BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kaleidoskop Liga Champions 2020: Bayern Munchen Juara Dengan Sempurna

29-12-2020 20:12 | Aga Deta

Bayern Munchen (c) AP Photo Bayern Munchen (c) AP Photo

Bola.net - Tahun 2020 sudah hampir berakhir. Bagi dunia sepak bola, tahun ini berjalan begitu sulit karena merebaknya COVID-19.

Pandemi COVID-19 sempat membuat banyak liga sepak bola di dunia berhenti. Itu juga termasuk gelaran Liga Champions.

Liga Champions sempat ditunda selama beberapa bulan. Hal itu dilakukan demi pencegahan meluasnya penyebaran virus Corona.

Setelah pandemi sedikit mereda, pecinta sepak bola Eropa akhirnya bisa bernafas lega. Kompetisi elit antarklub Eropa itu akhirnya kembali dilanjutkan meski dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pada tahun ini, Liverpool gagal mempertahankan gelar Liga Champions mereka. Klub raksasa Inggris itu tersingkir di babak 16 besar setelah dikalahkan Atletico Madrid.

Sebagai gantinya, muncul Bayern Munchen sebagai jawara. Jawara Jerman itu meraih trofi Si Kuping Besar setelah mengalahkan PSG di final.

Menjelang pergantian tahun, Bola.net mencoba mengingat kembali dan merangkum kejadian-kejadian menarik di Liga Champions sepanjang 2020 ini. Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Fase Gugur Liga Champions 2019-2020

16 Besar

Babak penyisihan grup memunculkan 16 tim yang lolos ke fase knock-out. Ada kejutan terjadi di mana Atalanta dan RB Leipzig mampu menembus babak sistem gugur Liga Champions untuk pertama kalinya.

Berikut hasil undian babak 16 besar Liga Champions 2019-20 selengkapnya:

  • Borussia Dortmund vs PSG
  • Real Madrid vs Manchester City
  • Atalanta vs Valencia
  • Atletico Madrid vs Liverpool
  • Chelsea vs Bayern Munchen
  • Lyon vs Juventus
  • Tottenham vs RB Leipzig
  • Napoli vs Barcelona

Cukup banyak kejutan yang tercipta di babak 16 besar ini. Paling menjadi sorotan tentu tersingkirnya juara bertahan Liverpool. The Reds gagal melangkah ke babak berikutnya setelah takluk dengan agregat skor 2-4 dari Atletico Madrid.

Kejutan lainnya terjadi saat Real Madrid harus mengakui keunggulan Manchester City. Tim asuhan Zinedine Zidane tersingkir di babak ini setelah kalah dengan agregat skor 2-4.

Langkah Juventus juga terhenti di babak ini. Wakil Italia itu tidak mampu melewati hadangan Lyon dan pelatih Maurizio Sarri akhirnya dipecat.

Bayern Munchen melenggang mulus ke babak selanjutnya. Tim asuhan Hansi Flick tampil luar biasa dengan menang agregat 7-1 atas Chelsea.

Barcelona juga berhak lolos setelah menyingkirkan wakil Italia Napoli. Sementara itu, PSG berhasil mengatasi perlawanan Borussia Dortmund.

2 dari 5 halaman

Perempat Final

Karena pandemi COVID-19 yang terjadi di Eropa, UEFA melakukan perubahan format. Babak perempat final dan semfinal hanya dimainkan satu pertandingan.

Di babak perempat final, sensasi RB Leipzig kembali berlanjut. Tim asuhan Julian Nagelsmann sukses menyingkirkan Atletico Madrid dengan skor 2-1.

Manchester City di luar dugaan harus mengakui keunggulan Lyon. Pasukan Josep Guardiola tersingkir setelah takluk dengan skor 1-3 dari wakil Prancis itu.

Sementara itu, Bayern Munchen menunjukkan keperkasaannya di babak ini. Mereka menghancurkan Barcelona yang diperkuat Lionel Messi dengan skor telak 8-2.

PSG lolos dramatis setelah menang tipis 2-1 atas Atalanta. Sempat tertinggal 0-1 hingga menit ke-90, PSG mampu membalikkan keadaan pada masa injury time.

3 dari 5 halaman

Semifinal

Tidak ada kejutan yang terjadi di babak semifinal ini. Semua tim unggulan berhasil mengalahkan lawannya masing-masing dan memastikan tiket ke final.

Bayern Munchen masih terlalu tangguh bagi Lyon. Raksasa Bundesliga itu menggilas Les Gones dengan skor meyakinkan 3-0.

Sementara itu, PSG juga berhasil mengalahkan RB Leipzig dengan skor 3-0. Raksasa Prancis itu sukses melaju ke final untuk pertama kalinya.

4 dari 5 halaman

Final Liga Champions

Partai final Liga Champions digelar pada 24 Agustus 2020. Laga puncak kompetisi antarklub Eropa ini berlangsung di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal.

Bayern Munchen berhasil menjadi juara setelah menekuk PSG dengan skor 1-0. Satu-satunya gol di laga itu dicetak oleh Kingsley Coman.

Ini adalah gelar Liga Champions keenam Bayern di sepanjang sejarah klub. Die Roten menjadi juara dengan memenangkan seluruh pertandingan sejak fase grup hingga partai pamungkas.

5 dari 5 halaman

Fase Grup Liga Champions Musim 2020-2021

Pertandingan fase grup Liga Champions musim ini digelar tanpa penonton. Namun, format pertandingan kembali menjadi dua leg.

Ada sejumlah kejutan yang terjadi di babak ini. Salah satunya adalah tersingkirnya Inter Milan setelah menjadi juru kunci di grupnya.

Manchester United juga gagal lolos ke babak 16 besar. Setan Merah hanya mampu finis di posisi ketiga sehingga harus turun ke Liga Europa.

Tim-tim yang lolos pun sudah diundi untuk bertemu di babak 16 besar pada Februari dan Maret 2021 mendatang. Berikut hasil undian selengkapnya:

  • Borussia Monchengladbach vs Manchester City
  • Lazio vs Bayern Munchen
  • Atletico Madrid vs Chelsea
  • RB Leipzig vs Liverpool
  • Porto vs Juventus
  • Barcelona vs PSG
  • Sevilla vs Borussia Dortmund
  • Atalanta vs Real Madrid

KOMENTAR