BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Pertandingan Ajax vs Liverpool: Skor 0-1

22-10-2020 03:55 | Richard Andreas

Skuad Liverpool merayakan gol ke gawang Ajax Amsterdam, Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo Skuad Liverpool merayakan gol ke gawang Ajax Amsterdam, Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool memetik kemenangan tipis 1-0 dalam lawatan ke markas Ajax Amsterdam pada matchday 1 Grup D Liga Champions 2020/21, Kamis (22/10/2020). The Reds tidak tampil sempurna di Johan Cruyff Arena, hanya cukup untuk menang.

Gol semata wayang Liverpool tercipta di menit ke-35. Sepakan Sadio Mane melenceng, tapi justru membentur Nicolas Tagliafico yang mendorong bola ke gawangnya sendiri.

Hasil ini mengantar Liverpool ke peringkat ke-2 klasemen sementara Grup D dengan 3 poin, kalah selisih gol dari Atalanta yang mengalahkan Midtjylland 4-0 di partai lainnya.

Baca ulasan pertandingan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Babak pertama

Pertandingan dimulai, Liverpool langsung menekan Ajax pada 10 menit pertama, hanya belum ada serangan berbahaya.

Keseimbangan permainan perlahan berubah. Liverpool mencoba membangun serangan dari belakang, Ajax melawan dengan menerapkan tekanan dan garis pertahanan tinggi.

Pola ini berjalan hingga menit ke-20, masih belum ada peluang matang. The Reds hanya mencoba lewat sepakan jarak jauh.

Menit ke-35, keberuntungan memihak Liverpool. Mane mencoba menembak dari sisi kiri, tapi kakinya justru terantuk tanah. Untungnya bola berbelok ke arah Tagliafico, yang kemudian tak sengaja mendorong bola ke gawang sendiri. Gol! Ajax 0-1 Liverpool.

Gol ini sedikit mengubah arah pertandingan, Ajax mulai keluar menyerang dan menekan. Pertahanan Liverpool tampak kocar-kacir, tapi masih bisa menjaga tak kebobolan.

Ajax mendapatkan peluang terbaiknya di ujung babak pertama, Tadic berhadapan satu lawan satu dengan Adrian, lalu mencungkil bola ke gawang kosong.

Seharusnya usaha Tadic ini berbuah gol jika tidak karena penyelamatan akrobatik Fabinho, membuang bola tepat di garis gawang.

Skor 0-1 pun mengantar para pemain ke ruang ganti.

2 dari 3 halaman

Babak kedua

Pertandingan dimulai kembali dengan kejutan Ajax. Klassen mendapatkan ruang tembak di tepi kotak penalti, nahas sepakannya masih membentur tiang.

Permainan tampak lebih terbuka pada 10 menit pertama babak kedua. Fabinho mendapatkan peluang untuk Liverpool, lalu berikutnya giliran Ajax yang mengancam melalui Promes.

Di menit ke-60, Klopp membuat sejumlah pergantian pemain yang terbilang berani. Trio penyerang utama Liverpool ditarik, digantikan Jota, Minamino, dan Shaqiri.

Beberapa peluang bergantian tercipta, tapi penyelesaian akhir kedua tim kurang maksimal. Laga pun memasuki 10 menit akhir.

Ajax mencoba melawan di 10 menit akhir, menyerang dengan banyak pemain. Namun, pertahanan Liverpool masih bisa menyapu bola, meski tidak benar-benar tampak aman.

Liverpool mendapatkan dua peluang matang di menit ke-90, tapi Onana masih bisa membuat dua penyelamatan gemilang.

Tambahan waktu 4 menit tidak cukup untuk mengubah papan skor. Wasit pun meniup peluit panjang, Liverpool pulang mengantongi 3 poin.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

AJAX XI (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Perr Schuurs, Lisandro Martinez, Nicolas Tagliafico; Davy Klaassen (74' Jurgen Ekkelenkamp), Daley Blind (84' Lassina Traore), Ryan Gravenberch; David Neres (74' Zakaria Labyad), Dusan Tadic, Mohammed Kudus (11' Q. Promes).

LIVERPOOL XI (4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Fabinho, Andy Robertson; James Milner (90' R. Williams), Georginio Wijnaldum, Curtis Jones (46' Jordan Henderson); Mohamed Salah (60' Xherdan Shaqiri), Roberto Firmino (60' Diogo Jota), Sadio Mane (60' Takumi Minamino).

KOMENTAR