax Amsterdam.

Sebagai gantinya, muncul runner-up musim sebelumnya, Liverpool sebagai jawara. The Reds meraih trofi si kuping besar keenam mereka setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di final.

Dominasi Inggris d kancah Eropa pada musim 2018-19 dipertegas dengan keberhasilan Chelsea menjadi juara Liga Europa setelah mengandaskan Arsenal di partai puncak.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya Bola.net mencoba mengingat kembali dan merangkum kejadian-kejadian menarik di Liga Champions dan Liga Europa sepanjang 2019 ini. Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Fase Gugur Liga Champions

16 Besar

Babak penyisihan grup memunculkan 16 tim yang lolos ke fase knock-out. Nyaris tak ada kejutan berarti di fase grup ini. Tim-tim raksasa mampu melaku ke babak selanjutnya.

Berikut hasil undian babak 16 besar Liga Champions 2018-19 selengkapnya:

  • Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund
  • Schalke vs Manchester City
  • Ajax Amsterdam vs Real Madrid
  • Atletico Madrid vs Juventus
  • Manchester United vs PSG
  • Lyon vs Barcelona
  • Liverpool vs Bayern Munchen
  • AS Roma vs Porto

Cukup banyak kejutan yang tercipta di babak 16 besar ini. Paling menjadi sorotan tentu kekalahan 1-4 yang diderita Real Madrid di kandang sendiri pada laga leg kedua versus Ajax. Real Madrid pun tersingkir dan pelatih Santiago Solari dipecat.

Kejutan lainnya terjadi saat Manchester United yang kalah 0-2 di kandang sendiri pada leg pertama secara luar biasa sukses mempermalukan PSG di leg kedua dengan skor 3-1. Setan Merah pun lolos dengan keunggulan agresivitas gol tandang.

Juventus pun harus bersusah payah untuk memastikan kelolosan. Kalah 0-2 di leg pertama, Bianconeri mengamuk dengan menang 3-0 pada leg kedua berkat hat-trick yang dicetak Cristiano Ronaldo.

Liverpool berhak lolos setelah mempermalukan Bayern Munchen dengan skor 3-1 di Allianz Arena. Sementara itu, Manchester City tampil luar biasa dengan menang agregat 10-2 atas Schalke.

Perempat Final

Di babak perempat final, sensasi Ajax kembali berlanjut. Tim asunan Erik ten Hag sukses menyingkirkan Juventus dengan skor agregat 3-2.

Drama terjadi ketika Tottenham menyisihkan Manchester City lewat keunggulan agresivitas gol tandang. Dalam laga leg kedua, VAR menjadi penentu hasil akhir setelah menganulir gol Manchester City di detik-detik akhir pertandingan.

Sementara itu, Liverpool dan Barcelona sama-sama tak menemui halangan berarti. The Reds sukses mengalahkan Porto, sedangkan Barcelona menghajar Manchester United empat gol tanpa balas.

Semifinal

Babak semifinal musim 2018-19 barangkali menjadi semifinal terbaik dalam sejarah Liga Champions. Bagaimana tidak, dua laga di fase ini dipenuhi dengan drama menegangkan.

Liverpool yang kalah 0-3 di leg pertama secara luar biasa sukses membalikkan keadaan dengan kemenangan 4-0 pada laga leg kedua di Anfield. Barcelona pun kembali tersingkir secara menyakitkan.

Sementara itu, Tottenham butuh gol Lucas Moura di penghujung pertandingan leg kedua untuk memastikan comeback sensasional mereka atas Ajax.

2 dari 4 halaman

Fase Gugur Liga Europa

Sejumlah tim papan atas masuk ke babak knock-out Liga Europa dari hasil buangan Liga Champions. Meski demikian, belum banyak kejutan yang terjadi di babak 32 besar.

Kejutan baru tercipta di babak 16 besar ketika Inter Milan disingkirkan oleh tim kuda hitam asal Jerman, Eintracht Frankfurt. Sementara itu, jawara lima kali, Sevilla juga tersingkir setelah kalah dari Slavia Praha.

Memasuki fase perempat final, Arsenal tak mengalami masalah berarti ketika sukses menghajar Napoli dengan skor agregat 3-0. Sementara itu, Frankfurt melanjutkan kejutan mereka dengan menyisihkan Benfica.

Frankfurt pun sempat merepotkan Chelsea di babak semifinal sebelum akhirnya menyerah lewat adu penalti. Di final, Chelsea bertemu Arsenal yang menyingkirkan Valencia dengan skor agregat 7-3.

3 dari 4 halaman

Final Liga Champions dan Liga Europa

Partai final Liga Europa digelar lebih dulu, tepatnya pada 29 Mei 2019 waktu Eropa. Dalam laga yang dihelat di Baku, Azerbaijan ini, Chelsea tampil perkasa dengan menghajar Arsenal 4-1.

Beberapa hari berselang, giliran final Liga Champions yang dipentaskan di Wanda Metropolitano, Madrid. Partai ini juga mempertemukan sesama tim Inggris, Liverpool versus Tottenham.

Gol penalti dari Mohamed Salah di menit-menit awal dan tembakan Divock Origi sudah cukup untuk membawa Liverpool memenangi pertandingan ini sekaligus meraih trofi Liga Champions keenam mereka.

4 dari 4 halaman

Fase Grup Musim 2019-20

Tak banyak kejutan yang terjadi di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini. Kejutan paling besar adalah gugurnya tim yang musim lalu tampil luar biasa, Ajax.

Selain itu, ada pula kejutan dari RB Leipzig dan Atalanta yang untuk pertama kalinya sukses melaju ke fase knock-out.

Tim-tim yang lolos pun sudah diundi untuk bertemu di babak 16 besar pada Februari dan Maret 2020 mendatang. Berikut hasil undian selengkapnya:

  • Borussia Dortmund vs PSG
  • Real Madrid vs Manchester City
  • Atalanta vs Valencia
  • Atletico Madrid vs Liverpool
  • Chelsea vs Bayern Munchen
  • Lyon vs Juventus
  • Tottenham Hotspur vs RB Leipzig
  • Napoli vs Barcelona

Sementara itu, hal yang sama juga terjadi di penyisihan grup Liga Europa. Dua tim favorit, Manchester United dan Arsenal masih belum menemui ujian berarti.

Persaingan dipastikan akan makin seru di babak knock-out dengan masuknya tim-tim buangan dari Liga Champions, seperti Inter Milan, Ajax, hingga Shakhtar Donetsk.

KOMENTAR