Juventus, Barcelona dan Real Madrid Dibolehkan Ikut Liga Champions 2021/22

Yaumil Azis | 16 Juni 2021, 04:09
Trofi Liga Champions. (c) AP Photo
Trofi Liga Champions. (c) AP Photo

Bola.net - Kabar baik menghampiri trio pencetus European Super League, Juventus, Barcelona dan Real Madrid. Ketiganya dipastikan bisa ikut berpartisipasi dalam ajang Liga Champions 2021/22.

Para raksasa Eropa tersebut, bersama sembilan klub lainnya, sempat membuat UEFA kesal. Sebab mereka secara serentak mengumumkan kehadiran European Super League serta turut serta di dalamnya.

European Super League sendiri mendapatkan pertentangan keras dari UEFA beserta federasi sepak bola dunia, FIFA. Keduanya meyakini kalau kompetisi tersebut hanya bertujuan menguntungkan klub-klub papan atas saja.

Namun di sisi lain, klub-klub papan atas tersebut butuh ESL untuk menyelamatkan diri dari krisis ekonomi yang sedang dialami. Terutama pada masa pandemi Covid-17 yang cukup memporak-porandakan buku keuangan mereka.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Ada Ancaman Hukuman Tegas

ESL juga tidak diterima oleh berbagai elemen pecinta sepak bola. Lima klub raksasa Inggris bisa merasakan dampaknya, di mana fans sempat melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran. Mereka pun memutuskan mundur dari kompetisi tersebut.

Tak lama setelahnya, penyelenggara ESL memutuskan untuk menunda proyek kompetisi untuk sementara. Tiga klub lain, yakni AC Milan, Inter Milan dan Atletico Madrid juga memilih mundur dari ajang tersebut.

Hanya Juventus, Real Madrid dan Barcelona yang bersikukuh ingin European Super League digelar. UEFA pun menyiapkan hukuman tegas larangan tampil di ajang Liga Champions buat mereka yang masih bebal.

2 dari 2 halaman

Trio ESL Boleh Ikut Liga Champions

Namun ternyata, Kementerian Kehakiman Swiss menyatakan kalau UEFA tidak berhak memberikan hukuman kepada ketiga klub tersebut. Pada akhirnya, UEFA menunda proses investigasi sehingga Juventus, Real Madrid dan Barcelona batal diganjar hukuman.

Laporan dari ANSA menyebutkan kalau trio pencetus European Super League diperbolehkan mengikuti ajang Liga Champions musim depan. Mereka mengklaim kalau UEFA mengirimkan surat kepada Bianconeri soal kepastian keikutsertaan mereka di ajang tersebut.

Seandainya UEFA melanjutkan proses investigasi, Juventus, Real Madrid dan Barcelona diyakini takkan dibolehkan ikut serta di Liga Champions. Hukuman tersebut harusnya berlaku sampai musim 2022/23.

(ANSA - via Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR