BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil UEFA Super Cup Chelsea vs Villarreal: Skor 1-1 (6-5 Penalti)

12-08-2021 04:55 | Ari Prayoga

Chelsea merayakan gol Hakim Ziyech di partai UEFA Super Cup 2021, Kamis (12/8/2021) (c) AP Photo
Chelsea merayakan gol Hakim Ziyech di partai UEFA Super Cup 2021, Kamis (12/8/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea sukses menjadi juara UEFA Super Cup 2021 usai mengalahkan Villarreal lewat babak adu penalti dengan skor 1-1 (6-5) pada laga yang digelar di Windsor Park, Belfast, Kamis (12/8/2021) dini hari WIB.

Chelsea mampu unggul lebih dulu berkat gol Hakim Ziyech di babak pertama. Villarreal sukses menyamakan skor berkat gol Gerard Moreno pada paruh kedua.

Di babak adu penalti, Kepa Arrizabalaga yang baru dimasukkan pada menit-menit akhir sukses menjadi pahlawan kemenangan Chelsea setelah ia menggagalkan dua eksekusi penalti Villarreal.

1 dari 5 halaman

Babak Pertama

Chelsea mencoba langsung tampil agresif sejak menit-menit awal babak pertama. Sayang, peluang yang didapat Kante dan N'Golo Kante masih gagal membuahkan hasil.

Chelsea akhirnya sukses membuka keunggulan pada menit ke-27. Menerima umpan tarik Kai Havertz, Ziyech melepas tembakan first time yang tak mampu dihentikan Sergio Asenjo.

Marcos Alonso sempat memperoleh kesempatan untuk menggandakan keunggulan Chelsea pada menit ke-35. Namun, usaha bek sayap asal Spanyol itu masih bisa digagalkan Asenjo.

Jelang babak pertama usai, Ziyech terpaksa ditarik keluar karena mengalami cedera bahu. Posisinya pun digantikan Christian Pulisic, dan skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea bertahan hingga turun minum.

2 dari 5 halaman

Babak Kedua

Kembali dari kamar ganti, Villarreal mulai berani untuk keluar dari tekanan. Sayang, peluang emas yang didapat Gerard Moreno pada menit ke-52. masih bisa diantispasi oleh Edouard Mendy.

Usaha tak kenal lelah Villarreal akhirnya tak sia-sia setelah Gerard Moreno sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol yang ia ciptakan pada menit ke-73.

Gerard Moreno melakukan kerja sama satu-dua dengan Boulaye Dia yang melepas assist backheel untuk disepurnakan menjadi gol oleh Gerard lewat tembakan first time.

Chelsea dan Villarreal tak mampu mencetak gol tambahan di sisa babak kedua, sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

3 dari 5 halaman

Extra Time

Memasuki perpanjangan waktu, laga kembali berjalan cukup alot. Pulisic hampir saja membawa Chelsea kembali memimpin, sayang tembakan yang ia lepaskan pada menit ke-99 masih melebar dari sasaran.

Begitu pula dengan peluang yang didapat oleh Mason Mount dan Marcos Alonso di paruh kedua extra time. Semuanya masih gagal membuahkan hasil.

Jelang extra time berakhir, Thomas Tuchel memutuskan untuk melakukan pergantian di sektor kiper sebagai persiapan untuk adu penalti. Kepa Arrizabalaga masuk menggantikan Edouard Mendy.

4 dari 5 halaman

Adu Penalti

Di babak adu penalti, Havertz menjadi pesakitan setelah ia gagal menunaikan tugasnya dengan sempurna sebagai eksekutor pertama Chelsea. Eksekusinya mampu dimentahkan Asenjo.

Kepa kemudian membuktikan kelasnya dengan sukses menggagalkan eksekutor kedua Villarreal, Aissa Mandi. Hingga penendang kelima, skor masih imbang 4-4.

Kepa pun akhirnya sukses menjadi pahlawan kemenangan Chelsea setelah ia berhasil menggagalkan eksekusi kapten Villarreal, Raul Albiol.

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Chelsea: Edouard Mendy (Kepa Arrizabalaga 119'); Kurt Zouma (Andreas Christensen 66'), Trevor Chalobah, Antonio Rudiger; Callum Hudson-Odoi (Cesar Azpilicueta 82'), N'Golo Kante (Jorginho 65'), Mateo Kovacic, Marcos Alonso; Hakim Ziyech (Christian Pulisic 43'), Timo Werner (Mason Mount 65'), Kai Havertz.

Villarreal: Sergio Asenjo; Juan Foyth, Raul Albiol, Pau Torres, Alfonzo Pedraza (Pervis Estupinan 58'); Manu Trigueros (Moi Gomez 70'), Etienne Capoue (Mario Gaspar 70'), Alberto Moreno (Manu Morlanes 85'); Yeremi Pino (Aissa Mandi 91'), Gerard Moreno, Boulaye Dia (Daniel Raba 86').

KOMENTAR