BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Sejarah Pertemuan Juventus dan Barcelona

27-10-2020 12:33 | Gia Yuda Pradana

Allianz Stadium, markas Juventus (c) AP Photo Allianz Stadium, markas Juventus (c) AP Photo

Bola.net - Juventus akan menghadapi Barcelona pada laga kedua mereka di fase grup Liga Champions 2020/2021. Pertandingan ini akan dihelat di Allianz Stadium, Kamis (29/10).

Barcelona, saat ini, berada di puncak klasemen Grup G. Mereka mengoleksi tiga poin, menyusul kemenangan mereka pada pertemuan pertama kala menghadapi Ferencvaros. Raihan poin mereka sama dengan Juventus, yang pada laga pertama sukses mengalahkan Dinamo Kyiv. Namun, Barca berada di puncak klasemen karena memiliki selisih gol yang lebih baik ketimbang Juventus.

Bagi kedua tim, pertemuan ini bukan yang pertama kalinya. Pertemuan lusa akan menjadi persuaan ke-14 bagi Nyonya Tua dan Blaugrana. Sepanjang sejarah pertemuan mereka, Juventus memiliki catatan lebih baik.

Nyonya Tua meraih lima kali kemenangan, sedangkan Barcelona menang empat kali selama pertemuan ini. Sementara empat pertandingan sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Bagaimana sejarah pertemuan kedua klub? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

70-an, Bertemu pada Fairs Cup

Fairs Cup, atau lengkapnya Inter-Cities Fairs Cup, merupakan sebuah turnamen sepak bola yang diselenggarakan di Eropa antara 1955 dan 1971. Kompetisi ini diikuti oleh klub-klub dari kota yang mengikuti pameran perdagangan di Eropa.

Pertemuan Barcelona dan Juventus pada ajang ini terjadi pada putaran kedua turnamen edisi 1970. Dari dua pertemuan ini, Barcelona selalu menelan kekalahan.

Pada pertemuan pertama, yang dihelat di Camp Nou, 20 Oktober 1970, mereka kalah dengan skor 1-2. Gol-gol Juventus dicetak gelandang serang mereka, Helmut Haller, dan striker Roberto Bettega. Sementara, gol semata wayang Barcelona dicetak Marcial Pina.

Barcelona kembali menelan kekalahan pada leg kedua, yang digelar di Stadion Olimpico Turin, 3 November 1970. Skornya lagi-lagi 1-2 untuk kekalahan Blaugrana.

Gol-gol kemenangan Juventus pada ajang ini dicetak Roberto Bettega dan Fabio Capello. Sementara, gol balasan Barcelona dicetak Lluis Pujol.

2 dari 4 halaman

80-an, Bertemu pada Piala UEFA

Pertemuan antara Barcelona dan Juventus kembali terjadi pada dekade 80-an. Kali ini, pertemuan dua klub tersebut terjadi di ajang Piala UEFA edisi 85/86.

Kedua tim bertemu pada fase perempat final, yang dihelat dalam dua leg.

Pada leg pertama, yang digelar di Camp Nou, 5 Maret 1986, Barcelona meraih kemenangan 1-0. Gol semata wayang Blaugrana dicetak Julio Alberto pada menit 81.

Kemudian, pada leg kedua, Barca sukses menahan imbang Juventus. Dalam laga yang digelar di Stadion Olimpico Turin, kedua tim bermain imbang 1-1.

Barcelona unggul dulu melalui gol Steve Archibald pada menit 30. 14 menit berselang, Juventus menyamakan kedudukan melalui bintang mereka, Michel Platini.

3 dari 4 halaman

90-an, Bertemu pada Piala Winners

Pertemuan Barcelona dan Juventus berlanjut ke dekade selanjutnya. Pada era 90-an, kedua tim bertemu pada Piala Winners. Barcelona dan Juventus berhadapan pada Semifinal Piala Winners 90/91.

Pada leg pertama uang dihelat di Camp Nou, 10 April 1991, Barcelona menang dengan skor 3-1. Gol-gol Barca pada laga tersebut dicetak Hristo Stoichkov (2 gol) dan Jon Andoni Goikoetxea. Sementara, gol semata wayang Juve diceploskan penyerang mereka Pierluigi Casiraghi.

Kemudian, pada leg kedua, yang dihelat di Delle Alpi pada 24 April 1991, giliran Juventus yang meraih kemenangan. Gol semata wayang Roberto Baggio membawa Nyonya Tua meraih kemenangan tipis 1-0 pada laga ini.

4 dari 4 halaman

2000-an, Bertemu pada Liga Champions

Pertemuan antara Juventus dan Barcelona berlanjut pada era 2000-an. Pada milenium baru ini, pertemuan pertama kedua tim besar tersebut terjadi pada musim 2002/2003. Waktu itu, mereka bertemu pada Perempatfinal Liga Champions. Pada leg pertama, di kandang Juventus, kedua tim bermain imbang 1-1. Kemudian, pada leg kedua, di Camp Nou, Juve menang 2-1 melalui perpanjangan waktu.

Barcelona akhirnya mampu membalas kekalahan mereka ini ketika bertemu dengan Juve pada Final Liga Champions 2014/2015. Waktu itu, Blaugrana menang 3-1 melalui gol-gol Ivan Rakitic, Luis Suarez, dan Neymar. Sementara itu, gol semata wayang Juve dicetak Alvaro Morata.

Laga itu juga menjadi laga terakhir Andrea Pirlo sebagai pemain Juventus.

Pertemuan berikutnya terjadi pada Perempat Final Liga Champions 2016/2017. Dalam kesempatan ini, Juventus sukses menuntaskan dendam mereka.

Pada leg pertama, yang dihelat di Turin, mereka menang tiga gol tanpa balas, melalui Paulo Dybala (dua gol) dan Giorgio Chiellini. Sementara, pada leg kedua, mereka sukses menahan imbang Barcelona tanpa gol di Camp Nou.

Musim 2017, Barcelona dan Juventus kembali bertemu. Kali ini, mereka bersua di Grup D Liga Champions 2017/2018. Pada pertemuan pertama, di Camp Nou, Barca berhasil menang tiga gol tanpa balas. Tiga gol mereka dicetak Lionel Messi (dua gol) dan Ivan Rakitic. Kemudian, pada pertemuan kedua, di kandang Juventus, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR