BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Inilah Barter Pemain Paling Menyedot Perhatian di Dunia Sepak Bola

15-05-2020 11:05 | Aga Deta

Alexis Sanchez (c) AFP Alexis Sanchez (c) AFP

Bola.net - Periode bursa transfer selalu dimanfaatkan oleh klub-klub untuk mendatangkan pemain baru. Setelah penutupan bursa transfer, klub-klub sudah jelas tak bisa lagi mendatangkan amunisi baru lagi.

Namun, ada kasus di mana klub bisa mendapatkan pemain di luar jadwal bursa transfer. Kasus istimewa itu baru-baru ini dilakukan Barcelona, yang mendatangkan Martin Braithwaite dari Leganes.

Namun, mayoritas klub melakukan pembelian pemain dengan cara "normal".

Ada yang merekrut pemain dengan menggelontorkan dana tak murah hingga memecahkan rekor dunia, ada klub yang mendatangkan pemain dengan harga relatif terjangkau, ada pula yang mendapat pemain secara gratis lantaran status pemain yang sudah bebas transfer.

Satu lagi cara untuk mendapatkan pemain yang diincar adalah dengan melakukan kesepakatan pertukaran pemain.

Dua klub yang punya kepentingan, menyodorkan pemain-pemain yang hendak dilepas untuk saling ditukar.

Cara semacam ini lazim dilakukan, tetapi tak sering ditempuh klub. Penyebabnya bisa jadi karena sulitnya mencari kesamaan kepentingan di antara klub-klub itu. Namun, begitu ada kecocokan, cara satu ini cukup efektif dilakukan.

Apalagi, di masa pandemi virus corona seperti sekarang. Keuangan klub yang tergerus akibat pandemi, membuat klub-klub harus bijak membelanjakan uangnya di bursa transfer mendatang.

Pertukaran pemain bisa jadi solusi jitu dalam situasi seperti sekarang. Klub yang berminat melepas pemain dan membutuhkan pemain baru, bisa saling menjajaki. Yang pasti, saling menguntungkan.

Klub tinggal membayar sisa harga jual sang pemain, andai nilainya lebih rendah dari pemain yang hendak diboyong, dan sebaliknya.

Dalam pentas sepak bola internasional, ada beberapa pertukaran pemain yang ditempuh klub-klub. Beberapa di antaranya mampu menyita perhatian pencinta si kulit bundar.

Dirangkum dari Mundo Deportivo, ini sembilan pertukaran pemain yang populer di pentas sepak bola dunia. Berikut ulasan singkatnya.

1 dari 3 halaman

Ashley Cole-William Gallas

1. Alexis Sanchez- Henrikh Mkhitaryan

Pertukaran pemain ini terjadi pada musim dingin 2018. Alexis meninggalkan Arsenal menuju Manchester United dan Mkhitaryan menuju Meriam London dari Old Trafford.

Manchester United hampir membayar 50 juta euro untuk mendapatkan Alexis, plus memberikan Mkhitaryan dalam kesepakatan.

2. Ashley Cole-William Gallas

Perpindahan yang sangat dekat karena dua pemain ini tak perlu pindah kota. Chelsea membayar 5 juta paun, plus Gallas, dalam operasi memboyong Ashley Cole dari Arsenal pada musim panas 2016.

3. Clarence Seedorf- Francesco Coco

Satu lagi perpindahan antarpemain dalam satu kota. Seedorf menyeberang ke AC Milan dari Inter Milan pada 2002. Ada pemain Rossoneri yang terlibat dalam kesepakatan ini, yakni Francesco Coco, yang bertukar tempat menjadi bagian il Nerazzurri.

2 dari 3 halaman

Samuel Eto'o-Zlatan Ibrahimovic

4. Samuel Eto’o-Zlatan Ibrahimovic

Inter Milan dan Barcelona pernah membuat kesepakatan sensasional dengan saling menukar pemainnya pada 2009. Barcelona menginginkan Ibrahimovic.

Sebagai gantinya, klub Catalan itu menyodorkan Eto’o dalam bagian kesepakatan plus uang sebesar 46 juta euro kepada La Beneamata.

5. Roberto Carlos-Ivan Zamorano

Satu lagi pertukaran antarpemain yang melibatkan nama besar. Roberto Carlos meninggalkan Inter Milan menuju Real Madrid dan Ivan Zamorano, sebaliknya, dari El Real menuju Il Nerazzuri. Pertukaran ini terjadi pada 1996.

6. David Luiz-Nemanja Matic

Pemilik Chelsea, Roman Abramovic, tak ragu saat memutuskan memboyong David Luiz dari Benfica pada musim dingin 2011 dengan menyodorkan Nemanja Matic sebagai bagian kesepakatan.

3 dari 3 halaman

Luis Garcia-Fernando Torres

7. Ricardo Quaresma-Deco

Kiprah Quaresma di Barcelona tak memuaskan. Ia pun memilih pindah ke Porto pada musim panas 2004, dan sebaliknya, Porto melepas Deco ke El Barca.

8. Luis Garcia-Fernando Tores

Fernando Torres meninggalkan Atletico Madrid menuju ke Liverpool pada musim panas 2007 demi pencarian gelar. Menyertai kedatangannya ke Anfield, Liverpool melepas Luis Garcia kembali ke pelukan Los Rojiblancos.

Namun, transaksi perpindahan kedua pemain ini dilakukan secara terpisah.

9. Neto-Jasper Cillessen

Pada musim panas tahun lalu, Barcelona dan Valencia sepakat saling menukar kiper. Neto meninggalkan Mestala menuju Camp Nou, Cillessen menuju arah sebaliknya.

Sumber: Mundo Deportivo
Disadur dari: Bola.com/Penulis Aning Jati
Published: 15 Mei 2020

KOMENTAR