BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kalah dari Napoli, Liverpool Akhiri Tradisi Liga Champions Berumur 25 Tahun

18-09-2019 22:57 | Dimas Ardi Prasetya

Eksekusi penalti Dries Mertens pada laga Napoli vs Liverpool di fase grup Liga Champions 2019/20. (c) AP Photo Eksekusi penalti Dries Mertens pada laga Napoli vs Liverpool di fase grup Liga Champions 2019/20. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool jadi tim pertama dalam 25 tahun yang menelan kekalahan di laga perdananya di Liga Champions setelah di musim sebelumnya menjuarai turnamen tersebut.

Liverpool menjadi juara Liga Champions musim 2018-19 setelah di final mengalahkan Tottenham 2-0. Musim 2019-20 ini The Reds bertekad untuk mempertahankan trofi tersebut.

Namun di laga perdana mereka harus menelan kenyataan pahit. Melawan Napoli di San Paolo, Rabu (18/09/2019), mereka kalah dengan skor 2-0.

The Reds tumbang berkat gol-gol dari Dries Mertens pada menit ke-82 dan Fernando Llorente pada menit 90+2. Hasil ini kurang lebih sama seperti musim lalu, saat Liverpool kalah 1-0 di tempat yang sama.

1 dari 2 halaman

Seperempat Abad

Kekalahan itu menjadi catatan buruk tersendiri bagi Liverpool di pentas Eropa. Mereka mengakhiri catatan positif para juara kompetisi tersebut dalam 25 tahun sebelumnya.

"Liverpool menjadi juara Liga Champions pertama yang kalah di pertandingan pertama dalam usahanya mempertahankan gelar dalam 25 tahun [terakhir]."

Tim terakhir yang mengalami nasib buruk itu adalah AC Milan. Rossoneri menjadi juara di Liga Champions musim 1993-94.

Pada musim 1994-95, Milan tergabung di Grup D bersama Ajax Amsterdam, Casino Salzburg dan AEK Athens. Di laga perdana melawan Ajax di Belanda, Rossoneri tumbang 2-0 berkat gol-gol dari Ronald de Boer dan Jari Litmanen.

AC Milan kemudian bisa melaju ke final lagi. Uniknya di partai puncak mereka bertemu Ajax Amsterdam lagi dan kali kini kalah dengan skor 1-0 via gol Patrick Kluivert.

2 dari 2 halaman

Rekor Klopp

Jurgen Klopp (c) AP Photo Jurgen Klopp (c) AP Photo

Kekalahan ini juga memperpanjang rekor buruk Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu tampaknya tidak hoki saat bersua tim-tim asal Italia.

Pasalnya dalam lima lawatan terakhirnya ke Italia, ia tak pernah bisa membawa timnya meraih hasil positif. Timnya kalah melulu.

"Sejak menang 2-0 atas Udinese sebagai bos Borussia Dortmund pada Oktober 2018, Manajer Liverpool Jurgen Klopp selalu kalah di lima kunjungannya melawan tim asal Italia di semua kompetisi. Kecelakaan."

Setelah melawan Napoli, Liverpool akan berhadapan melawan Red Bull Salzburg. Duel itu dihelat di Anfield pada 3 Oktober mendatang.

(Optus Sport)

7 Pesepakbola Paling Cerdas

KOMENTAR