Jika Liverpool Juara Liga Champions, Hadiah Uang yang Didapat Real Madrid Justru Lebih Besar

Aga Deta | 28 Mei 2022, 22:59
Final Liga Champions 2021/22, Liverpool vs Real Madrid (c) Bola.net/Boni
Final Liga Champions 2021/22, Liverpool vs Real Madrid (c) Bola.net/Boni

Bola.net - Liverpool dan Real Madrid akan saling bentrok pada Liga Champions di Stade de France, Minggu (29/5/2022). Yang menarik, jumlah uang yang diterima Liverpool atau Real Madrid jika menjadi juara tidak sama.


Selain meraih trofi juara, pemenang Liga Champions memang akan mendapat hadiah berupa uang tunai. Sang juara akan mendapatkan tambahan sebesar 3,8 juta pound atau sekitar Rp6,9 miliar jika meraih kemenangan dalam laga final.

Namun, yang menarik jumlah total uang yang diperoleh kedua tim jika bisa menjadi juara di Liga Champions berbeda. Liverpool hanya mendapatkan total 93 juta pound atau sekitar Rp1,7 triliun untuk keikutsertaan di kompetisi Eropa ini hingga menjadi juara.

Sementara itu, Real Madrid bisa mendapatkan total mencapai 102 juta pound atau sekitar Rp1,8 triliun jika jadi juara Liga Champions.

Bahkan jika tim asuhan Carlo Ancelotti itu gagal jadi juara, mereka tetap akan mendapatkan total 98 juta pound, di mana artinya mereka tetap mendapatkan 5 juta pound lebih besar ketimbang yang didapat Liverpool seandainya menjadi juara. Mengapa demikian?

1 dari 4 halaman

Berdasarkan Performa Masa Lalu

Pendapatan klub di Liga Champions memang dipengaruhi oleh performa klub di kompetisi sebelumnya. Terutama keberhasilan klub ketika berhasil mencapai puncak.

Liverpool tercatat tiga kali mencapai final dalam empat musim terakhir. Sementara itu, Real Madrid mampu empat kali juara dalam 10 tahun terakhir.

Prestasi tim di Liga Champions pada musim sebelumnya memang dihitung lewat koefisien UEFA. Hal itu juga memengaruhi perhitungan hadiah yang diterima oleh masing-masing tim ketika berlaga di Liga Champions.

2 dari 4 halaman

Detail Distribusi Uang Hadiah Liga Champions

Sebanyak 32 klub yang tampil di fase grup akan menerima dana sebesar 13,1 juta pound atau sekitar Rp240 miliar, plus pembayaran lain berdasarkan koefisien mereka di UEFA.

Setiap kemenangan yang diraih tim dalam pertandingan di fase grup bernilai 2,4 juta pound atau sekitar Rp44 miliar. Sementara ketika bermain imbang, hadiahnya 785 ribu pound atau sekitar Rp14 miliar.

Ketika berhasil lolos ke 16 besar Liga Champions, tim mendapatkan 8,1 juta pound atau sekitar Rp148 miliar, dan kemudian menerima 9 juta pound atau sekitar Rp165 miliar jika mencapai perempat final. Sementara mencapai semifinal membuat mereka mendapatkan tambahan 10,5 juta pound atau sekitar Rp192 miliar.

Masing-masing finalis akan mendapatkan 13,1 juta pound atau sekitar Rp240 miliar, dan tambahan 3,8 juta pound atau sekitar Rp6,9 miliar jika berhasil menjadi juara.

3 dari 4 halaman

Real Madrid Bisa Dapat Uang Lebih Banyak dari Liverpool

Jadi secara total, dengan performa yang diperlihatkan Liverpool dan Real Madrid masing-masing di Liga Champions musim ini, plus pengaruh koefisien dari penampilan musim-musim sebelumnya, ada perbedaan total pendapatan yang didapatkan Liverpool dan Real Madrid jika menjadi juara.

Liverpool mendapatkan tidak lebih dari 100 juta pound jika berhasil menjadi juara. Sementara Real Madrid bisa mendapatkan lebih dari jumlah tersebut jika menjadi juara.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR