BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Real Madrid vs Manchester City: Skor 1-2

27-02-2020 04:59 | Richard Andreas

Pemain Real Madrid, Gareth Bale, tertunduk di tengah selebrasi skuad Manchester City. (c) AP Photo Pemain Real Madrid, Gareth Bale, tertunduk di tengah selebrasi skuad Manchester City. (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid menelan kekalahan 1-2 dari Manchester City pada duel leg pertama 16 besar Liga Champions 2019/20, Santiago Bernabeu, Kamis (27/2/2020) dini hari WIB. Kekalahan ini jadi pukulan telak bagi skuad Zinedine Zidane.

Los Blancos sebenarnya sempat unggul terlebih dahulu lewat Isco di menit ke-60, tapi Man City bisa mencuri dua gol balasan lewat Gabriel Jesus (78) dan Kevin de Bruyne (83).

Hasil ini memperpanjang rentetan hasil buruk Madrid beberapa pekan terakhir dan bakal mempersulit perjuangan mereka di leg kedua nanti.

Selain harus mengejar defisit dua gol tandang, Madrid pun kehilangan Sergio Ramos yang dihukum kartu merah.

Berikut ulasan pertandingan selengkapnya:

Pertandingan dimulai, Man City tampak menerapkan pendekatan berbeda. Mereka membiarkan Madrid menguasai bola, dengan sigap siap melakukan serangan balik.

10 menit pertama, formasi Man City cukup menarik. Jesus dan Mahrez bermain sangat lebar dan berhadapan satu lawan satu dengan bek-bek sayap Madrid, hanya De Bruyne dan Silva yang mengisi lini tengah.

Man City perlahan-lahan menemukan ritme yang tepat, masih mengandalkan serangan balik. Namun, perubahan formasi ekstrem ini membuat Man City sendiri kesulitan. Jesus memang berhasil merebut bola dari Carvajal, tapi tidak ada pemain yang bisa menerima umpannya.

Pasukan Guardiola jelas kesulitan, meski beberapa kali berhasil menyerang. Barulah di menit ke-21, Man City mendapatkan kesempatan pertama mereka. Jesus melepas tembakan keras, masih bisa ditepis Courtois.

Di sisi lain, perubahan taktik Guardiola ini membuat Man City lebih siap menerima serangan-serangan Madrid. Meski sulit menyerang, pertahanan juara Premier League ini masih cukup kukuh.

Man City beberapa kali mendapatkan kesempatan melalui De Bruyne dan Mahrez, tapi pertahanan Madrid masih cukup rapi. Courtois bermain cukup baik di bawah gawang.

Menit ke-31, Madrid mendapatkan peluang matang lainnya. Benzema menyundul bola hasil umpan Mendy, masih bisa dihalau Ederson. Vinicius menyambut bola muntah, tapi keputusannya keliru.

Memasuki 10 menit akhir babak pertama, Man City lebih sering menguasai bola. Bahkan mereka mendapatkan peluang matang tepat di menit ke-45. Madrid nyaris kebobolan jika tidak karena Casemiro.

Babak pertama berakhir, skor 0-0 menuntun para pemain ke ruang ganti.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Man City tampak lebih percaya diri, tapi Madrid masih lebih aktif menyerang. Vinicius jadi salah satu pemain terbaik Madrid di lapangan yang lebih sering menyerang.

Man City pun tidak kalah aktif, Mahrez beberapa kali merancang serangan dan beberapa kali mendapatkan peluang. Pola permainan Man City berubah di babak kedua.

Madrid akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-60. Gundogan membuat kesalahan di lini tengah, Vinicius berhasil mencuri bola dan terus berlari ke kotak penalti dan menyodorkan umpan tarik untuk Isco. Berhadapan satu lawan satu dengan Ederson, Isco mengecoh dengan mengirim bola ke sisi lain. Gol! Madrid 1-0 Man City.

Unggul membuat Madrid kian agresif. Mereka nyaris mencetak gol kedua di menit ke-66, sayangnya umpan Valverde untuk Benzema terlalu mudah dijangkau Ederson.

Asyik menyerang, Madrid justru kebobolan. Berawal dari serangan balik, De Bruyne mendapatkan bola di sisi kiri. Ada begitu banyak pemain Madrid di kotak penalti, seharusnya tidak berbahaya.

Namun, De Bruyne bosa mengecoh semuanya dengan umpan lambung setengah berputar, yang disambut Gabriel Jesus dengan sunduldan lemah ke gawang Courtois. Gol! Madrid 1-1 Man City di menit ke-78.

Baru kebobolan, Madrid kembali lengah. Carvajal terpaksa menjatuhkan Sterling di kotak penalti, meski penyerang Inggris itu tampak sengaja menjatuhkan diri. Penalti untuk tim tamu.

Tanpa ampun, De Bruyne berhasil menuntaskan kesempatan dari titik putih dengan baik. Bola ke sisi kiri, Courtois terjun ke sisi yang salah. Gol! Madrid 1-2 Man City di menit ke-83.

Usai kebobolan dua kali, pertandingan sekejap berubah jadi bencana bagi Madrid. Casemiro salah mengumpan bola di lini tengah, Jesus berhasil merebutnya dan berlari kencang menuju kotak penalti.

Tepat di tepi kotak penalti, Ramos terpaksa menjatuhkan Jesus yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Courtois. Ramos dihukum kartu merah langsung, harus meninggalkan lapangan lebih cepat.

Kebobolan dua gol dalam sekejap dan terpaksa bermain dengan 10 pemain membuat Madrid kesulitan. Skor 1-2 untuk kemenangan Man City pun menutup pertandingan.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Daniel Carvajal, Sergio Ramos (c), Raphael Varane, Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro, Luka Modric (84' Lucas Vazquez); Vinicius Junior (75' Gareth Bale), Karim Benzema, Isco (84' Luka Jovic).

MANCHESTER CITY (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte (33' Fernandinho), Benjamin Mendy; Kevin De Bruyne (c), Rodrigo, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Bernardo Silva (73' Raheem Sterling).

KOMENTAR

Triplematch Shopee Liga 1 2020 di Indosiar