BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gagasan Reformasi Sepak Bola: Pertandingan Lebih Sedikit, Skuad Lebih Ramping

24-03-2020 09:00 | Richard Andreas

Gianni Infantino (c) AP Photo Gianni Infantino (c) AP Photo

Bola.net - Presiden FIFA, Gianni Infantino berkata bahwa dia siap mempertimbangkan reformasi sepak bola di tengah krisis seperti ini. Ada kemungkinan memangkas skuad dan memainkan lebih sedikit pertandingan.

Mayoritas sepak bola di seluruh dunia dihentikan sementara akibat pandemi virus corona. Penghentian seperti ini jelas berbuntut panjang,ada sejumlah konsekuensi yang harus dihadapi setiap klub ketika sepak bola kembali dilanjutkan nanti.

Bahkan, masih belum ada kepastian apakah musim ini bisa dilanjutkan. Bisa jadi musim dimainkan sampai akhir tahun nanti, tergantung pada bagaimana kondisi pandemi di dunia dan khususnya di Eropa.

Infantino memahami ancaman ini dan mengakui bahwa timnya mungkin harus mempertimbangkan beberapa opsi. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Evaluasi

Dampak pandemi virus corona terhadap dunia sepak bola tidak bisa diremehkan. Bakal butuh usaha besar untuk mengembalikan kondisi seperti semula, itu pun jika klub memiliki kekuatan finansial.

Sebab itu, bagi Infantino, mungkin pandemi ini adalah kesempatan bagi sepak bola untuk mundur beberapa langkah dan menimbang opsi reformasi. Sepak bola mungkin bisa diubah total.

"Mungkin kita bisa mereformasi dunia sepak bola dengan mengambil satu langkah mundur. Jelas ada kebutuhan untuk mengevaluasi dampak global [pandemi]," ujar Infantino kepada Sky Sports.

"Mari bersama-sama menyelamatkan sepak bola dari krisis yang berisiko tidak bisa dikembalikan seperti semula."

2 dari 2 halaman

Lebih Sedikit, Lebih Kompetitif

Tentu perlu diskusi panjang untuk mengubah sepak bola, Infantino tahu itu. Namun, dia pun meyakini perubahan itu tidak mustahil. Mungkin mereka bisa merampingkan jumlah pemain dalam skuad, tapi juga mengurangi jumlah pertandingan dalam semusim.

"Mungkin dengan skuad yang lebih sedikit, tapi lebih seimbang. Pertandingan yang lebih sedikit tapi lebih kompetitif untuk menjaga kebugaran para pemain," sambung Infantino.

"Ini bukan fiksi ilmiah, mari mendiskusikannya," tandasnya.

Meski menyinggung gagasan jumlah pertandingan yang lebih sedikit, Infantino memberikan dukungannya pada sejumlah gagasan yang mungkin memundurkan kalender sepak bola.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

Wayne Rooney Bersama Derby County Bakal Hadapi Manchester United