BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ini Empat Pemain Denmark di Barcelona Sebelum Braithwaite

25-11-2020 11:43 | Gia Yuda Pradana

Martin Braithwaite (c) AP Photo Martin Braithwaite (c) AP Photo

Bola.net - Martin Braithwaite menjadi aktor penting di balik kemenangan Barcelona pada laga kontra Dynamo Kiev, pada laga keempat Grup G Liga Champions 2020/2021. Pada pertandingan yang dihelat di NSC Olimpiyskiy Stadium, Rabu (25/11) dini hari WIB ini, ia mencetak dua gol dan satu assist.

Tak hanya itu, Braithwaite melepas 19 kali umpan dengan 84,2 persen di antaranya tepat menemui sasaran.

Menurut laman Whoscored, Braithwaite merupakan pemain terbaik dalam laga tersebut. Mereka memberi pemain asal Denmark tersebut angka 8,94 atas penampilan apiknya.

Braithwaite sendiri merupakan satu-satunya pemain asal Denmark di tim Barcelona selama lebih dari seperempat abad terakhir ini. Namun, pemain berusia 29 tahun ini bukan merupakan satu-satunya pemain Denmark yang pernah memperkuat Barcelona.

Sebelumnya, ada empat pemain asal Denmark yang pernah memperkuat Blaugrana. Siapa saja para pemain Denmark yang pernah memperkuat Barcelona? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Allan Simonsen

Simonsen merupakan pemain Denmark pertama yang memperkuat Barcelona. Ia memperkuat Blaugrana pada musim 1979/1980 sampai musim 1983/1984.

Sebelum memperkuat Barcelona, Simonsen merupakan pemain Borussia Monchengladbach. Setelah meninggalkan Camp Nou, pemain Timnas Denmark ini memperkuat Charlton Athletic.

Selama memperkuat Barcelona, Simonsen, yang berposisi sebagai penyerang ini bermain dalam 116 pertandingan. Ia mencetak 40 gol dalam semua ajang yang diikutinya bersama Barcelona.

Selain itu, selama memperkuat Barcelona, ia sukses membawa timnya meraih gelar Copa del Rey pada musim 1980/1981 dan juara Piala Winners musim 1981/1982.

2 dari 4 halaman

Michael Laudrup

Laudrup bukan pemain Denmark pertama yang merapat ke Camp Nou. Namun, bisa jadi, ia merupakan pemain Denmark terbaik yang pernah berseragam Barcelona.

Kakak Brian Laudrup ini bergabung dengan Barcelona pada 1 Juli 1989. Sebelumnya, ia merupakan salah seorang pemain andalan Juventus.

Bergabung dengan Barcelona, Laudrup menjadi salah satu pemain pilar tim asuhan Johan Cruyff selain Ronald Koeman dan Hristo Stoichkov. Waktu itu, ia juga membimbing bintang-bintang muda Barcelona seperti Pep Guardiola.

Sepanjang memperkuat Barcelona, Laudrup tampil sebanyak 217 kali dan mencetak 55 gol di semua ajang.

Laudrup kemudian meninggalkan Barcelona dan menyeberang ke Real Madrid pada 1 Juli 1994.

3 dari 4 halaman

Thomas Christiansen

Setelah Laudrup, ada nama Thomas Christiansen. Christiansen bergabung dengan Barcelona pada 1991. Ia kemudian masuk ke tim B Barcelona.

Selama memperkuat tim B Barcelona, ia sempat tampil 60 kali dan mencetak 28 gol.

Christiansen sempat beberapa kali ditarik ke tim utama Barcelona. Namun, karena persaingan yang sangat ketat, ia tak pernah mendapat kesempatan bermain. Pada 1996, ia meninggalkan Camp Nou dan bergabung dengan Real Oviedo.

4 dari 4 halaman

Ronnie Ekelund

Ekelund menjadi nama terakhir pemain Denmark, sebelum Braithwaite, yang bergabung dengan Barcelona. Ia bergabung dengan Blaugrana pada musim 1992.

Sepanjang kariernya di Camp Nou, ia lebih banyak bermain di tim B. Ia bermain 66 kali dan mencetak 10 gol. Sementara, di tim inti, ia haya bermain sekali.

Pada 1994, Ekelund menjamani peminjaman ke Southampton. Kemudian, pada musim-musim berikutnya, ia dipinjamkan ke Manchester City, Coventry City, dan Lyngby. Pada 1996, ia meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan Odense Boldklub.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR