BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hore, Partai Liga Champions Bisa Dihadiri Penonton di Stadion!

02-10-2020 00:18 | Yaumil Azis

Liga Champions. (c) UEFA Liga Champions. (c) UEFA

Bola.net - Pandemi Covid-19 yang melanda benua Eropa membuat pertandingan sepakbola harus kehilangan satu aspek penting, yakni penonton. Hal ini dilakukan guna menekan penyebaran virus Corona yang begitu cepat.

Beberapa negara telah berhasil menekan angka penyebaran dengan melakukan lockdown. Namun dampaknya tidak bisa dikatakan kecil, terutama untuk bisnis sepakbola, di mana kompetisi harus terhenti sementara.

Liga Champions merupakan salah satu kompetisi yang ikut merasakan dampaknya. Setelah sejumlah negara Eropa kompak melakukan lockdown di sekitaran bulan Maret lalu, UEFA pun harus menunda pagelaran kompetisi tersebut.

Untungnya, kompetisi untuk musim 2019/20 bisa dilanjutkan hingga ke babak final. Tentu, ada beberapa perubahan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggelar sisa pertandingan di tempat netral dan tanpa penonton.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Penonton Boleh Hadir di Stadion

Liga Champions bukanlah satu-satunya kompetisi yang harus menerapkan kebijakan ini. Sejumlah kompetisi papan atas tingkat domestik, seperti Serie A, Premier League, dan La Liga, juga harus melakukan hal yang serupa.

Sekarang situasi di Eropa sudah mulai terkendali, kendati angka kasus Covid-19 masih mengkhawatirkan. Setidaknya, beberapa liga seperti Serie A telah membolehkan penonton untuk hadir di stadion.

UEFA pun berani untuk melakukan 'pertandingan pilot', di mana ini menjadi ajang ujicoba untuk menghadirkan fans sembari menerapkan protokol social distancing. Laga Piala Super Eropa jadi percobaannya.

'Pertandingan pilot' terbilang berhasil, dan ini membuat UEFA jadi berani melakukan langkah berikutnya. Mereka kemudian membolehkan peserta ajang Eropa, seperti Liga Champions dan Liga Europa, untuk menghadirkan penonton di stadion.

2 dari 2 halaman

Tidak Berlaku Buat Semua Tim

Namun perlu diketahui bahwa ini tidak berlaku buat semua tim. Semuanya bergantung kepada kebijakan masing-masing negara.

Kalaupun negara telah membolehkan pertandingan digelar dengan penonton, UEFA tetap membatasi jumlah kehadiran di stadion maksimal 30 persen dari kapasitasnya. Selain itu, fans dari tim tamu tidak diperbolehkan hadir di stadion.

"Pertandingan UEFA tidak dapat dimainkan dengan penonton di mana otoritas lokal tidak mengizinkan dan batas 30 persen hanya dapat dicapai jika batasan yang ditetapkan oleh otoritas lokal lebih rendah," tulis pernyataan UEFA di situs resminya.

"Social distancing akan menjadi kewajiban bagi penonton dan tindakan pencegahan tambahan, seperti pemakaian masker harus diterapkan sesuai dengan peraturan setempat."

(UEFA)

KOMENTAR